Ketika bermain game, salah satu hal yang krusial adalah spesifikasi PC yang tidak mumpuni dan penggunaan data yang tidak terkontrol. Karenanya game ringan PC offline menjadi pilihan untuk tetap bisa bermain game dengan PC berspesifikasi menengah ke bawah dan tanpa koneksi internet sekalipun. 

Rekomendasi Game Ringan PC Offline untuk PC Spek Rendah

Berikut deretan game pc offline yang cocok untuk anda mainkan di PC spek rendah. 

1. Dead Space

Sumber gambar: venturebeat.com

Banyak yang memuji sekuel pertama game besutan Visceral Games ini karena ketegangan yang dirasakan sepanjang memainkannya. Mengusung mode survival, gamer akan menemui banyak monster alien dengan tingkat kesulitan tersendiri dalam setiap stage-nya. 

Dalam permainan ini akan ditemukan berbagai senjata yang dapat di-upgrade untuk melawan musuh yang dihadapi. Game ini memberikan sensasi permainan brutal dan menegangkan.

2. Outlast

Sumber gambar: youtube.com/Windah-Basudara

Nuansa gore-nya terlihat ekstrim dengan beragam jumpscare tidak terduga, memberikan sensasi horor dalam setiap permainannya. Outlast tidak memberi kesempatan pemainnya untuk melakukan perlawanan. Hal ini membuat was-was yang memainkannya.

Mekanisme yang digunakan dalam game besutan Red Barrels ini adalah permainan hide and seek yang dibantu handycam sebagai alat penyerangan. Game ini merupakan paket lengkap ketegangan melawan musuh di setiap stage, atmosfer yang dark dan gore yang menyeramkan.

3. Resident Evil 3

Sumber gambar: ladgeek.com

Beraneka zombie menegangkan dan menjengkelkan dalam setiap game-nya menuntut perlawanan dengan penuh perhitungan. Resource yang dapat ditemukan dalam permainan ini terhitung minim ditambah dengan tempat penyimpanannya yang terbatas menjadi tantangan tersendiri membuat sensasi survival sangat terasa. Sampai saat ini game ringan PC offline ini masih dapat dimainkan.

4. Cuphead

Sumber gambar: selular.id

Meski game ini kerap membuat frustasi tetapi para gamer betah memainkannya meskipun sudah mati berulang kali. Cuphead memberikan sensasi unik dengan visual seperti kartun pada era 1930-an. Terlihat fantastis dan berbeda. 

Cuphead menggunakan mekanisme permainan shooter yang difokuskan. Tersedia berbagai item pendukung dapat digunakan untuk membantu mengalahkan setiap bos yang ada. Sistem checkpoint terasa begitu menantang dalam setiap permainan yang ditawarkan.

5. Portal 2

Sumber gambar: yasir252.com

Sekuel pertamanya populer sebagai game terbaik dan terunik pada tahun 2007. Berbagai hukum fisika yang diterapkan dalam game tersebut dikemas secara cerdas oleh pengembangnya. 

Dalam seri keduanya ini, para gamer akan dibawa ke dalam permainan dengan tema futuristik yang memukau dengan beragam mekanisme puzzle yang menitikberatkan pada hukum fisika. Senjata dalam game ini berguna menciptakan portal untuk melewati rintangan yang ada. Hal ini menawarkan cita rasa klasik yang dikemas modern. 

6. The Binding of Isaac Rebirth

Sumber gambar: Steam

Game ringan PC offline ini tidak hanya menyajikan monster yang menjijikan tetapi juga senjata yang menjijikan tetapi memiliki keunikan tersendiri. Meski demikian game ini dibawakan dengan cara unik dan tidak biasa, pemainnya akan menjumpai berbagai hal absurd.

Pemain game ini akan diajak berpetualang untuk menghadapi beraneka musuh dengan tingkat kesulitan yang berbeda dalam setiap stage-nya. Beragam senjata acak yang dapat ditemukan membuat permainan ini sulit diprediksi.

7. Undertale

Sumber gambar: Tech in Asia Indonesia

Cita rasa klasik dan aneh terasa dalam game RPG ini. Narasi dialog konyol tetapi menghibur dengan visualisasi retro tahun 80-an, game ini berbeda jika dibandingkan dengan game RPG pada umumnya. Monster dalam game ini tidak terlihat jahat justru yang terkesan jahat adalah manusia itu sendiri. 

Mekanisme permainan ini adalah pertarungan tetapi gamer dapat mengalahkan musuh hanya dengan bercakap-cakap tanpa harus bertarung. Lebih konyol lagi, musuhnya dapat dijadikan teman bahkan diajak kencan. Puzzle dalam game ini meski terlihat sederhana ternyata menyusahkan.

Di antara deretan game ringan PC offline diatas, mana yang pernah dicoba atau malahan sudah diselesaikan? Bermain game memang menjadi hiburan yang menantang dan menuntut  kemampuan menyelesaikan misi. 

Baca Juga: 7 Game PC Final Fantasy Terbaik dan Paling Seru Dimainkan