Bagi yang merasa penasaran dengan baju bahan hyget, maka kali ini pun akan diulas tentang karakteristiknya. Bahan hyget sendiri memang masih belum banyak yang mengenal. Meski mungkin sebenarnya tengah memiliki baju dengan bahan ini. 

Namun agar tak bingung, maka di sini akan diuraikan tentang karakteristik dari bahan baju tersebut. Juga mengenai bagaimana perawatannya agar baju tetap dalam keadaan baik. Juga jenis-jenis yang dimiliki oleh kain ini. 

Mengenal Bahan Hyget 

Pertama dalam ulasan kali ini adalah mengenal tentang karakteristik baju yang terbuat dari bahan hyget. Jadi hyget ini merupakan bahan kain yang terbuat dari pencampuran katun dan Polyester. Bahan ini pun yang kerap dijadikan sebagai kaos. 

Karena hal tersebut, bahan ini tergolong ke dalam jenis kain yang murah. Namun meski terbilang murah, namun kain hyget juga memiliki standar kualitasnya sendiri. Biasanya konveksi yang menargetkan masyarakat menengah, menggunakan bahan ini. 

Bahan ini sendiri tergolong sangat tipis ketimbang beberapa jenis baju dari bahan kain lainnya. Sebab itu perlu mengetahui karakteristik dari bahan ini sendiri. Sehingga nantinya tidak akan merasa kecewa saat membeli baju dengan bahan ini. 

Untuk karakteristik dari baju bahan hyget ini cenderung lebih tipis ketimbang beberapa jenis kain untuk kaos lainnya. Gambaran yang lebih jelas tentang hal ini adalah seru digunakan untuk membuat kaos partai atau kaos event. Jadi bisa dibayangkan. 

Hal ini disebabkan karena harganya yang memang murah sehingga sering dijadikan sebagai solusi kaos kampanye. Baju dengan kain ini juga tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Sehingga saat cuaca panas keringat akan terus mengalir. 

Namun untuk bahan hyget ini tidak akan mudah kusut dan tampilan luarnya yang mengkilap. Hal ini juga menyebabkan saat dipakai memberikan efek gerah dan cepat panas. Namun akan mudah kering saat Dicuci.

Jenis-jenis Bahan Hyget Untuk Membuat Baju 

Setelah tahu tentang karakteristik baju bahan hyget maka kali ini akan diulas beberapa macamnya. Jadi bahan hyget untuk membuat baju sendiri ada beberapa macam yang bisa dijadikan pilihan. Untuk lebih jelasnya, maka bisa simak di bawah ini. 

1. Hyget Biasa 

Bahan pertimbangan yang akan diuraikan kali ini adalah jenis hyget biasa. Dimana jenis lain ini adalah yang sering digunakan untuk membuat baju atau kaos partai. Sehingga bahannya memang terkenal sangat tipis dan membuat panas.

Biasanya warna baju dari bahan hyget biasa ini cenderung berwarna cerah. Namun untuk harga yang ditawarkan memang sangatlah murah. Tapi tentu ingat beberapa kekurangan yang telah disebutkan bahwa tidak bisa menyerap keringat dengan baik. 

2. Hyget Super

Kemudian untuk jenis hyget berikutnya adalah jenis super. Dimana untuk hyget ini cenderung memikirkan harga yang lebih mahal. Namun hal ini juga selaras dengan kenyamanan yang lebih baik ketimbang sebelumnya. 

Selain itu, hyget Super ini juga memiliki tingkat kerapatan yang lebih baik. Sehingga tidak jarang kain ini selain dijadikan baju juga dijadikan untuk hijab instan. Meski harganya lebih mahal, namun akan tetap terjangkau.

3. Hyget Balon

Kemudian untuk jenis baju bahan hyget berikutnya adalah terbuat dari jenis Balon. Pada kain ini juga cenderung tidak memiliki daya serap yang baik. Meski untuk kualitas yang ditawarkan lebih baik ketimbang dua jenis yang telah disebutkan. 

Untuk baju dari bahan ini pun akan mudah ditemukan di Tomi baju sport. Sebab memang bahan ini kerap digunakan untuk membuat kaos spot versi KW. Seperti misalnya adalah kaos untuk renang, atau juga seperti kaos sepak bola. 

4. Hyget Serena

Lalu jenis bahan hyget untuk membuat baju berikutnya adalah jenis Serena. Dimana Hyget Serena ini menjadi salah satu jenis yang paling unggul ketimbang ketiga jenis lainnya. Hal ini dikarenakan Hyget Serena lebih tebal dan tidak menerawang. 

Biasanya untuk bahan ini sering digunakan dalam bentuk baju Jersey atau beberapa jenis pakaian untuk olahraga. Hyget serena juga sudah bisa menyerap keringat. Namun tetap tidak maksimal karena tetap menggunakan bahan katun dan Polyester. 

Cara Merawat Baju Dari Hyget

Jika sudah mengetahui karakteristik dan juga jenis yang digunakan, maka kali ini akan disebutkan bagaimana perawatannya. Karena mungkin ingin baju yang dimiliki tetap dalam keadaan baik. Maka berikut cara merawat baju dari hyget. 

Untuk bahan ini, maka bisa dicuci seperti biasa dan bisa dicampur dengan pakai lain. Namun jangan disikat, karena justru akan merubah tekstur kain. Baju dengan bahan ini pun boleh dijemur di bawah matahari langsung. 

Setelah kering, maka usahakan untuk tidak menyetrika karena ini justru akan merusak kain. Bahan hyget sendiri juga tidak akan mudah kusut sehingga tidak perlu menyetrika. Namun jika ingin, maka gunakan setrika yang tidak terlalu panas. 

Demikian adalah ulasan mengenai baju bahan hyget yang bisa dijadikan Sebagai referensi. Jika ingin membuat baju sendiri, maka kain hyget ini berkisar di antara 5.000 hingga 15.000 saja. Sehingga akan sangat terjangkau.