Ukuran perut ibu hamil yang kian membesar pasti akan membuat ibu hamil lebih senang karena berarti bayi akan segera lahir. Namun, para ibu juga bisa merasa kebingungan ketika memilih baju yang cocok untuk ibu hamil.  

Setiap ibu hamil pasti tetap ingin terlihat cantik dan stylish namun harus tetap dipastikan untuk mengenakan pakaian yang tepat. Selain untuk kenyamanan dan stylish, baju hamil tentu berpengaruh bagi kesehatan untuk ibu hamil dan si kecil. 

1. Tidak Terlalu Ketat Di Badan

Secara umum, bentuk tubuh mulai mengalami perubahan pada usia kehamilan yang kian terus bertambah. Alhasil, ibu hamil tidak lagi bisa memakai baju atau pakaian seperti ketika mereka masih muda dan harus memilih baju yang cocok untuk ibu hamil.  

Baju atau pakaian ketat tidak disarankan untuk ibu hamil, karena tidak nyaman bagi tubuh, membuat gerakan menjadi sulit dan mengganggu sirkulasi darah. Ini dapat menyebabkan kesemutan selama kehamilan, sakit punggung dan kaki, kaki bengkak dan sakit perut.  

  • Kenakan celana dan rok satu ukuran agar ibu hamil tidak merasa sesak.
  • Gunakan karet gelang atau sejenis ikat pinggang elastis yang dapat menutupi kulit ibu hamil sehingga tidak terlihat saat bagian jeans ibu hamil terbuka, atau mungkin kemeja yang dikenakan cukup pendek sehingga memperlihatkan kulit tubuh ibu hamil.
  • Pilihlah celana yang memiliki pinggang rendah yang tidak terlalu ketat di bawah perut. 

2. Tidak Terlalu Kebesaran

Meski mungkin ibu hamil tidak disarankan memakai pakaian yang ketat, bukan berarti ibu hamil harus memakai pakaian yang sangat besar dan longgar pada saat hamil. Ini karena pakaian tersebut mungkin terlalu besar bagi ibu hamil  untuk bergerak secara leluasa.

Pilihlah ukuran baju atau celana yang paling sesuai dengan lekuk tubuh ibu hamil. Namun, ketika ibu hamil mengalami kesulitan mencari ukuran yang nyaman , ibu hamil dapat menyiasatinya dengan menggunakan aksesoris seperti ikat pinggang agar lebih nyaman. 

  • Ibu hamil bisa mengikuti tren baju sekarang ini, yaitu menggunakan kaos oversized
  • Menggunakan kaos atau kemeja milik pasangan, biasanya baju milik pasangan akan longgar ketika dipakai oleh para ibu hamil
  • Membeli cardigan, tunik atau jumpsuit yang longgar

3. Pilih Bahan Yang Ringan

Selain ukuran, ibu hamil juga harus memperhatikan bahan yang digunakan pada baju hamil. Pasalnya, pakaian yang terlalu berat untuk ibu hamil bisa menambah beban pada tubuh, jadi alangkah baiknya ibu hamil memilih baju yang ringan. 

Di samping, ibu hamil biasanya semakin lelah saat beraktivitas, sehingga tubuh lebih cepat lelah. Sebaiknya pilih yang lebih tipis dan ringan agar memudahkan ibu dalam merawatnya dan menghindari pakaian dari bahan berat dan besar, seperti: 

  • Celana atau rok yang berbahan denim atau jeans tebal dan berat
  • Kain yang berbahan drill berat 
  • Baju yang memiliki kain kanvas yang berat

4. Bahan Yang Menyerap Keringat

Baju yang menyerap keringat cocok untuk ibu hamil, Hal ini penting untuk diperhatikan, karena suhu tubuh ibu hamil menjadi lebih hangat dari biasanya. Dan sebaiknya hindari pakaian yang terbuat dari bahan yang sulit menyerap keringat.

Keringat bisa menumpuk di lipatan kulit ibu hamil, seperti perut bagian atas, dada, ketiak. Tidak hanya menyebabkan panas yang menyengat, tetapi juga dapat memicu munculnya bakteri dan jamur pada kulit serta infeksi pada organ vital.

  • Pilihlah kemeja yang berbahan kain katun combed yang didalamnya terdapat 100% katun
  • Kemudian gunakan baju yang berbahan kapas bambu atau bahan yang terdiri dari katun dan serat bambu
  • Bahan yang terdiri dari kapas modal atau katun dan serat kayu
  • Kain yang berbahan katun linen dan rayon viscose. 

5. Hindari Kain Yang Memiliki Permukaan Kasar

Kain yang memiliki permukaan kasar dapat menggores dan mengiritasi kulit ibu hamil. Apalagi jika memiliki perut buncit saat hamil, pakaian tersebut bisa melukai ibu hamil dan menyebabkan sakit perut saat hamil. 

T-shirt atau katun adalah pilihan pakaian atau baju yang cocok untuk ibu hamil. Bahan ini tidak hanya mampu menyerap keringat, tetapi juga memiliki permukaan yang sangat lembut sehingga tidak mudah mengiritasi kulit ibu hamil.

6. Membeli Baju Hamil

Jika ibu hamil masih bingung untuk memilih baju hamil yang tepat, tidak ada salahnya mencari baju yang dikhususkan untuk ibu hamil. Saat ini banyak sekali baju hamil dengan berbagai desain yang sedang trend dan menarik.

Misalnya celana khusus ibu hamil yang memiliki ukuran pinggang lebih besar dan menyesuaikan dengan ukuran perut ibu. Meski sedang hamil, tetap bisa tampil gaya, Tapi sebelum membeli alangkah baiknya cobain dulu biar nyaman di badan.

Demikianlah beberapa baju yang cocok untuk ibu hamil, tentu ada banyak cara berpakaian saat hamil. Nyatanya, belakangan ini banyak sekali baju hamil yang stylish dan menarik, namun yang paling penting adalah ibu hamil merasa nyaman.