Jenis kain yang dipakai untuk pakaian sangatlah banyak dengan berbagai karakteristiknya masing-masing. Salah satu opsi kain yang mulai populer dan sering difungsikan adalah babyterry. Lalu, bahan baju babyterry seperti apa dan bagaimana kelebihan kekurangannya?

Jika masih belum tahu tentang kain babyterry dan menanyakan pertanyaan tersebut, maka harus menyimak dulu artikel ini. Akan diberikan penjelasan tentang karakteristik dasar babyterry beserta aspek kelebihan dan kekurangannya. Simak uraian berikut untuk mengetahuinya:

Apa Itu Babyterry?

Babyterry adalah salah satu bahan baju yang saat ini cukup populer. Biasanya, bahan ini difungsikan untuk jaket, sweater, hoodie, dan jenis pakaian lainnya. Banyak pakaian yang memakai bahan ini karena babyterry memiliki banyak sekali keunggulan.

Jika ingin lebih paham mengenai babyterry, maka harus tahu apa saja ciri-ciri bahannya. Pada struktur ini akan diberikan empat ciri utama yang bisa dijadikan pembeda dengan bahan lainnya. Untuk mengetahui detailnya, simak rincian berikut ini:

1. Ada Struktur Loop

Jika dilihat dari ciri-ciri pertamanya, bahan baju babyterry seperti apa? Jadi, jika dilihat dari segi cirinya, bahan babyterry ini memiliki struktur loop. Kemunculan struktur ini, bisa ditemukan di sisi dalam dari bahannya secara menyeluruh dan merata.

Loop yang muncul di permukaan ini hadir dalam bentuk kumpulan-kumpulan yang lembut. Jadi jika ada bahan dengan struktur tersebut di sisi dalamnya, maka bisa dipastikan itu adalah babyterry yang memberikan kesan berbeda dengan kain lainnya.

2. Nyaman untuk Dipakai

Kemudian untuk ciri yang kedua adalah nyaman saat dipakai. Bahan yang satu ini tidak kaku dan cenderung lembut untuk suasana dan cuaca apapun. Dengan adanya kenyamanan ini, maka penggunanya akan merasa sangat diuntungkan.

Biasanya, bahan yang nyaman adalah bahan yang tipis. Namun hal ini berbeda untuk babyterry karena bahannya tebal namun tetap memberikan kenyamanan. Hal ini, terkadang membuat pencari bahan akan kesulitan membedakannya.

3. Lebih tebal dari Kaos Pada Umumnya

Memang jika dilihat secara sekilas, tampilan babyterry tidak jauh berbeda dengan kaos. Namun jika dipegang, maka akan terasa bahwa strukturnya tebal. Aspek ini, tentu bisa saja mengecoh, maka harus dipastikan dengan dipegang.

4. Sifatnya Sangat Hangat

Kemudian untuk ciri keempat adalah sifat bahannya yang hangat. Dengan kehangatan bahan ini, maka penggunanya tidak akan merasa dingin saat memakainya. Namun, tingkat hangatnya masih standar dan masih pas dipakai saat musim panas.

Kelebihan Bahan Babyterry

Jika dilihat dari aspek kelebihannya, bahan baju babyterry seperti apa? Apabila ada yang bertanya mengenai aspek kelebihan ini, maka ada banyak daftar yang bisa diuraikan. Jumlah kelebihan dari bahan baby terry memang terkonsep banyak.

Ada enam aspek kelebihan yang menonjol sehingga membuat bahan ini menjadi salah satu opsi yang populer dan banyak difungsikan. Penasaran apa saja kelebihan yang harus dipahami tersebut? Inilah daftar dan penjelasan yang bisa dipahami:

  • Daya serapnya sangat baik karena sudah ada loop di permukaan sisi dalamnya.
  • Bahannya lembut dan halus sehingga pas untuk dipakai baju bayi.
  • Memiliki serat yang berongga sehingga tidak mudah membuat penggunanya merasa gerah.
  • Sifat babyterry adalah menghangatkan jadi juga cocok untuk udara yang dingin.
  • Harga jual bahan babyterry tergolong murah namun kualitasnya tetap baik.
  • Varian warnanya sangat banyak sehingga tidak membosankan.

Semua kelebihan di atas, tentunya bisa dijadikan acuan untuk mulai memanfaatkan babyterry. Karena kelebihannya banyak, maka bisa dipastikan bahan ini lebih unggul dari beberapa bahan pakaian lain yang biasanya lebih tipis dan murah.

Kekurangan Bahan Babyterry

Selain informasi tentang kelebihannya, tentu harus dipahami juga tentang kekurangannya. Dengan mengetahui informasi ini, maka proses pemanfaatannya akan lebih disesuaikan dan proses perawatannya bisa lebih baik.

Jumlah kekurangannya sendiri lebih sedikit dibandingkan jumlah kelebihannya. Setidaknya ada tiga kekurangan yang harus diperhatikan dari pemanfaatan bahan yang satu ini. Inilah detail kekurangan tersebut beserta penjelasan lengkapnya:

1. Bahannya Mudah Melar

Kekurangan pertama dari bahan ini adalah mudah melar. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahan ini memiliki banyak rongga. Karena banyak rongga, maka bahannya akan jauh lebih cepat melar dibandingkan bahan lainnya.

2. Cepat Rusak

Jika tidak dirawat dengan struktur cara yang tepat, maka bahan ini akan lebih mudah rusak. Serat bahan ini memang tidak terlalu rapat. Jadi jika dipakai dan dirawat dengan sembarangan, maka kerusakannya akan lebih mudah dirasakan.

3. Kualitasnya Lebih Rendah dari Cotton Fleece

Banyak yang menganggap babyterry sama dengan cotton fleece. Padahal, bahan babyterry ini jauh berbeda dengan cotton fleece dengan kualitas yang lebih rendah. Hal ini, tidak jarang membuat orang salah melakukan pemilihan.

Pertanyaan tentang bahan baju babyterry seperti apa sudah terjawab dari penjelasan di atas. Kemudian, informasi tentang kelebihan kekurangannya juga sudah tersedia. Karena penjelasannya sudah sangat jelas, maka proses pemahamannya akan jauh lebih mudah dan lebih mendalam.