Bermain game memang sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Namun, semakin pesatnya perkembangan game , membuat ukuran dan spesifikasinya menjadi tinggi sehingga membutuhkan komputer dengan RAM yang tinggi untuk menggunakannya. Namun, tidak perlu berkecil hati karena masih ada game PC tanpa VGA yang untuk PC berkapasitas rendah.

Nah, bagi pengguna PC dengan spesifikasi kentang bisa mencoba 6 rekomendasi game dengan ukuran terkecil dan dijamin tidak akan membuat PC lemot. Agar lebih jelas, yuk simak ketujuh game berskala kecil berikut ini.

1. Disco Elysium

Sumber gambar: nintendo.com

Rekomendasi game PC tanpa VGA pertama dengan ukuran kecil yang patut dicoba adalah Disco Elysium. Dengan tema RPG yang diusungnya, membuat Disco Elysium berbeda dari game pada umumnya.

Pemain bisa merasakan dunia bebas sehingga bisa mengeksplor semua karakter yang ada di dalamnya. Mulai dari menjadi detektif hingga pemeran antagonis bisa dilakukan dengan game ini. Namun, kelemahan pada game besutan Robert Kurvitz ini yaitu masih menggunakan teks monolog yang membuatnya kurang seru.

2. Terraria

Sumber gambar: Malavida

 Kata siapa game 3D selalu lebih menarik dari 2D? Padahal ada beberapa game 2D yang tidak kalah menarik untuk dimainkan, salah satunya adalah Terraria. Game yang bertema open world sandbox ini memberikan pengalaman berbeda pada para pemain, yakni akan muncul tempat secara acak untuk dijelajahi oleh setiap pemainnya.

Selain keseruan itu, Terraria ternyata juga sangat ramah untuk PC berkapasitas rendah. Hanya dibutuhkan ruang sekitar 200 MB saja untuk menginstall game PC tanpa VGA ini. Ukuran yang sangat ringan, bukan?

3. Untitled Goose Game

Sumber gambar: goosed.ie

Berbeda dengan kedua game di atas, Untitled Goose Game justru akan mengajak pemain untuk menjahili orang-orang yang ada di dalamnya. Game ini tentu sangat cocok untuk orang yang gemar berbuat usil. Misi utama game ini adalah mengagetkan orang-orang yang membawa barang-barang hingga barang bawaan tersebut jatuh.

Kemudian, pemain yang bertindak sebagai angsa akan mengambil barang yang jatuh dan lari untuk menghindari amukan orang tersebut. Meskipun misi yang diberikan cukup absurd namun game ini cukup lucu untuk menghilangkan penat.

4. Stardew Valley

Sumber gambar: sea.ign.com

Pernah bermain Harvest Moon? Jika ya, maka permainan ini tidak akan sulit untuk dimainkan. Hal itu karena Stardew Valley merupakan game yang memiliki tema hampir sama dengan Harvest Moon dengan gaya yang lebih kompleks.

Asyiknya lagi, Stardew Valley adalah salah satu game PC tanpa VGA yang sangat ramah untuk PC yang memiliki spesifikasi minim. Hanya pakai PC dengan RAM 2 GB dan VGA 256 MB saja, maka sudah bisa menikmati game seru ini sepuasnya.

5. Minecraft

Sumber gambar: ayosemarang.com

Rekomendasi game PC ringan selanjutnya adalah Minecraft. Setiap gamers pasti tahu dengan game legendaris satu ini. Bahkan popularitas Minecraft masih bertahan hingga saat ini. Selain ketenarannya, game ini juga terbukti mampu bekerja sama soal ukuran. Minecraft sangat ramah dengan PC spesifikasi lama, bahkan hanya perlu RAM 8GB saja untuk memainkannya.

6. Among Us

Sumber gambar: ultimagz.com

Among Us sempat berada di puncak popularitasnya pada tahun lalu. Meskipun tampilannya sangat sederhana, namun yang menjadi daya tarik game ini adalah bisa dimainkan secara multiplayer. Keseruan lain pada Among Us terletak pada cara mainnya, di mana para pemain akan menyelesaikan misi.

Di sisi lain, ada satu pemain bertindak sebagai impostor yang akan menggagalkan misi dan membunuh pemain lain. Nah, puncak keseruannya adalah ketika para pemain voting dan saling menuduh pemain lainnya sebagai impostor.

Itu tadi keenam rekomendasi game PC tanpa VGA yang sangat populer dan telah dimainkan oleh jutaan pengguna. Segera coba salah satu dari game di atas dan rasakan keseruannya tanpa membuat PC menjadi tumbang.

Baca Juga: 5 Jenis Game Offline Penghilang Gabut Paling Seru