Berita teknologi telekomunikasi hari ini di khususkan untuk hal yang perlu diketahui dari pengguna Iphone baru. Pengguna iphone saat ini sudah banyak dan hampir menyamai jumlah pengguna android. Ponsel dengan sistem operasi iOS ini banyak digemari karena berbagai kelebihannya, salah satunya adalah awet dan memiliki sistem operasi yang bisa diandalkan.

Bagi pengguna iphone baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja hal yang perlu diketahui dari pengguna iphone baru?

8 Hal yang Perlu Diketahui dari Pengguna Iphone Baru

Turunkan Tingkat Pencahayaan

Yang perlu diketahui dari pengguna iphone baru adalah menurunkan tingkat pencahayaan layar ponsel. Alasannya adalah bisa menurunkan konsumsi baterai hingga 50 persen. Dengan menurunkan tingkat pencahayaan ponsel, maka bisa membuat baterai ponsel menjadi lebih awet.

Caranya pun cukup mudah, pengguna bisa melakukannya dengan menggeser layar ke atas hingga muncul pengaturan. Lalu atur tingkat pencahayaan hingga setengahnya.

Matikan Push Email di iPhone

source: www.tapsmart.com

Email saat ini menjadi salah satu hal penting pula, khususnya dalam urusan pekerjaan. Seringkali notifikasi email muncul di pemberitahuan. Namun, bagaimana jika notifikasi email ini bukan hal penting dan ingin dinon-aktifkan.

Tentu saja cara ini sangat direkomendasikan, pasalnya dengan mengaktifkan push email bisa membuat baterai ponsel menjadi boros. 

Cara untuk mematikan push email ini dengan Settings > Mail, Contacts, Calendars lalu pilih Fetch New Data. Untuk mematikannya scroll ke bawah hingga bagian Fetch lalu pilih Manually. Hal ini menjadi sesuatu yang perlu diketahui oleh pengguna iphone lho!

Baca juga: iPhone 11 vs iPhone 12, Serupa tapi Tak Sama

Nyalakan Do Not Disturb

Hal yang perlu diketahui dari pengguna iphone baru adalah Do Not Disturb. Ini salah satu fitur yang cukup berguna di dalam iPhone, yaitu do not disturb. Mode  ini sangat bermanfaat untuk menghemat baterai tetapi ponsel dalam keadaan aktif. Hal ini menjadi fitur yang harus diketahui oleh pengguna iphone, khususnya pengguna baru.

Biasanya mode ini bisa dinyalakan ketika malam hari sebelum tidur karena tidak banyak aktivitas dengan ponsel pada saat itu.

Gunakan Indikator Angka pada Baterai

Yang harus diketahui dari pengguna iphone adalah mengubah indikator angka pada baterai agar mengetahui daya bateranya. Caranya adalah buka Settings > Battery, lalu nyalakan Battery Percentage. Setelah menyalakannya, akan ada indikator angka sisa daya baterai di layar pons

Sesuaikan Ukuran Huruf di iPhone

Mengatur ukuran huruf di ponsel tentunya bermanfaat untuk membuat lebih nyaman ketika membaca atau menggunakan ponsel. Caranya cukup mudah, pengguna bisa membuka Settings > Displays & Brightness > Text Size. 

Lalu drag slider yang ada untuk mengatur ukuran huruf sesuai keinginan. Pengaturan ini akan berpengaruh ke aplikasi yang mendukung Dynamic Type saja. Kita dapat menyesuaikan kenyamanan kita saat membaca dengan membuka Settings > General > Accessibillity dan akrifkan opsi Bold Text.

Hal Penting untuk Aktifkan Auto-Lock

Fitur ini menjadi salah satu hal penting yang harus diketahui oleh pengguna iPhone. Pasalnya, fitur ini bisa digunakan untuk menjaga keamanan data dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mengaktifkannya, kita buka Settings > General > Auto-Lock dan atur ke 30 detik atau lainnya. Cukup mudah sekali bukan?

Fitur Sidik Jari untuk Touch ID

Touch ID ini kini sudah ada di dalam hampir semua jenis iphone terbaru. Fitur ini yang memungkinkan untuk menggunakan sensor sidik jari untuk membuka lock screen dengan mudah dan cepat. Agar lebih fleksibel untuk membuka lock screen, disarankan untuk menambah sidik jari dari tangan karena iOS mendukung sampai 5 jari. 

