Keberadaan aplikasi pembelajaran untuk guru saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi semenjak kebijakan untuk belajar daring atau yang juga dikenal dengan istilah Study From Home (SFH) selama masa pandemi Covid-19 ini.

Para guru diwajibkan untuk menjadi melek teknologi dan menguasai beberapa aplikasi yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan. Saat ini sendiri, terdapat banyak macam aplikasi aplikasi media pembelajaran yang dapat digunakan oleh Guru, mulai untuk keperluan presentasi, pertemuan virtual dan lainnya.

Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Untuk Guru

Untuk kamu yang berprofesi sebagai guru, terdapat beberapa aplikasi pembelajaran untuk guru yang direkomendasikan untuk kamu coba. Penasaran? Langsung saja, berikut rekomendasi aplikasi tersebut dan ulasannya. Check this out!

Emaze

Aplikasi pembelajaran untuk guru pertama yang kami rekomendasikan adalah aplikasi besutan Perusahaan teknologi Visual Software System bernama Emaze. Emaze ini sendiri merupakan aplikasi presentasi online yang dirancang dengan teknologi html5.

Aplikasi Emaze ini memungkinkan para penggunanya untuk dapat membuat dan membagikan presentasi online melalui cloud based Saas System. Bukan hanya sekedar aplikasi pembelajaran online untuk guru, aplikasi ini juga cocok digunakan untuk siswa untuk keperluan membuat presentasi.

Plickers

Plickers menjadi aplikasi aplikasi pembelajaran untuk guru selanjutnya yang ada di dalam daftar kami. Aplikasi Plickers ini sendiri dirancang untuk membantu para guru untuk memberikan penilaian formatif menggunakan kode. 

Dalam hal ini, guru dapat memberikan pertanyaan kepada siswa dan kemudian siswa dapat menunjukan jawabannya. Dengan pemindahan cepat, maka guru akan dapat langsung mengetahui tabulasi jawaban siswa yang ada di kelas. Aplikasi Plickers ini juga dapat dipergunakan untuk memberikan  soal pilihan ganda kepada para siswa.

ZipGrade

Masih lanjut bicara mengenai rekomendasi aplikasi pembelajaran untuk guru. Aplikasi ZipGrade juga adalah salah satu aplikasi penilaian tes dengan gradasi. ZipGrade memungkinkan para siswa untuk dapat langsung menerima hasil skor tes setelah menyelesaikannya. 

Aplikasi yang satu sangat membantu guru dalam pembuatan dan pencetakan tugas. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memindai soal yang telah dibuat.

Baca juga: 10 Cara Cepat Memahami Materi Pelajaran

WriteAbout

Untuk mata pelajaran yang terkait dengan kesastraan seperti bahasa Indonesia, platform sekaligus aplikasi WriteAbout adalah salah satu aplikasi yang akan sangat berguna. Aplikasi WriteAbout ini sendiri memungkinkan penggunanya untuk menulis secara digital.

Ketika guru memberikan tugas untuk menulis atau membuat essay, aplikasi ini dapat dipergunakan untuk media publikasi dan penilaian. Siswa dapat mempublikasi tulisan yang dibuat di WriteAbout ini dan mendapatkan feedback dari guru maupun siswa lainnya.

Zoom 

Saat ini, hampir semua orang mengenai aplikasi video conference bernama Zoom. Aplikasi ini mendadak menjadi sangat populer semenjak kebijakan SFH diberlakukan. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengadakan video conference bersama dengan penggunanya lainnya. Sederhananya, kamu dapat melakukan pertemuan online via aplikasi ini.

Aplikasi besutan Eric Yuan ini sendiri memiliki cukup banyak fitur canggih di dalamnya seperti host, waiting room dan lainnya. Namun sayangnya, aplikasi ini memiliki keterbatasannya dalam penggunanya. Dimana terdapat batasan waktu dalam penyelenggaraan online conference atau kelas online menggunakan aplikasi ini.

Cisco Webex

Sebagian besar Guru di Indonesia mungkin hanya menggunakan aplikasi seperti Zoom, Telegram atau WhatsApp untuk kegiatan pembelajaran virtualnya. Namun sebenarnya terdapat aplikasi pembelajaran daring untuk guru yang juga dapat dipergunakan, yakni bernama Cisco Webex

Cisco Webex ini sebenarnya aplikasi video conference yang telah digunakan sejak tahun 90-an, namun memang kurang populer di Indonesia. Aplikasi ini juga cukup banyak digunakan oleh para guru dan juga pekerja profesional di luar negeri. Melalui aplikasi ini, kamu dapat mengadakan kelas online secara gratis dengan kapasitas tampung mencapai 100 orang.

Yang lebih menarik, berbeda dengan aplikasi Zoom yang sering digunakan untuk kelas online, video conference yang diadakan menggunakan aplikasi ini tidak memiliki batas waktu. Selain itu, Cisco Webex juga dapat memungkinkan penggunanya untuk konten presentasi dengan peserta di dalamnya. 

Dengan banyak fitur inovatif di dalamnya, rasanya tidak berlebihan jika menyebut bahwa aplikasi ini adalah salah satu aplikasi pembelajaran daring untuk guru terbaik yang layak dicoba.

Google Suite For Education

Google pun tidak ketinggalan memberikan sumbangsi pada penerapan konsep belajar SFH. Salah satu perusahaan terbesar di dunia ini menyediakan beberapa platform sekaligus aplikasi gratis yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan pembelajaran online. 

Semua aplikasi tersebut tergabung dalam kategori Google Suite For Education. Beberapa dari kamu mungkin telah cukup akrab dengan beberapa aplikasi tersebut seperti Google Classroom, Google Doc, Google Drive, Google Meet dan lainnya.

Hingga saat ini, kumpulan aplikasi Google Suite For Education ini terbilang sangat membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran online.

Terkait dengan pembelajaran online yang diberlakukan, saat ini juga telah banyak les private Jakarta dan layanan bimbingan belajar di kota lain yang mulai menggunakan platform dan aplikasi pembelajaran online untuk mendukung kegiatan belajar mengajarnya. Beberapa diantaranya adalah aplikasi pembelajaran yang dijelaskan di atas.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai rekomendasi aplikasi pembelajaran untuk guru. Bagaimana? Apakah terdapat salah satu dari aplikasi di atas yang familiar dengan kamu?.