Tampilan rambut yang tampak mengembang terkadang dirasa mengganggu penampilan. Padahal ada cara membuat rambut tidak ngembang secara sederhana. Tentunya hal tersebut membuat rambut menjadi jauh lebih mudah diatur.

Terlebih lagi tidak perlu melakukan perawatan mahal untuk membuat tampilan rambut tampak alami lurus dan teratur. Sehingga berbagai bahan-bahan alami pun bisa digunakan dalam membantu mengatasi hal tersebut. Jadi tidak perlu lagi mengeluarkan biaya berlebih.

Terutama untuk membuat tampilan rambut menjadi lebih rapi. Ditambah lagi rambut yang mengembang ini juga terkadang menandakan kondisi rambut yang tidak sehat. Untuk hal tersebut ada baiknya menyimak bahasan berikut ini:

1. Gunakan Tangan Basah

Cara membuat rambut tidak ngembang pertama adalah dengan menggunakan tangan yang basah. Untuk hal tersebut cukup lakukan menyisir rambut layaknya menggunakan sisir pada umumnya. Sementara tangan bisa jadikan sebagai alternatif untuk pengganti sisir.

Terkadang dengan menggunakan sisir jus terdapat mengganggu bagian kutikula rambut. Hal ini juga dapat membuat tampilan rambut menjadi lebih rusak atau juga rontok. Tidak lain juga membuat rambut lebih mudah mengembang.

2. Aplikasikan Conditioner

Berikutnya cara membuat rambut tidak ngembang adalah dengan memanfaatkan conditioner. Hal ini harus dilakukan secara rutin ketika melakukan pencucian rambut. Biasanya oleskan conditioner ini dari ujung tengah menuju ujung-ujung rambut dengan bantuan jari tangan.

Ada baiknya dengan memanfaatkan sejumlah conditioner yang mengandung bahan protein. Karena ini dapat mengontrol sehingga rambut jadi tidak mengembang. Serta juga membuatnya tampak lebih bersinar.

Pemakaian conditioner juga bermanfaat baik untuk rambut diantaranya adalah memberikan efek yang lebih lembut. Serta membuat rambut jadi mudah diatur karena tampilannya lebih lemas.

3. Batasi Gunakan Catokan

Lalu sebagai cara membuat rambut tidak ngembang selanjutnya adalah batasi dalam penggunaan catokan. Termasuk juga hair dryer apalagi dengan pengeriting rambut. Karena dapat membuat rambut menjadi lebih mengembang karena adanya paparan sinar yang lebih panas.

Maka dari itu mungkin bisa mengatasi dengan mengurangi pemakaiannya. Misalnya saja membiarkan rambut kering secara alami apabila selesai keramas. Tetapi jika terpaksa memakainya pastikan untuk tetap melindungi rambut misalnya saja mengoleskan berbagai produk perawatan rambut.

Sehingga ketika terpapar dengan berbagai barang-barang elektronik tersebut rambut tetap terlindungi. Karena suhu panas ini tidak akan langsung menerpa helaian rambut. Jadi tidak membuatnya mengembang dan rusak.

4. Cari Produk yang Aman

Cara membuat rambut tidak ngembang selanjutnya adalah dengan melakukan sejumlah perawatan dari bahan-bahan yang aman. Contohnya saja tidak mengandung alkohol dalam proses pembuatannya. Karena alkohol juga memiliki tampilan dan dampak buruk bagi rambut.

Contohnya saja dapat membuat rambut menjadi jauh lebih kering. Dengan hal tersebut tidak menutup kemungkinan lambat laun rambut bisa jadi mengembang. Karena itu kurangi penggunaan bahan-bahan yang mengandung alkohol.

5. Oleskan Cuka Apel

Rekomendasi cara membuat rambut tidak ngembang selanjutnya adalah dengan pemakaian cuka apel. Untuk hal ini sebenarnya cukup dengan mengoleskan cuka apel tersebut pada bagian ujung rambut. Hal ini karena adanya kandungan yang asam.

Serta bermanfaat menyehatkan rambut. Juga tidak akan membuat rambut mengembang karena semua ini memiliki fungsi dalam pengembalian keasaman kutikula. Sekaligus juga memiliki fungsi dalam hal membuat rambut lebih bersinar.

Caranya dipakai dua kali seminggu dengan menuangkannya pada air untuk bilas pada rambut. Lalu diamkan selama beberapa waktu. Sebelum kemudian kembali dibilas menggunakan air biasa.

6. Gunakan Detangler 

Pilihan atau cara berikutnya yang dapat dimanfaatkan adalah dengan menggunakan detangler. Biasanya ini terdapat dalam produk yang dikhususkan untuk rambut anak. Ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan rambut mengembang.

Apalagi bahan produk ini juga amat ringan dan menyehatkan. Serta tidak membuat tampilan rambut memiliki tekstur yang berminyak. Caranya cukup berikan atau letakkan ke tangan lalu oleskan pada bagian rambut.

7. Gunakan Pelembab

Ini merupakan rekomendasi terakhir yang disarankan yaitu dengan menggunakan pelembab untuk rambut. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kelembaban dari rambut agar tidak mengembang. Serta mencukupi kebutuhan hidrasi rambut.

Beberapa produk yang bisa dimanfaatkan selain conditioner juga adalah masker rambut. Atau juga berbagai serum yang dikhususkan untuk menjaga daya tahan rambut. Agar tampilannya jadi jauh lebih lembut serta sehat .

Termasuk juga untuk mengganti handuk apabila telah dipakai terlalu lama. Karena hal tersebut justru dapat meminimalisir rambut yang mengembang gunakan juga bahan yang halus.

Itulah berbagai penjelasan berkaitan dengan cara membuat rambut tidak ngembang. Berbagai cara ini terbukti efektif serta termasuk dalam langkah yang cukup alami. Maka dari itu dapat menjamin dalam penggunaannya.

Jadi kini tidak ada lagi alasan untuk membuat tampilan rambut tetap sehat. Selain berbagai bahan-bahan alami yang disebutkan ini juga ada berbagai langkah-langkah lain yang dapat dilakukan. Dengan membeli sejumlah produk perawatan yang tepat.