Celana dengan model kulot sekarang banyak diminati oleh kaum hawa. Tentu ini merupakan sebuah kesempatan emas bagi para pedagang. Hal yang harus diperhatikan adalah bahan yang bagus untuk celana kulot agar menghasilkan produk yang berkualitas.

Sehingga, celana kulot bisa dengan nyaman dipakai namun tetap terlihat bagus. Apabila banyak orang menyukai produk tersebut, maka pedagang akan kebanjiran order. Karena itu, penting untuk memperhatikan bahan utama atau material celana kulot, diantaranya adalah:

1. Kain Denim

Bahan pertama adalah kain denim yang sudah digunakan di banyak sekali model pakaian. Kain denim adalah salah satu bahan pakaian yang difavoritkan karena sifatnya yang kokoh, sehingga tahan lama serta tidak mudah rusak.

Selain itu, teksturnya agak lentur dan lembut akan membuat kulot nyaman dipakai. Ditambah kain denim ini juga terasa adem, tidak membuat pemakai kulot gerah sama sekali. Sekarang kain denim memiliki banyak varian warna selain biru.

2. Kain Katun

Bahan kedua adalah kain katun yang merupakan bahan serba guna. Celana kulot bisa dibuat menggunakan kain katun karena bahannya yang terbuat dari serat alami, sehingga terasa dingin dan ringan saat dikenakan untuk aktivitas sehari-hari.

Kain katun memang juara soal kenyamanan serta kualitasnya sebagai bahan utama pembuatan berbagai model pakaian. Tak heran jika celana kulot berbahan kain katun banyak diburu oleh para fashionista. 

3. Kain Thaisilk

Bahan yang bagus untuk celana kulot yang ketiga adalah kain thaisilk yang mungkin jarang didengar di telinga orang awam. Karakteristik dari kain jenis ini adalah bahannya yang mengkilap, lembut, tipis, serta tidak kaku, layaknya sutra.

Dengan menggunakan kain jenis ini, maka akan membuat celana kulot terkesan mewah sekaligus elegan, namun tetap nyaman dipakai. Akan cocok jika kulot berbahan kain thaisilk  dipakai untuk acara-acara formal seperti rapat, presentasi, dinner, atau pesta. 

4. Kain Polyester

Bahan keempat adalah kain polyester dengan karakteristiknya yang ringan serta flowy. Celana kulot seperti ini akan memberikan lebih banyak kebebasan bergerak dan membuat aktivitas sehari-hari lebih mudah. Sehingga polyester menjadi bahan favorit untuk celana kulot.

Kulot yang dibuat dengan bahan polyester ini bisa dipakai untuk segala situasi dan  kondisi. Namun sayangnya, kain ini kurang menyerap keringat dan kandungan zat kimianya yang cukup tinggi sehingga kurang cocok untuk pemilik kulit sensitif. 

5. Kain Plisket

Bahan kelima adalah kain plisket yang baru-baru ini populer untuk bahan rok atau jilbab. Penggunaan kain plisket juga akan memberi kesan elegan dan girly pada celana kulot. Sehingga cocok dipakai untuk situasi formal maupun casual.

Meski potongannya agak lebar, kain plisket akan sangat mudah diaplikasikan. Selain itu juga akan tampak bagus dan cocok bagi yang memiliki tubuh tinggi. Selain itu, karakteristiknya yang lembut dan jatuh akan membuat pemakainya merasa nyaman.

6. Kain Drill

Bahan yang bagus untuk celana kulot lainnya adalah kain drill. Jenis kain ini juga dikenal kuat dan kokoh, sehingga celana tidak akan dengan mudahnya rusak meski digunakan untuk waktu yang lama. 

Kain drill bisa kuat seperti itu karena memiliki jalinan benang yang rapat dengan tenunan diagonal. Tingkat ketebalan seratnya berbeda-beda, mulai dari ringan (twist drill), dengan (american drill), hingga tebal (japan drill).

Awalnya kain jenis drill ini hanya digunakan untuk seragam militer karena kekuatan kainnya. Namun seiring berjalannya waktu, trend bergeser dan jadilah kain drill dipakai untuk pakaian sehari-hari, termasuk untuk celana kulot.

7. Kain Linen

Bahan ketujuh adalah kain linen yang merupakan satu dari sekian jenis kain mahal. Sebab kain ini memiliki tekstur yang sangat lembut serta serat yang tebal. Sehingga kualitasnya tidak bisa diragukan lagi.

Selain itu, apabila kainnya disentuh akan menciptakan kilauan yang membuatnya tampak mewah. Kain linen sangat cocok digunakan untuk celana kulot karena terasa ringan, sehingga nyaman untuk dipakai.

8. Kain Kagawa

Bahan kedelapan adalah kain kagawa. Ini juga kain yang mungkin tidak terdengar familiar bagi orang awam. Kain kagawa merupakan kain kanvas Jepang yang bisa dipakai untuk multifungsi. 

Artinya, kain ini dapat menjadi bahan untuk pakaian model apa saja, termasuk celana kulot. Daya tahannya cukup tinggi, sehingga pakaian dengan bahan kain kagawa akan awet selama bertahun-tahun.

Kualitasnya dijamin bagus karena kain jenis ini terbuat dari benang yang bahannya diproses menggunakan mesin teknologi tinggi. Selain itu, tenunannya yang rapat juga menambah kualitas daya tahannya. 

Dengan karakteristik seperti itu, maka kain kagawa bisa menjadi opsi lainnya yang dapat dipertimbangkan untuk dijadikan bahan baku celana kulot. Karena dengan menggunakan kain ini, maka kulot tidak akan cepat rusak meski sangat sering dipakai.

Demikian informasi mengenai bahan yang bagus untuk celana kulot. Pilihlah kain yang berkualitas untuk menghasilkan celana kulot terbaik. Dengan begitu, orang-orang akan senang memakainya dan menjadi langganan setia.