Bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris, kini Anda tidak perlu khawatir karena kemudahan kini dapat Anda temukan. Keberadaan teknologi adalah salah satu hal yang menunjang Anda untuk bisa berbahasa Inggris secara instan salah satunya dengan hadirnya website penerjemah selain Google Translate.

Kebanyakan dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Google Translate sebab aplikasi yang satu ini merupakan andalan bagi setiap orang untuk mengetahui berbagai bahasa termasuk diantaranya bahasa Inggris. Nah namun apakah Anda tahu, ternyata terdapat website untuk menerjemahkan selain Google Translate? Mau tahu apa saja, simak artikel kali ini secara lengkap.

Ketika Anda memiliki tugas sekolah, kuliah sampai urusan kantor mungkin Anda membutuhkan beberapa solusi yang berkaitan dengan aplikasi atau website penerjemah ini. Beberapa website ini diketahui memiliki fitur-fitur mumpuni yang tidak kalah dari aplikasi populer Google Translate.

Sekilas Tentang Google Translate

website penerjemah selain Google Translate

Tahukah Anda sejarah tentang Google Translate ini? Google Translate merupakan mesin penerjemah milik Google yaitu perusahaan Amerika Serikat yang dirilis di tahun 2006 namun sebenarnya ide ini sudah muncul sejak tahun 2004 loh.

Hal ini bermula ketika salah satu pionir dari Google yaitu Sergey Brin yang pernah menerima email dari Korea Selatan di tahun 2004 dengan bahasa menggunakan bahasa Korea. Huruf Hangeul yang ditulis dalam bahasa Korea ini tentunya tidak mudah dipahami oleh semua orang khususnya orang asing. Oleh karena itu Sergey mulai berpikir untuk mengembangkan sebuah mesin yaitu penerjemah yang handal dua tahun ke depan dan ternyata Google Translate resmi dirilis di tahun 2006 bulan April.

Pada awalnya, penggunaan Google Translate ini sendiri belum terlalu optimal karena jika Anda akan menerjemahkan sesuatu harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Kemudian seiring berkembangnya waktu Google Translate akhirnya hingga kini sudah tercatat mampu menerjemahkan sampai 133 bahasa.

Luar biasa bukan? Anda dapat dengan mudah menerjemahkan kalimat atau kata apapun ke berbagai bahasa yang ada di dunia. Penggunanya juga tercatat sudah mencapai 500 juta dengan pencapaian kata yang diterjemahkan lebih dari 100 miliar.

Seberapa Akurat Google Translate Itu?

Bagi Anda para pengguna, Anda pasti sangat senang karena setiap kalimat yang ingin Anda terjemahkan dapat dengan mudah dan cepat diterjemahkan oleh Google Translate. Nah namun mungkin beberapa dari Anda juga bertanya-tanya apakah terjemahan kalimat tersebut akurat atau tidak. Hal tersebut karena meski mudah dan cepat Anda mungkin pernah menemukan beberapa kalimat yang dinilai aneh ketika diterjemahkan.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh Google di tahun 2017, keakuratan dari Google Translate ini dinilai mencapai persentase 85%. Persentase ini dijelaskan oleh Google bahwa mesin penerjemah tersebut bisa akurat atau memiliki terjemahan yang lebih natural apabila pilihan kata atau tata bahasa yang dituliskan sudah sesuai dengan konteksnya.

Nah yang terbaru di tahun 2019, Google secara resmi merilis fitur secara offline yang ada pada Google Translate dengan tingkat akurasi 12% lebih baik. Fitur offline ini diketahui bisa digunakan untuk menerjemahkan beberapa bahasa di antaranya Jepang, Korea, Thailand, Hindi hingga Polandia yang sebagian besar memiliki aksara khusus untuk diterjemahkan.

