Baju yang cocok dipakai dengan rok panjang biasanya akan membuat kesan yang feminim namun juga terlihat elegan. Rok panjang sendiri yang selalu akan memberikan kesan yang feminim dan dipadukan baju yang pas membuatnya terlihat elegan.

Tidak disangka juga bahwa rok panjang atau rok pendek juga akan memberikan sebuah kesan yang elegan pada pemakainya. Terutama rok panjang sendiri dapat memberikan kesan yang berbeda-beda atau bahkan juga dapat digunakan di berbagai acara.

1. Kaos

Rekomendasi pertama dengan menggunakan kaos yang termasuk baju yang cocok dipakai dengan rok panjang rok panjang akan terlihat pas. Terlebih jika menggunakan kaos yang memiliki desain lengan pendek atau kaos santai yang tidak terlalu longgar.

Rok yang pas untuk dipadukan dengan kaos yaitu dengan rok model midi berbahan linen elastis atau bisa juga rok plisket. Dengan tambahan model rok seperti ini akan membantu untuk menyamarkan bentuk pada pinggang dan paha.

2. Kemeja 

Untuk pilihan baju yang cocok digunakan atau dipadukan dengan rok panjang yaitu dengan kemeja yang akan memberikan kesan semi formal. Setelan ini juga sangat pas untuk yang tetap terlihat feminim namun juga ada kesan semi formal.

Kemeja akan sangat cocok dipadukan dengan rok panjang meskipun dengan kemeja jenis apapun pastinya akan cocok dengan rok panjang. Misalnya memadukan kemeja yang memiliki bahan katun denim dipadukan dengan rok panjang plisket berwarna lembut atau gelap.

Jika menginginkan tampilan yang lebih bergaya dapat juga untuk menggulung lengan kemeja hingga berada sedikit di bawah siku. Atau juga dapat ditambahkan atau dipadukan dengan sedikit aksesoris dan juga sepatu heels yang akan memberikan kesan manis.

3. Tank Top

Baju berikutnya yaitu dapat dipadukan dengan tank top atau juga disebut baju tanpa lengan yang memberikan gaya khas pada penampilan. Tank top, memang seringkali digunakan untuk berolahraga, namun sejak akhir tahun 70-an mengalami perubahan.

Dari akhir tahun 70-an mengalami perubahan mulai dari bentuk, material, bahkan juga mengalami perubahan pada fungsinya. Jika ingin membuat kesan yang lembut maka disarankan untuk memadukannya dengan rok boho atau juga rok tulle yang panjang.

4. Crop Top

Jika tanktop masih kurang cocok, maka dapat juga memadukan rok panjang dengan crop top yang memiliki potongan tinggi. Pilih pakaian blus crop top untuk dapat dipadukan dengan rok model A-line, dan juga rok maxi.

Dari dua model rok tersebut pengguna juga dapat memadukannya dengan rok pensil high-waist yang memiliki potongan pinggang tinggi. Dengan perpaduan ini akan memberikan sebuah efek yang seimbang pada tubuh pemakainya.

5. Sabrina 

Rekomendasi berikutnya yaitu dapat dipadukan dengan baju Sabrina atau baju off-shoulder yang memiliki ciri khas dengan model bahu yang terbuka. Dengan baju Sabrina akan memperlihatkan siluet leher yang jenjang akan menyeimbangkan proporsi pada rok panjang.

Pemakai dapat memasangkan baju Sabrina dengan rok A-line yang akan memberikan suatu kesan tampilan vintage. Bahkan juga dapat bereksplorasi dengan motif floral yang ada pada rok untuk memberikan kesan yang lebih ceria dan berani.

6. Outer Panjang

Baju berikutnya yaitu dapat dipadukan dengan outer panjang yang kekinian bahkan dapat digunakan untuk wanita Muslim atau juga tidak. Dengan menggunakan outer yang panjang akan membantu mengkamuflase bentuk tubuh agar tetap dapat terlihat lebih ramping.

Pada dunia fashion saat ini juga memiliki banyak pilihan terbaru, mulai dari outer rajut, katun, premium, sampai voal yang halus. Untuk menghindari kesan bertumpuk saat memakainya dapat menggunakan pilihan warna outer yang senada dengan rok.

Jika memiliki proporsi tubuh yang kecil maka dapat memadukan outer yang memiliki model tidak terlalu panjang agar tubuh tidak tenggelam. Untuk panjangnya sendiri disarankan memiliki panjang yang sedikit berada dibawah lutut.

7. Sweater Big Size

Terakhir yaitu dapat dipadukan dengan sweater big size, sweater sendiri diklaim sebagai pakaian yang hangat dan nyaman saat digunakan. Selain dapat digunakan untuk suhu cuaca yang dingin, sweater juga dapat dipadukan dengan outfit apapun.

Sweater memiliki berbagai macam jenis yang dapat dipadukan, namun sweater big size termasuk sweater yang cocok dipadukan dengan rok panjang. Sweater yang memiliki ukuran oversize dan memiliki motif polos akan memberikan penampilan yang terkesan chic.

Untuk menambahkan dalam perpaduan antara sweater dan juga rok panjang dapat juga ditambahkan dengan aksesoris lainnya. Atu juga dapat dipadukan dengan sepatu boots yang berwarna coklat ataupun nude yang akan terkesan lebih chic.

Itulah beberapa rekomendasi untuk baju yang cocok dipakai dengan rok panjang yang pasti akan memberikan sedikit kesan feminim. Baju tersebut dapat juga dipadukan dengan menambahkan beberapa aksesoris dan juga dapat memakai sepatu atau heels.