Makeup sudah menjadi kebiasaan yang melekat pada perempuan, tidak hanya sebatas untuk keperluan acara tertentu saja. Namun ada kalanya kegiatan ini memakan banyak waktu. Tidak perlu khawatir, tetap ada cara makeup sederhana tapi cantik yang lebih efektif.

Hampir setiap hari kebiasaan ini dilakukan bahkan dalam rumah sekalipun. Selain memperindah diri dan meningkatkan rasa percaya diri, makeup juga menaikkan mood menjadi lebih baik. Bagi pecinta makeup sederhana tapi tetap terlihat cantik perlu mengikuti cara-cara di bawah ini;

Tips Sebelum Memulai Makeup Sederhana

Mengaplikasikan makeup sederhana agar tetap terlihat cantik sebenarnya agak sulit dilakukan. Sebab kebanyakan wanita apabila sudah berkutat dengan riasan cenderung sulit mengontrol, hasil riasan menjadi tidak terlihat atau malah terlalu tebal. Untuk mengakalinya tips sebelum mulai makeup sederhana berikut bisa diikuti;

  • Jangan mengabaikan step skin care. Kunci makeup sederhana adalah dengan mengaplikasikan skincare yang cukup. Step ini seringkali dilewatkan, karena menganggap makeup saja sudah cukup untuk menunjang penampilan. Kulit yang terlapis skincare, cenderung lebih mudah berbaur dengan makeup dan menghasilkan look yang natural.
  • Penting mengaplikasikan sunscreen. Selain skincare, sunscreen juga bisa menjadi booster bagi kulit sebelum dipakaikan makeup. Sunscreen juga dapat menjaga kulit dari bahaya sinar ultraviolet dan menunda penuaan dini. Aplikasikan sunscreen selepas memakai skincare lengkap, baru kemudian makeup bisa dimulai.
  • Gunakan primer sesuai masalah kulit. Cara makeup sederhana tapi cantik, bisa dengan mengaplikasikan primer. Ada banyak produk primer dengan beragam tekstur sesuai dengan masalah kulit. Misalnya seperti silicon primer untuk menyamarkan pori-pori, atau corrector primer untuk menutupi masalah wajah. Penggunaan primer ini juga bertujuan untuk membantu mengurangi cover makeup yang dipakai agar look riasan jadi lebih sederhana. 
  • Pilih complexion yang ringan. Tips makeup sederhana yang paling penting adalah memilih complexion yang ringan. Misalnya foundation bisa diganti dengan BB cream atau cushion yang lebih light. Untuk bedak bisa menggunakan powder dan compact. Hindari two way cake, sebab dapat membuat look tampak lebih berat.
  • Set menggunakan setting spray. Setting spray adalah produk makeup yang berfungsi untuk meratakan make up, sehingga membuatnya lebih menyatu dengan kulit. Produk ini sangat menunjang penampilan agar jauh terlihat lebih ringan dan natural. Setting spray juga dapat membuat makeup tahan lebih lama.

Cara Makeup Sederhana Tapi Cantik Berdasarkan Tipe Kulit

Masing-masing tipe kulit, memiliki tekniknya sendiri dalam mengaplikasikan makeup di wajah. Apalagi jika menginginkan look sederhana yang natural, namun tetap menarik. Berikut ini akan dijabarkan secara ringan tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan tampilan makeup sederhana:

1. Memiliki Kondisi Kulit Kering

Pemilik kulit kering lebih cocok dengan tampilan makeup sederhana yang memiliki kesan dewy atau glass skin. Untuk mengakali look seperti itu, pemiliknya bisa melengkapi complexion yang mengandung pelembab tinggi. Adapun cara makeup sederhana yang cantik agar look terlihat lebih lembab yakni:

  • Gunakan skincare dan primer sebagai permulaan. Pastikan formulanya memberikan kesan lembab agar hasil makeup tidak pecah.
  • Kemudian gunakan cushion khusus kulit kering. Complexion satu ini memberikan efek basah sempurna yang natural.
  • Pastikan shade cushion yang dipilih sesuai dengan warna kulit atau satu tingkat di atasnya, sambil di tap tap perlahan.
  • Untuk eye look, sapukan eyebrow powder pada alis tipis-tipis sesuai bentuknya. Sapukan eyeshadow, mascara, dan eyeliner secara perlahan.
  • Gunakan blush on berbentuk cream, atau bisa menggunakan lip cream sebagai pengganti.
  • Kemudian sapukan lip produk favorit dengan warna nude atau yang serasi dengan tone kulit wajah.
  • Terakhir, semprot wajah menggunakan setting spray agar tampilan make up lebih tahan lama.

2. Bertipe Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan tipe kulit yang lebih sulit diaplikasikan makeup sederhana, sebab mudah luntur akibat minyak. Selain itu kulit bertipe ini cenderung mengalami permasalahan seperti komedo dan jerawat. Adapun cara makeup sederhana tapi cantik adalah:

  • Gunakan skincare, sunscreen, dan primer water base agar dapat menahan dan meminimalisir minyak berlebih.
  • Kemudian aplikasikan BB cream atau cushion yang memberikan kesan matte.
  • Setelah itu pakai produk eyebrow berbentuk pen pada alis dengan warna-warna natural sesuai bentuk alis.
  • Jangan lupa menambahkan maskara, eyeshadow, dan eyeliner untuk menunjang penampilan wajah.
  • Set wajah dengan bedak tabur di area T zone untuk menahan produksi minyak berlebih.
  • Disarankan memakai blush on berbentuk powder untuk mempertahankan kesegaran wajah.
  • Sapukan lip produk kesukaan, setelah itu set menggunakan setting spray.

Cara makeup sederhana tapi cantik bisa diwujudkan dengan sempurna apabila mengetahui secara jelas tipe kulit yang dimiliki. Hal ini bertujuan, agar produk yang digunakan dapat menyatu dengan kulit. Adapun penjabaran di atas, semoga dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengaplikasikan makeup simple.