Anda tidak perlu khawatir karena setiap tahunnya Google telah melakukan peningkatan terhadap kualitas terjemahan yang sudah mencapai 20% lebih. Selanjutnya Anda pasti makin penasaran apa saja website penerjemah selain Google Translate untuk informasi lebih lanjut simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Aplikasi Pengubah Tulisan Latin Ke Arab yang Populer

Daftar Website Penerjemah Selain Google Translate

website penerjemah selain Google Translate

1. Bing Translator

Website penerjemah selain Google Translate yang pertama adalah Bing Translator, Bing merupakan salah satu platform sebuah mesin pencarian layaknya Google. Jadi selain sebagai mesin pencarian Bing juga tidak ingin kalah saing dengan rivalnya sehingga Bing juga memiliki website penerjemah yang bernama Bing Translator.

Jika diperhatikan sebenarnya fitur penerjemah yang satu ini sangat mirip dengan Google baik dari segi tampilan maupun fitur-fitur yang dimiliki. Fitur yang dimiliki di antaranya link, audio, teks hingga gambar bisa Anda input ke dalam penerjemah yang satu ini. Perlu Anda ketahui juga bahwa jika Anda ingin mencoba translator yang satu ini Anda bisa memberikan perbaikan atas hasil terjemahan tersebut sehingga dapat lebih akurat.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan platform ataupun translator yang satu ini Anda bisa mengunjungi bing.com/translator.

2. iTranslate

Website selanjutnya yang bisa Anda jadikan alternatif selain menggunakan Google Translate adalah iTranslate. Website penerjemah selain Google Translate yang satu ini berasal dari Australia dan diketahui dikembangkan oleh Sonico Mobile. Menariknya tidak hanya dapat diakses melalui browser saja namun jika ingin mengunduhnya Anda bisa melakukan hal tersebut.

Anda bisa mendownload aplikasi tersebut baik untuk PC ataupun HP. Berbagai fitur bisa Anda nikmati pada aplikasi ini, berbagai kata ataupun konjugasi juga bisa diterjemahkan ke dalam lebih dari 100 bahasa. Layaknya Google, tidak hanya dalam bentuk teks saja namun Anda juga bisa menerjemahkan suatu kalimat dengan menggunakan fitur voice to voice.

3. Bab.Ia Translator

Jika Anda sedang mencari kamus online maka Bab.Ia translator bisa Anda coba. Jadi website penerjemah selain Google Translate satu ini bisa Anda akses melalui browser dan bisa digunakan sebagai kamus pada umumnya yaitu menerjemahkan kata per kata untuk bahasa Inggris yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Menariknya kamus online yang satu ini juga memiliki fitur yang mencontohkan penggunaan kata yang telah diterjemahkan dari Oxford Languages loh. Nah meskipun memiliki fitur unggulan dan lebih dikenal sebagai kamus online namun tetap saja Bab.Ia translator ini bisa digunakan untuk menerjemahkan sebuah kalimat ataupun fitur untuk terjemahan, konjungsi hingga kuis.

4. Sederet.com

Bagi Anda yang sering berkutat dengan dokumen-dokumen yang berbahasa Inggris, website penerjemah selain Google Translate satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Website ini dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris ataupun sebaliknya.

Jika dari tadi Anda mempertanyakan keakuratannya maka Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan website yang satu ini. Hal tersebut karena Sederet.com bisa memberikan fitur terjemahan secara umum dan juga sinonim dari sebuah kata yang akan dicari. Hal ini tentunya bisa menjadi pilihan bagi para pengguna untuk mencocokkan kira-kira mana kata yang lebih cocok dengan konteks teks yang Anda buat.

5. Yandex Translate

Mesin penerjemah selanjutnya adalah Yandex yang berasal dari Rusia. Menariknya website penerjemah selain Google Translate ini juga memiliki tampilan yang sama dengan Google Translate. Jadi ketika Anda mengaksesnya Anda akan sangat familiar dengan hal tersebut.

Nah meskipun tidak seperti Google Translate yang memiliki banyak bahasa yang tersedia untuk diterjemahkan. Yandex diketahui memiliki keakuratan yang baik. Bahkan berbagai berita menyebutkan bahwa Yandex mampu menerjemahkan sebuah kata dan kalimat tidak hanya dalam bentuk dokumen saja namun juga mampu menerjemahkan sebuah situs URL yang menggunakan bahasa asing.

Menariknya situs ini juga dapat digunakan untuk menerjemahkan sebuah kata yang ada pada gambar maupun foto dengan fitur khusus yang dimiliki.

