Sebenarnya ada banyak sekali pilihan bingkai kacamata untuk wajah bulat yang tersedia di pasaran. Namun banyak juga, khususnya wanita berwajah bulat kurang jeli memilih tipe bingkai yang pas. Sehingga menonjolkan kesan lebar pada wajah.

Apalagi sebagian wanita pemilik wajah bulat berkacamata sering merasa tidak percaya diri dengan rupa yang telah dimiliki. Tentunya tidak perlu khawatir, karena akan dijelaskan tips memilih bingkai kacamata beserta rekomendasi bingkai yang cocok untuk nona berwajah bulat;

Tips Memilih Bingkai Kacamata Bagi Pemilik Wajah Bulat

Sebelum mengetahui jenis-jenis frame yang direkomendasikan untuk wanita berwajah bulat, ada sebaiknya memahami beberapa tips dalam memilih kacamata tersebut. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan frame sehingga dapat menghemat budget:

1. Hindari Kacamata dengan Frame yang Terlalu Tebal

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih bingkai kacamata untuk wajah bulat adalah dengan menghindari jenis frame yang terlalu tebal. Sebab material tersebut, hanya akan menambah volume wajah sehingga terlihat lebih penuh.

Meski frame tebal memiliki keistimewaan membuat wajah tampak lebih tegas, namun jenis frame ini kurang pas bagi pemilik wajah bulat. Sebab kesan yang ditonjolkan bukan tegas, melainkan dimensi wajah yang terlalu berat dan lebar.

2. Sesuaikan Ukuran Kacamata dengan Dimensi Ukuran Wajah

Setiap orang memiliki ukuran dimensi wajah yang berbeda-beda. Penting sekali memilih kacamata yang pas sehingga nyaman digunakan untuk beraktivitas. Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa model, kemudian konsultasikan apakah frame kacamata tersebut bisa diatur atau tidak.

3. Gunakan Frame Kacamata Berwarna Netral

Disarankan juga bagi wanita pemilik wajah bulat untuk memilih bingkai kacamata yang memiliki warna-warna netral, terlebih lagi para wanita berhijab. Sebab bingkai yang berwarna netral, bisa memberikan kesan fresh dan tirus pada pemakainya.

Rekomendasi Model Kacamata yang Pas untuk Wanita Berwajah Bulat

Setelah memahami tips bagaimana caranya memilih frame kacamata yang baik untuk wanita berwajah bulat, selanjutnya tentu saja bagian paling ditunggu yakni rekomendasi model dari kacamatanya. Adapun model kacamata tersebut bisa dilihat di bawah ini:

1. Wayfarer

Meski terkesan oldschool, kacamata rilisan tahun 1950-an hingga 1960-an ini masih banyak diminati hingga sekarang. Wayfarer merupakan model bingkai kacamata perpaduan antara persegi dan D- frame. Kombinasi ini terlihat segar di wajah bulat, yang memberikan efek tirus.

2. D- Frame

Merupakan bingkai yang umum digunakan para wanita berwajah bulat karena menampilkan kesan cute. Tidak hanya itu, frame-nya yang luas mampu menutup dan menyamarkan efek chubby pada pipi bulat, sehingga tampak lebih kecil dan menggemaskan.

3. Persegi

Bingkai kacamata untuk wajah bulat yang banyak digunakan adalah model persegi. Meski terkesan biasa, model ini cukup disenangi para wanita berpipi chubby dengan wajah bulat. Sebab lebih sederhana dan ampuh menyamarkan bentuk pipi.

Frame persegi juga memberikan efek memanjang pada wajah, selain itu bentuknya yang proposional mampu menyeimbangkan wajah. Tak heran apabila frame ini kerap digunakan bagi wanita berwajah bulat yang ingin tampil sederhana, namun mampu menutupi wajah yang lebar.

4. Pointed Detail

Ada satu lagi bingkai kacamata untuk wajah bulat yang populer di kalangan wanita, yakni pointed detail. Kacamata ini sekilas mirip bingkai cat eye dengan sudut lancip yang imut. Dengan begitu apabila menggunakannya pipi chubby dan wajah bulat mampu tersamarkan.

Modelnya yang imut dan lucu sangat pas digunakan para remaja dan wanita yang ingin tampil awet muda. Meski frame jenis pointed detail termasuk dalam kelompok yang lebar, namun tidak perlu khawatir, karena frame ini cocok untuk wanita berwajah bulat.

5. Metal Round

Memasuki usia menjelang 30, wanita ingin tampil mature dan elegan. Untuk menunjang penampilan tersebut, kacamata dengan bingkai metal round sangat direkomendasikan bagi wanita berwajah bulat. Materialnya yang tipis dan lebar, dapat menyamarkan wajah lebar dengan sangat baik dan anggun.

6. Cat Eye

Bingkai cat eye cocok bagi wanita fashionable dan percaya diri. Bentuknya sangat manis apabila dikenakan si pemilik wajah bulat. Tidak hanya menonjolkan kesan edge, kacamata jenis ini juga dapat membuat kesan wajah tampak lebih kecil.

7. Frame Geometris

Frame geometris merupakan pilihan bingkai kacamata untuk wajah bulat yang cukup menantang. Pasalnya bentuknya cukup unik dan terkesan out of the box. Wanita berwajah bulat yang memilih menggunakan frame geometris tentu memiliki jiwa artistik yang unik dari biasanya.

Tidak hanya bermanfaat dari sisi fashion saja, frame geometris yang terdiri dari beberapa sisi ini juga mampu menyeimbangkan wajah bulat. Sehingga model bingkai ini patut dicoba sebagai pemancing suasana baru yang lebih menyegarkan.

Itulah tadi beberapa tips dan rekomendasi bentuk bingkai kacamata yang cocok digunakan para wanita. Tentunya penjelasan yang telah dipaparkan di atas dapat membantu menemukan bentuk bingkai yang pas dan sesuai dengan kepribadian masing-masing.