Jika memiliki jeans bekas yang sudah tidak terpakai, maka jangan dibiarkan atau dibuang. Justru jeans bekas seperti ini bisa didaur ulang menjadi sebuah rompi. Cara membuat rompi dari celana jeans bekas sendiri tidak terlalu rumit atau membingungkan.

Namun perlu diperhatikan bahwa untuk membuatnya diperlukan alat-alat tersendiri. Oleh karenanya, pada artikel kali ini akan diuraikan apa saja alat yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya. Untuk mengetahuinya, simak detail rincian berikut ini:

Alat-Alat yang Perlu Disiapkan

Sebelum mengaplikasikan cara membuat rompi dari celana jeans bekas, maka penting untuk tahu alat-alatnya terlebih dahulu. Semakin lengkap alatnya, maka proses pembuatannya akan semakin mudah. Hal ini juga mengarahkan pada hasil yang lebih baik.

Setidaknya ada lima alat yang sangat direkomendasikan untuk disediakan. Agar lebih mudah dipahami, maka akan diberikan uraian lengkap mengenai alat-alat tersebut. Untuk mengetahui susunannya, simak daftar yang ada di bawah ini:

1. Alat Pemotong

Jenis alat pertama yang perlu disediakan adalah alat pemotong. Alat pemotong utama yang harus disediakan adalah gunting. Pastikan gunting ini tajam dan bisa memotong jeans dengan baik, karena jika tidak tajam hasilnya tidak akan rapi.

Kemudian, sediakan cutter atau silet yang tajam. Alat ini diperlukan untuk membuka jahitan yang ada di jeans. Nantinya, proses ini diperlukan sehingga ketersediaan cutter atau silet tajam akan membantu proses pemotongannya menjadi lebih baik.

2. Benang

Kemudian untuk alat kedua yang harus disediakan adalah benang. Benang ini diperlukan untuk menggabungkan potongan-potongan jeans yang akan dijadikan rompi. Jadi jika tidak ada benang, maka rompi tidak akan bisa digabungkan.

Untuk menemukan benang terbaik, maka pastikan untuk menyesuaikannya dengan ukuran serta warna. Pilih benang yang tebal agar bisa merekatkan potongan dengan baik. Kemudian pilih benang dengan warna yang sesuai dengan tone jeans.

3. Mesin Jahit Atau Jarum Jahit

Alat ketiga yang bisa disediakan adalah mesin jahit. Dengan adanya mesin ini, maka proses penggabungan potongan jeans akan lebih mudah dan cepat. Namun jika tidak ada mesin jahit, maka bisa menggunakan jarum jahit.

Namun pemilihan jarum ini juga tidak bisa sembarangan. Pilih jarum yang tajam dan memiliki ukuran besar. Asalkan ukurannya pas, maka proses penggabungannya akan lebih rapi dan akan menghasilkan hasil yang lebih maksimal.

4. Setrika

Setrika juga dibutuhkan untuk mempressing jeans. Nantinya, jeans ini akan dirapikan bagian tepiannya agar proses penggabungannya menjadi lebih mudah. Jika tidak ada setrika, maka proses penggabungan tidak bisa dilakukan.

Jika memang tidak ada setrika, maka hasil rompinya tidak akan rapi. Hal ini tentunya akan mengurangi hasil yang diinginkan dan tidak sesuai dengan keinginan. Oleh karenanya, akan lebih baik jika menyediakan setrika sebagai alat tambahan.

5. Kapur Jahit dan Alat Pengukur

Kemudian untuk alat tambahan, pastikan menyediakan kapur jahit. Dengan adanya kapur jahit ini, maka proses pemotongan akan lebih mudah karena ada acuan yang jelas. Kemudian, sediakan juga akan pengukur agar bisa disesuaikan dengan ukuran badan.

Cara Membuat Rompi dari Celana Jeans

Setelah mengetahui apa saja alatnya, maka metode atau cara membuat rompi dari celana jeans bekas bisa langsung diaplikasikan. Prosesnya sendiri tergolong sistematis dan terperinci. Karena struktur prosesnya panjang, maka harus dijalankan dengan penuh ketelitian.

Setidaknya ada sepuluh langkah utama yang harus dijalankan. Setiap langkah saling berkaitan dan tidak boleh ada yang tersisa sehingga semua wajib untuk diperhatikan. Simak rincian proses ini untuk dipahami kemudian diikuti secara menyeluruh:

  • Sebagai langkah awal, maka gunting dulu kedua sisi kantong belakang yang ada pada jeans.
  • Kemudian, potong bagian kantong tersebut menjadi dua sisi atau dua bagian.
  • Proses selanjutnya adalah memotong bagian ban pinggang yang ada di celana.
  • Setelah itu, gabungkan kantong dengan ban pinggang. Posisi yang tepat adalah setiap ban pinggang harus ada di sisi kantong. Jika sudah diposisikan dengan baik, jahit dengan rapi.
  • Lanjut ke bagian lainnya, buka jahitan celana yang berbentuk pipa dengan menggunting searah dengan jahitan.
  • Kemudian buat lipatan pada samping potongan dan lakukan pressing dengan setrika. Tujuannya adalah agar bentuknya rapi dan mudah dipakai untuk proses selanjutnya.
  • Pada sisi celana satunya juga lakukan proses yang sama sehingga muncul bentuk lengan vest.
  • Untuk proses lanjutannya, pastikan untuk menggabungkan bagian bawah kain lengan vest dengan bagian atas kantong.
  • Setelah itu, gabungkan juga dua bagian potongan lengan vest agar menjadi satu kesatuan.
  • Terakhir, tambahkan aksesoris atau ornamen tambahan agar hasilnya semakin cantik.

Itulah penjelasan tentang cara membuat rompi dari celana jeans bekas beserta alat yang dibutuhkan. Karena sudah ada penjelasan yang lengkap, maka bisa dipastikan proses pembuatannya akan jauh lebih terarah dan hasilnya akan menarik.