6. Translate.com

Alternatif selanjutnya website penerjemah selain Google Translate adalah Translate.com. Pada situs ini menariknya Anda tidak hanya melakukan terjemahan seperti biasanya namun Anda bisa menerjemahkan dengan menentukan gaya bahasa yang digunakan baik itu formal maupun informal. Jadi dapat dikatakan situs ini dapat mendeteksi sebuah kalimat yang berbahasa informal sekalipun.

Kemudian jika Anda akan menerjemahkan sebuah dokumen asing, Anda dapat memfotonya kemudian menggunggah ke website dan secara otomatis website ini akan menerjemahkannya. Sangat sederhana bukan?

7. Microsoft Translator

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Microsoft, ya sistem operasi yang satu ini juga memiliki alat penerjemah bernama Microsoft Translator. Nah namun aplikasi ini hanya kompatibel pada OS Windows, iOS dan Android. Berbeda juga dengan website translator lainnya, Microsoft terdiri dari dua versi yaitu bisnis dan personal.

Website atau aplikasi ini menyediakan fitur-fitur untuk menerjemahkan teks dalam bentuk gambar, tangkapan layar maupun suara. Menariknya karena Microsoft berkaitan dengan sebuah dokumen jadi hasil terjemahan yang sudah Anda lakukan ini bisa diunduh untuk dapat dilihat kembali secara online.

Perlu Anda ketahui juga bahwa Microsoft menyediakan fitur translator pada smartwatch loh. Jadi ketika Anda bepergian atau berlibur ke negara asing, tanpa menggunakan smartphone atau perangkat lainnya cukup menggunakan smartwatch saja Anda bisa menerjemahkan dengan baik.

8. Reverso Translation

Hampir mirip dengan Microsoft, Reverso Translation merupakan sebuah software buatan dari Softissimo Inc yang bisa menjadi alternatif Anda dalam memilih website penerjemah selain Google Translate. Website ini bisa Anda akses pada reverso.net/text-translation, bagi Anda yang ingin mengunduh aplikasinya, software ini tersedia untuk OS Mac, iOS dan juga Android.

Aplikasi dan web ini bisa menerjemahkan kata, kalimat hingga memberikan informasi tentang sinonim maupun konjugasi dari kata atau kalimat tersebut. Menariknya jika Anda menggunakan yang versi aplikasi, Anda bisa menikmati fitur untuk frasa idiom maupun kata sugestif lainnya. Nah namun sangat disayangkan karena Reverso belum menyediakan bahasa Indonesia untuk terjemahannya.

9. Linguee

Website terjemahan selanjutnya adalah Linguee yang sudah ada sejak 2009. Anda bisa mengaksesnya baik secara online maupun offline pada linguee.com. Linguee hingga saat ini sudah bisa menerjemahkan berbagai bahasa seperti Inggris, Jerman, Jepang, Spanyol, Prancis, Italia dan berbagai bahasa lainnya. Nah namun sama seperti Reverso, website ini belum mendukung adanya bahasa Indonesia untuk diterjemahkan.

10. BabyIon Translator

Babylon menjadi website alternatif selanjutnya yang bisa digunakan untuk menerjemahkan sebuah kata atau kalimat selain menggunakan Google Translate. Perlu Anda ketahui bahwa alat penerjemah ini sudah tersedia sejak belasan tahun yang lalu loh. Glosarium yang dimiliki bahkan sangat banyak sekali yaitu mencapai 1700 kata dan kamus pada berbagai bahasa.

Menariknya Babylon bisa menerjemahkan sebuah dokumen dengan format Microsoft Office tanpa meniadakan format asli dokumen tersebut. Hal tersebut karena website yang satu ini sangat cocok untuk perangkat yang memiliki OS Mac dan juga Windows.

Itulah beberapa website penerjemah selain Google Translate, selain alternatif di atas ternyata masih ada lagi loh website atau aplikasi yang bisa digunakan, mau tahu apa saja? Simak informasi di bawah ini.