Caranya mudah sekali lho, pengguna bisa mengaktifkannya dengan membuka Settings > Touch ID & Passcode lalu masukkan passcode yang sudah diset. Sekarang pilih Add a Fingerprint dan ikuti petunjuk dan langkah-angkahnya. Ulangi semua proses jika ingin menambahkan sidik jari tambahan.

Mengatur Layar Today

Ketika pengguna akan menggeser layar dari atas ke bawah, nantinya dapat melihat iOS Notification Center. Fitur Today ini digunakan untuk akses cepat ke aplikasi tertentu untuk mendapatkan informasi. Berikut cara mengaktifkannya

Di Notification Center, pilih Today lalu scroll ke bawah dan pilih Edit. Aplikasi yang berada di atas merupakan aplikasi yang telah terpilih untuk Today. Sedangkan yang dibawah merupakan aplikasi yang siap untuk ditambahkan dengan mengetuk ikon berwarna hijau di setiap aplikasi yang dipilih. 

Untuk menghapus aplikasi yang terpilih di Today tinggal mengetuk ikon berwarna merah saja. Hal tersebut cukup penting untuk diketahui oleh pengguna iPhone yang ingin mendapatkan fitur mudah dalam mengakses beberapa aplikasi.

Baca juga: Digital Marketing, Fungsi, Contoh dan Cara Melakukannya

Fitur yang Harus Diketahui dari iOS 13

Pengisian Baterai yang Benar

Mengisi baterai iPhone hingga penuh dan tidak mencabut kabel pengisian daya setelahnya dapat merusak baterai. Fitur baru di iOS 13 memperpanjang usia baterai dengan mempelajari kebiasaan pengguna saat mengisi daya.

Hal ini menjadi salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh pengguna iphone, khususnya iphone dengan iOS 13. Jika pengguna biasanya mengisi data semalam saat tidur, fitur pengisian baterai yang dioptimalkan akan menjaga baterai iphone pada 80 persen hampir sepanjang malam dan mengisi 20 persen sisanya tepat sebelum alarm pertama mati.

Caranya pun cukup mudah, pengguna bisa mengaktifkannya dengan membuka Pengaturan > Baterai > pilih Battery Health dan aktifkan.

Fitur Scan dokumen di Aplikasi File

Salah satu hal yang perlu diketahui dari pengguna iphone iOS 13 adalah fitur scan. Pembaruan pada aplikasi File sekarang memungkinkan pengguna memindai (scan) dokumen dan menyimpannya langsung ke perangkat atau penyimpanan cloud.

Caranya adalah dengan buka aplikasi File > pilih tab Browse > ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas > Scan Documents. Arahkan perangkat di atas dokumen yang ingin dipindai dan iPhone akan secara otomatis memindai halaman. 

Pengguna dapat memindai banyak halaman menjadi satu file PDF dan menyimpannya ke iCloud atau mengimpornya ke aplikasi lain.

Membagikan Foto dengan atau Tanpa Informasi Lokasi

Pengguna iphone dengan iOS 13 sekarang bisa menghapus lokasi dari foto ketika membagikannya langsung dari aplikasi Foto. Fitur baru memungkinkan pengguna masih dapat melihat lokasi pengambilan foto (geotag) tetapi ketika pengguna membagikannya ke media sosial, email, atau jejaring pesan, pengguna dapat menghapus informasi tersebut.

Hal ini menjadi salah satu hal baru dari fitur jenis terdahulunya. Sangat membantu untuk menghilangkan informasi lokasi foto bukan?

Menggunakan Power Delivery Charger

Salah satu hal yang perlu diketahui oleh pengguna iphone adalah fitur fast charging. Fitur ini ada di seri iPhone 8 hingga terbaru. Support Fast Charging ini bisa dilakukan dengan USB Power Delivery 18W. Tetapi di box pembelian, charger bawaannya ya cuman charger standar yang 5W saja. 

Jadi aksesoris charger Power Delivery Charger akan membuat proses mengisi daya baterai menjadi lebih cepat. Ada banyak sekali merek yang bisa dipilih, salah satunya adalah UGREEN Power Delivery Charger 18W. 

Charger ini sudah support Power Delivery 3.0, dan dengan menggunakan charger ini dapat membuat proses pengisian menjadi lebih cepat sampai 70%. Sangat menghemat waktu sekali bukan?

Demikian tadi beberapa hal yang perlu diketahui dari pengguna iphone baru. Semoga bermanfaat!