Sedang ingin menggunakan WC? namun ternyata ada masalah karena mampet? Aduh! memang menyebalkan. Namun jangan khawatir karena Anda masih bisa memperbaiki WC mampet pakai soda api.

Cara tersebut bisa Anda lakukan hanya dalam waktu 20 menit saja, lho!. Soda api yang mempunyai nama lain sodium hidroksida atau natrium hidroksida (NaOH) adalah bahan kimia yang ampuh digunakan untuk memperbaiki WC yang mampet.

Menurut Herifianto dari CV. Mitra Sabena pun bahan tersebut dapat bereaksi dengan air lalu membentuk gelembung yang bisa membantu proses penghancuran dengan cara organik.

Tekstur dari soda api sendiri padat dan mudah larut ke dalam air. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika bahan kimia tersebut mengendap di dalam.

Mengatasi WC Mampet Pakai Soda Api

Tidak perlu berlama-lama lagi, mari bahas bagaimana cara atau langkah-langkah mengatasi kloset yang mampet menggunakan soda api. 

1. Ukur Seberapa Besar Penyumbatannya

Langkah paling awal yang bisa Anda lakukan mengukur seberapa parah sumbatan yang terjadi pada kloset.

Tidak perlu rumus atau hitungan khusus, Anda hanya perlu mengukurnya dengan melihat seberapa parah penyumbatannya.

2. Pakai Alat Keselamatan

Meskipun terbilang sepele karena hanya membetulkan sebuah WC, Anda tetap harus menggunakan alat keselamatan seperti sarung tangan berbahan karet, masker mulut, dan juga pelindung mata.

Kenapa 3 alat tersebut penting? Soda api sendiri memiliki sifat yang sangat korosi yang artinya bisa membuat benda hancur lebur hanya dengan seketika.

Nah, jangan sampai bahan kimia tersebut mengenai kulit Anda karena bisa menyebabkan luka bakar. Pada saat pengerjaannya pun Anda perlu membuka pintu kamar mandi dan juga jendela untuk mengeluarkan debu-debu soda api secara cepat.

3. Tuangkan Soda Api

Jika tadi Anda sudah mengukur seberapa parah penyumbatannya, sekarang mulailah menggunakan soda api ke dalam kloset.

Jangan terburu-buru menuangkannya terlalu banyak. Anda bisa memulainya dengan tuangkan sedikit-sedikit atau bisa juga sekitar setengah cangkir.

Untuk menuangkan soda api ke dalam WC sendiri Anda bisa menggunakan penyendok dengan bahan plastik.

4. Biarkan Selama 10 Menit

Setelah itu, biarkan soda api selama 10 menit. Bahan kimia tersebut nantinya akan bereaksi dengan cepat.

Anda bisa mendengar suara saat soda api mulai bekerja. Suara tersebut seperti desis, panas, dan juga muncul gelembung-gelembung.

Namun perlu diperhatikan! Jangan tambahkan air pada saat soda api tengah bereaksi. Air di dalam saluran sudah cukup untuk memancing soda api untuk bereaksi. Jadi tidak membutuhkan tambahan air untuk bisa memperbaiki WC yang mampet dengan soda api.

5. Siram dengan Air

Jika tadi untuk memancing soda api supaya bekerja Anda tidak memerlukan air, sekarang setelah membiarkannya 10 menit, Anda perlu membilasnya dengan air. Namun, jangan gunakan air panas karena bisa merusak pipa PVC yang berguna untuk saluran pembuangan karena suhu yang terlalu tinggi. 

Setelah disiram, coba Anda tes kloset tersebut apakah fungsinya sudah kembali normal. Jika masih belum membuahkan hasil, Anda bisa menambahkan soda api lagi sekitar dengan ukuran setengah tutup botolnya. 

Cara ini memang terbilang mudah untuk sebagian orang. Namun jika Anda tidak mau repot dan ingin hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan jasa sedot wc Jakarta Utara yang bisa membantu mengatasi masalah kloset Anda. Jadi Anda sendiri pun tidak perlu khawatir dengan bahan kimia soda api yang bisa mengenai tangan. 

Seperti itulah cara mengatasi WC mampet pakai soda api. Hati-hati saat pengerjaannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Camera Windows 10 ini Wajib Dicoba di Laptop!