Game PC Final Fantasy besutan Square Enix merupakan salah satu serial game yang sukses. Game RPG ini diciptakan oleh Hironobu Sakaguchi dan dirilis pertama kali tanggal 18 Desember 1987. Sampai saat ini setidaknya telah ada 15 seri yang bisa dimainkan. 

Dalam antologi game ini, pemainnya akan disuguhkan fitur-fitur dunia fantasi nan imajinatif berpadu sentuhan teknologi ajaib tanpa menghilangkan unsur modern maupun klasik. Seringkali kisah romansa antar tokoh menjadi kisah utama. Sebab itulah game ini melahirkan tokoh-tokoh ikonik dalam setiap serinya.

Rekomendasi Seri Game PC Final Fantasy Terbaik

Berikut adalah tujuh seri Final Fantasy terbaik berdasarkan hasil voting NHK:

1. Final Fantasy X

Sumber gambar: IGN SEA

Game ini dirilis 19 Juli 2001 dengan tokoh utama bernama Tidus. Karakter lain dalam seri ini adalah Yuna, Rikku, Lulu, Wakka dan Aaron. Para tokoh melakukan petualangan yang menegangkan. Seperti game lainnya, seri ini menuntut pemainnya untuk dapat menyelesaikan beberapa misi misalnya misi penyelamatan dan misi membunuh monster. 

2. Game Final Fantasy VII

Sumber gambar: gamerwk.com

Game PC Final Fantasy VII banyak dianggap sebagai yang terbaik. Bahkan, game ini dirilis tanggal 31 Januari 1997 dan di-remake pada 10 April 2020. Pada seri ini karakter utamanya bernama Cloud Strife. Ketika berpetualang, tokoh ini ditemani oleh karakter lain yaitu Tifa,Barret, Aerith, Yuffie, Cait.

3. Final Fantasy VI

Sumber gambar: rockpapershotgun.com

Tanggal 2 April 1994 menjadi debut Final Fantasy VI. Tokoh utama pada seri ini seorang perempuan bernama Terra Branford. Karakter lainnya Locke Cole, Sabin Rene Figaro, Celes Chere, Edgar Roni Figaro dan Gogo membantu Terra untuk melawan Kefka Palazzo. 

Awal rilis game ini dibuat untuk konsol SNES, berjalannya waktu game ini dapat dimainkan menggunakan PC, Playstation, Android juga iOS.

4. Final Fantasy IX

Sumber gambar: gimbot.com

Pada seri ini pemain dapat bermain dalam dua mode permainan single player dan multiplayer. Tanggal 7 Juli 2000 menjadi debut Final Fantasy IX. Karakter utama seri ini adalah Zidane Tribal. Alur cerita dimulai dengan Zidane dan Grup Teater Tantalus menculik Putri Garnet. Di luar dugaan, Putri Arnet ternyata ingin kabur dari istana. Jadilah Zidane membantu Putri Garnet kabur.

5. Final Fantasy XIV

Sumber gambar: kaleoz.com

Dengan mengusung gaya bermain MMORPG, game ini membuat pemain dapat merasakan petualangan di dunia virtual secara real time. Pemain juga dapat berinteraksi dengan pemain Final Fantasy XIV lainnya.

Dirilis tanggal 27 Agustus 2013 game ini dibuat untuk Playstation 3, tetapi dalam perkembangannya Final Fantasy XIV dapat dinikmati pada PC, Xbox dan Playstation 4.

6. Final Fantasy V

Sumber gambar: wallpapercave.com

Dengan karakter utama Bartz Klauser, putra pasangan Dragon Krauser dan Stella yang tidak sengaja bertemu dengan Exdeath. Karakter lain yang membantu Bartz adalah Galu Halm Baldesion dan Lenna Charlotte Tycoon serta karakter lainnya. 

6 Desember 1992 pertama kali game ini dirilis untuk perangkat Super Famicom. Tahun 1998 dirilis Final Fantasy V untuk konsol Playstation dan di tahun 2006 giliran pengguna gameboy dapat menikmati game ini. Di tahun 2013 game ini dapat dimainkan pada perangkat Android dan iOs, akhirnya tahun 2015 tersedia versi untuk PC.

7. Final Fantasy VIII

Sumber gambar: hybrid.co.id

Pada saat dirilis tanggal 11 Februari 1999, game ini ditujukan untuk Playstation generasi pertama, versi PC dirilis tanggal 25 Januari 2000. Game Final Fantasy VIII memiliki enam karakter yang dapat dimainkan yaitu Squall Leonhart, Quistis Trepe, Rinoa Heartilly, Zell Dincht, Irvine Kinneas dan Selphie Tilmitt.  Selain itu masih ada beberapa karakter lain sebagai pendukung, yaitu Kiros Seagill, Seperti Laguna Loire serta Ward Zabac.

Deretan game PC Final Fantasy diatas diperoleh berdasarkan hasil voting lembang penyiaran NHK. Bagi pemain Final Fantasy tentu memiliki favorit dan terbaik versinya masing-masing. 

Meskipun sebetulnya sulit menentukan mana yang terbaik, karena setiap game memberikan pengalaman yang berbeda dan semua menyenangkan.

Baca Juga: 7 Game Perang Gratis Untuk HP Terbaik