Mengenakan kebaya sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dalam acara-acara formal. Salah satu model yang sering dicari adalah baju kebaya untuk orang gemuk sehingga tetap tampil percaya diri. Seringkali, tubuh gemuk membuat seseorang kurang percaya diri dengan penampilannya.

Kebaya yang secara mendasar berbahan ketat berpotensi membuat tubuh semakin terlihat gemuk. Hal ini banyak dihindari oleh penggunanya. Namun tidak perlu risau, sebenarnya ada banyak cara untuk mengakalinya. Dengan menggunakan jenis dan perpaduan tertentu, kebaya akan nampak pas di berbagai bentuk tubuh.

Tips Memilih Kebaya untuk Tubuh Gemuk

Dalam pemilihan kebaya, seringkali yang dipilih adalah model berwarna terang yang berbahan bagus. Namun tidak cukup dengan itu, yang terpenting adalah memilih jenis kebaya yang dapat menonjolkan sisi terbaik seseorang. Bagi yang bertubuh gemuk, berikut adalah beberapa tips untuk memilih kebayanya:

1. Memilih Bahan yang Menyerap Keringat

Gunakan model kebaya yang bahannya halus sehingga mampu menyerap keringat dengan maksimal. Contoh bahan yang berserat halus adalah katun dan chiffon. Pertimbangan pemilihan bahan ini terkait dengan kenyamanan dan penampilan.

Jika memakai bahan berat, keras, dan tebal, akan membuat penampilan terlihat lebih besar. Selain itu orang gemuk lebih mudah berkeringat dan tentunya menjadi tidak nyaman dengan bahan-bahan tebal.

2. Menggunakan Warna Gelap

Dalam memilih baju kebaya untuk orang gemuk, warna menjadi aspek yang penting untuk diperhatikan. Warna yang lebih disarankan adalah yang bernuansa gelap. Pasalnya, warna terang kurang direkomendasikan karena menampilkan bentuk tubuh dengan jelas.

Sementara itu, warna gelap lebih lihai dalam menyamarkan bentuk serta ukuran tubuh. Misalnya biru tua, merah tua, hitam, dan banyak lainnya. Warna gelap justru sedang menjadi tren belakangan ini.

3. Menghindari Payet Berlebih

Payet termasuk bagian penting yang membuat kebaya semakin cantik dan nampak mewah. Kendati demikian, sebaiknya tidak memilih kebaya dengan payet berlebih. Khususnya yang ada di bagian perut, pinggul, dan lengan karena bisa membuatnya semakin nampak besar.

4. Memperhatikan Lengan dan Kerah

Tips selanjutnya dalam pemilihan baju kebaya untuk orang gemuk adalah lengannya. Sangat disarankan memakai kebaya yang lengannya pendek. Sebab, dapat menghadirkan kesan ramping pada lengan.

Dari segi kerah, pengguna juga perlu mempertimbangkan modelnya. Kerah yang direkomendasikan untuk tubuh gemuk adalah model V-neck. Trik ini dapat menghadirkan penampilan yang pas pada leher, tidak begitu panjang maupun pendek.

5. Mengenakan Obi

Tips lainnya yang dapat diterapkan adalah mengenakan kebaya yang ada obinya. Obi bukan saja berperan sebagai pemanis, namun juga bisa menyamarkan ukuran serta bentuk tubuh. Cocok untuk menghindari pinggang serta pinggul yang menonjol sehingga nampak lebih ramping.

Rekomendasi Model Baju Kebaya untuk Orang Gemuk

Sebelumnya telah dijelaskan beberapa tips memilih kebaya yang pas bagi orang gemuk. Setelah itu adalah memilih model kebayanya. Berikut ini adalah beberapa model yang sangat cocok untuk menunjang penampilan tubuh gemuk:

1. Kutubaru Polos dengan Lengan Lebar

Model pertama yang direkomendasikan adalah kutubaru yang polos dengan potongan lurus sehingga tidak membuat tubuh tampak lebar. Model yang tidak fit ini sangat nyaman dikenakan siapa saja. Untuk bagian lengannya juga bisa dibuat longgar dengan panjang 3/4 sehingga tidak terlihat besar.

Ditambah dengan ciri khas dari kutubaru yang dadanya sedikit terbuka sehingga menyamarkan tubuh yang gemuk. Penggunaan warna polos yang sederhana dapat dipadukan bersama kain etnik serta sepatu heels sehingga semakin elegan.

2. Beludru Warna Gelap

Tampilan ini sangat cocok untuk yang ingin menghadirkan nuansa klasik. Memakai kebaya bahan beludru berwarna hitam dipadukan kain etnik akan terlihat sangat cantik. Bagian dada bisa diberikan sedikit hiasan sehingga menambah nuansa mewah sekaligus manis.

3. V-Neck dengan Kain Etnik

Model baju kebaya untuk orang gemuk yang direkomendasikan berikutnya adalah nuansa modern yang kerahnya v-neck. Model ini sangat disarankan karena membuat tampilan semakin jenjang dan ramping. Apalagi memakai warna gelap yang ditambah ikat pinggang. Dipadukan bersama rok panjang etnik membuat penampilannya semakin elegan.

4. Kerah Square dengan Selendang

Gaya baju kebaya yang keren untuk tubuh gemuk adalah model kerah kotak (square). Trik ini bisa membuat tubuh semakin ramping dengan leher yang terlihat hingga dada bagian atas. Dibuat dari bahan brokat membuatnya semakin elegan. Apalagi ditambah dengan memakai selendang sehingga lebih berkarakter.

5. Encim dengan Rok Duyung

Kebaya model encim adalah karakteristik Betawi yang sangat tepat untuk menghadirkan kesan ramping. Pilihlah model lengan longgar dan menjuntai sehingga tubuh gemuk dapat tersamarkan. Padukan bersama rok duyung sehingga siluet tubuh terlihat langsing dengan kaki panjang.

Demikian informasi mengenai penggunaan baju kebaya untuk orang gemuk, mulai tips memilih hingga rekomendasi modelnya. Sebenarnya bentuk tubuh dapat diakali dengan berfokus pada kelebihan yang dimiliki. Sehingga bisa tampil sesuai selera dan tetap percaya diri.