Baca juga: 10+ Situs Download Subtitle Terbaik dan Terlengkap

Rekomendasi Website atau Aplikasi Selain Google Translate

website penerjemah selain Google Translate

DeepL

Rekomendasi pertama yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi adalah DeepL. Aplikasi ini bisa di install pada perangkat seperti Windows, MacOS dan juga iOS. Bagi Anda pemilik smartphone Android Anda belum bisa menikmati aplikasi terjemahan dari DeepL.

Aplikasi ini menyediakan versi yang gratis maupun pro, di mana untuk versi pro-nya itu sendiri hadir dengan fitur yang lengkap serta pilihan bahasa yang lebih banyak. Nah namun perlu diingat juga bahwa aplikasi yang satu ini belum bisa menyediakan bahasa Indonesia untuk diterjemahkan.

TripLingo Translator

Aplikasi selanjutnya dirancang khusus bagi Anda yang sedang menjadi wisatawan asing. Pasalnya pada aplikasi ini terdapat frasa-frasa penting yang biasa digunakan sehari-hari ataupun digunakan bagi para wisatawan. Aplikasi ini juga bisa menerjemahkan catatan suara karena mendukung terjemahan dengan format teks maupun audio yang tersedia dalam 42 bahasa.

Translate Dict

Website penerjemah selain Google Translate selanjutnya juga memiliki tampilan yang hampir mirip dengan Google Translate. Pada website ini Anda bisa mencoba fitur yang tersedia seperti voice translator ataupun text to speech. Anda bisa mengaksesnya di translatedict.com.

Memsource

Bagi Anda yang ingin mendapatkan keamanan ataupun dokumen yang Anda terjemahkan juga aman dan lancar tidak hilang maka Anda bisa mencoba Memsource yang memiliki sistem cloud untuk aplikasinya. Memsource juga menyediakan beberapa fitur penerjemah yang sangat intuitif untuk para pengguna.

U Dictionary

Website penerjemah selain Google Translate selanjutnya adalah U Dictionary, aplikasi ini adalah buatan dari Talent Education Inc yang memiliki dua versi yaitu gratis dan berbayar. Tidak hanya versi yang berbeda saja yang disediakan namun aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur unggulan diantaranya magic translation, conversation translation dan juga grammar check yang semuanya bebas dari gangguan iklan.

Itulah beberapa pilihan website penerjemah selain Google Translate yang bisa menjadi rekomendasi Anda sebagai alternatif. Nah namun bagi Anda yang masih setia dengan Google Translate tidak ingin ribet mencari aplikasi ataupun website lainnya, di bawah ini merupakan beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Google Translate apa saja itu, simak informasi di bawah ini.

Fitur Unggulan yang Dimiliki Google Translate

website penerjemah selain Google Translate

Typing to Translate

Fitur pertama yang bisa Anda nikmati yaitu typing to translate. Fitur unggulan ini umumnya sering digunakan para pengguna untuk menerjemahkan sebuah kata atau kalimat dengan mengetiknya. Fitur canggih ini sudah ada sejak Google Translate dikembangkan, jadi ketika Anda mengetik sebuah kata dan mengatur bahasa apa yang Anda maksud untuk diterjemahkan maka Google Translate akan otomatis menerjemahkan sesuai dengan kata yang Anda ketikan.

Nah namun perlu diperhatikan juga bahwa pastikan ketikan huruf ataupun kata yang Anda ketik sudah benar dan sesuai dengan ketersediaan bahasa yang ada di Google Translate. Nah namun Anda juga tidak perlu khawatir karena biasanya jika Anda salah menuliskan sebuah kata, Google Translate juga akan langsung otomatis mengoreksi kata yang Anda maksud dengan benar.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bahasa yang ada karena Google Translate sudah mengembangkan bahasa mulai dari 103 kini menjadi 133 bahasa terdaftar yang bisa Anda terjemahkan.

Speak to Translate

Fitur canggih selanjutnya yang ada pada Google Translate adalah speak to translate. Fitur yang satu ini sangat cocok bagi Anda para kaum mageran yang malas untuk mengetikkan suatu kata atau kalimat. Hal tersebut karena fitur speak to translate ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan kata atau kalimat dengan menggunakan suara saja.

