Gamis merupakan pakaian wanita muslim berupa dress yang longgar dan panjang. Untuk menghemat biaya, banyak muslimah mencari cara bikin pola baju gamis sendiri. Ternyata, membuat gamis tidak serumit yang dibayangkan.

Pembuatan baju gamis sendiri bertujuan untuk menutup aurat mulai dari leher hingga area mata kaki. Dahulu, gamis hanya berupa jubah hitam. Namun, kini banyak varian pola gamis yang menarik untuk mempercantik penampilan seorang muslimah.

Cara Bikin Pola Baju Gamis

Gamis bisa muslimah temukan di pasaran dengan mudah. Namun, harganya terbilang cukup mahal, mulai dari Rp200 ribuan. Supaya sesuai dengan kemauan dan menekan pengeluaran, muslimah kini bisa berkreasi dengan membuat gamis sendiri. Berikut langkahnya.

1. Melakukan Pengukuran

Sebelum membuat pola gamis, lakukan pengukuran terhadap gamis terlebih dahulu. Siapkan pensil, kertas, dan pita meteran. Sejumlah bagian yang perlu diukur adalah panjang gamis, lingkar dada, lingkar leher, panjang lengan, lebar baju, lingkar pinggul hingga lingkar pergelangan tangan. 

Seperti yang diketahui, gamis memang berfungsi untuk menutup aurat. Maka dari itu, usahakan untuk mengukur panjang gamis dari ujung pundak sampai bagian mata kaki. Untuk lebar baju, lingkar pinggul, dan lingkar pinggang sebaiknya dilebihkan sekitar 20 cm untuk menciptakan kesan longgar.

2. Membuat Pola Gamis Bagian Depan

Setelah pengukuran, bisa langsung membuat pola gamis bagian depan. Polanya berupa garis lurus sesuai panjang yang sudah diukur sebelumnya. Gambar bagian lingkar leher menggunakan setengah lingkar leher. Lalu, gambarkan lebar bahunya.

Gambarkan setengah bagian lingkar kerung lengan, kemudian tambahkan 2 cm agar tidak sempit sebagai ruang jahit. Untuk lebar baju, ukuran ¼ lingkar pinggang dengan pinggul, kemudian tambahkan 1 cm.

Sementara itu, bagian bawah gamis bisa digambar ¼ ukuran lingkar pinggang + 4 cm. Tarik garis dari bawah kerung lengan, lingkar pinggul, lingkar pinggang, hingga bagian bawah gamis sampai terbentuk ¼ pola.

3. Membuat Pola Gamis Bagian Belakang

Cara bikin pola baju gamis belakang tidak rumit, hampir sama dengan bagian depannya. Tarik garis lurus dengan panjang sesuai pengukuran. Lingkar lehernya bisa menggunakan ukuran ½ lingkar leher + 3 cm. Kemudian, gambarkan kerung lengan dan lebar bahunya, tambahkan 2 cm.

Untuk bagian pinggang, gambarkan seperti pola bagian depan. Gunakan ukuran ¼ lingkar pinggang. Gambarkan lingkar pinggul 20 cm di bawahnya, kemudian buat ukuran ¼ lingkar pinggul – 1 cm. Bagian bawah gamis bisa menggunakan pola ¼ lingkar pinggul, lalu kurangi dengan 1 cm.

4. Membuat Pola Lengan Gamis

Bagian lengan memiliki proses pembuatan yang paling gampang. Gambarkan pola sesuai dengan pengukuran yang sudah dilakukan sebelumnya. Pada bagian atasnya, gambarkan lengkungan sederhana. 

5. Membuat Pola Kerah

Kebanyakan baju gamis memiliki kerah agar lebih formal dan elegan. Buat pola berukuran ½ lingkar leher. Panjangnya bisa diatur hingga 10 cm.

Rekomendasi Bahan Gamis

Setelah mengetahui cara bikin pola baju gamis, tak ada salahnya mengetahui informasi terkait bahan pembuatannya. Pasalnya, membuat gamis sendiri terbilang susah-susah gampang. Bila tidak mempunyai skill menjahit sama sekali, mungkin bisa mempertimbangkan pemilihan bahannya untuk memudahkan.

Bahan gamis sendiri terbilang cukup banyak. Masing-masing punya karakteristik tersendiri yang membuatnya unik. Berikut beberapa bahan gamis yang menjadi referensi.

1. Katun

Sudah tahun 2023, namun gamis berbahan katun masih merajai pasar. Bahan gamis ini paling banyak digunakan muslimah Indonesia, bahkan kerap dijadikan sebagai gamis pesta. Bahannya terbilang nyaman untuk pemakaian sehari-hari karena terbuat dari serat kapas asli. Karakteristiknya halus, lembut, kuat, tidak panas, dan tahan lama.

2. Linen

Selanjutnya, ada gamis berbahan linen. Bahan ini unik karena agak kaku, namun tetap mampu menghasilkan gamis berkualitas. Jenis kain linen terbilang tahan jamur dan sejuk saat pemakaian di cuaca panas.

3. Sutra

Seiring berkembangnya zaman, kini gamis bukan hanya digunakan untuk pakaian sehari-hari, melainkan juga untuk pesta. Bila ingin membuat gamis bertampilan elegan dan mewah, bisa menggunakan bahan sutra. Biasanya, model gamis terbaru menggunakan kain sutra asli China dengan serat halus.

Bahan sutra akan meningkatkan level gamis menjadi lebih premium. Karakteristiknya yang ringan meskipun kainnya cukup tebal pun membuatnya sangat nyaman digunakan.

4. Rayon

Bahan rayon juga banyak digunakan untuk membuat gamis belakangan ini. Rayon merupakan bahan dari serat buatan yang menjadi bahan sintetis akibat proses pengolahan.

Bahan rayon memiliki serat layaknya sutra, jamun harganya jauh lebih rendah. Karakteristiknya licin, lembut, mudah jatuh, dan bisa menyerap keringat.

5. Kaos

Siapa sangka jika ternyata bisa membuat gamis berbahan kaos. Tentu bahan ini untuk gamis sehari-hari. Menggunakan bahan spandex bisa menghasilkan gamis yang mudah menyerap keringat, ringan, elastis, lentur, dan pencuciannya mudah.

Cara bikin pola baju gamis terbagi menjadi lima bagian. Dalam setiap tahapannya, dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan tingkat tinggi. Coba hasilkan gamis berkualitas premium dengan budget seminim mungkin!