Caranya juga sangat mudah, hal yang Anda lakukan hanya mengklik sebuah ikon mikrofon yang ada di bagian pojok bawah kemudian setelah itu Anda bisa mengucapkan kata yang dimaksud untuk diterjemahkan.

Berbagai kemudahan memang bisa didapatkan dengan menggunakan speak to translate ini karena Anda tidak perlu repot mengetikkan sebuah kata atau kalimat yang panjang,
Nah namun untuk fitur ini terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya Anda harus selalu memastikan bahwa suara Anda yang terdeteksi jelas sehingga Google Translate bisa membacanya dan menerjemahkan kata yang Anda maksud.

Camera Translation

Kemudahan lainnya yang dimiliki Google Translate adalah Anda bisa mencoba menggunakan fitur unggulan camera translation. Fitur ini bisa dikatakan lebih mudah bila dibandingkan dengan speak to translate pasalnya Anda hanya akan mengandalkan kamera saja.

Caranya Anda cukup mengarahkan kamera pada objek yang ingin Anda terjemahkan kemudian sistem akan otomatis menerjemahkan kata tersebut sesuai dengan bahasa yang sudah Anda pilih.

Write to Translate atau Handwriting

Hampir sama dengan typing to translate, fitur yang satu ini memungkinkan Anda untuk menuliskan kata langsung pada smartphone Anda. Jadi write to translate ini termasuk fitur spesial karena bisa menerjemahkan lewat tulisan tangan Anda loh. Kecanggihan yang dimiliki inilah yang bisa mendeteksi tulisan tangan setiap pengguna.

Jika Anda tertarik menggunakannya caranya Anda bisa memilih menu handwriting yang ada pada Google Translate kemudian Anda juga bisa memilih simbol bolpoin yang akan Anda gunakan untuk menulis. Setelah itu Anda bisa langsung mengusap layar smartphone menggunakan jari ataupun menggunakan pensil touchscreen hp Anda untuk menuliskan huruf ataupun kata yang dimaksud.

Tap to Translate

Fitur selanjutnya memungkinkan Anda menggunakan layanan Google Translate namun Anda tidak perlu membuka aplikasi tersebut. Tap to translate adalah sebuah fitur atau layanan dari Google Translate yang bisa digunakan untuk pengguna WhatsApp dan aplikasi pesan instan lainnya. Cara menggunakannya, sebelumnya Anda harus mengaktifkan mode tap terlebih dahulu di menu setting yang ada pada Google Translate.

Setelah diaktifkan artinya nanti smartphone Anda akan terhubung otomatis dengan Google Translate. Kemudian Anda bisa menyalin pesan yang akan diterjemahkan lalu Anda bisa mengklik ikon dari Google Translate tersebut dan pesan yang Anda salin otomatis akan diterjemahkan.

Transcribe

Apakah Anda pernah melihat percakapan antara dua orang asing yang menggunakan bahasa yang berbeda? Percakapan tersebut ternyata bisa dibantu dengan menggunakan transcribe loh. Transcribe merupakan sebuah fitur yang dimiliki Google Translate yang bisa digunakan untuk menerjemahkan percakapan langsung bahkan dengan durasi yang cukup panjang.

Tidak hanya itu saja, hasil terjemahannya juga dapat langsung ditampilkan pada layar Anda loh. Perlu Anda ketahui, bahasa yang tersedia pada fitur satu ini antara lain bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Thailand, India, Rusia, Spanyol dan Portugis.

Offline translate

Google Translate mungkin memang populer dengan penggunaan secara online. Nah namun apakah Anda tahu ternyata alat terjemahan yang satu ini bisa Anda gunakan secara offline juga loh.
Itulah beberapa informasi tentang Google Translate maupun website penerjemah selain Google Translate. Di antara website penerjemah tersebut manakah yang paling sering Anda gunakan?

FAQs

Apakah PDF bisa diterjemahkan?

Bisa. Untuk menerjemahkan PDF yang berbahasa asing ke bahasa Indonesia bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google Translate.

Apakah Google Translate sesuai dengan grammar?

Menurut update terbaru Google, saat ini layanan Google Translate telah terintegrasi dengan situs Grammarly, sehingga bisa melakukan pengecekan otomatis pada terjemahan yang dihasilkan.