Bermain game di smartphone adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan individu apabila sedang bosan. Terdapat banyak sekali jenis game, dari yang mudah hingga yang sulit.

Salah satu game yang asyik dan menantang adalah game yang mengasah otak. Game mengasah otak tidak hanya cocok dimainkan anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Berikut rekomendasi game mengasah otak kanan dan kiri yang cocok untuk anak hingga dewasa.

Rekomendasi 5 Game Mengasah Otak Kanan dan Kiri

1. Math Duel

Sesuai namanya, game ini merupakan permainan matematika yang dapat mengasah otak kiri. Pada permainan ini, individu akan berada dalam duel matematika dan harus menyelesaikan persoalan terlebih dahulu.

Sistem permainan seperti ini tentunya membuat individu semakin tertantang karena harus berpacu dengan waktu.

Bagi anak-anak, permainan ini dapat membantu untuk memperlancar kemampuan matematika. Akan tetapi, game ini tetap menarik untuk orang dewasa karena harus berusaha menyelesaikan permasalahan secepat mungkin.

Permainan ini tentunya cocok untuk individu yang menginginkan game yang tidak terlalu mudah.

2. Brain Out – Can you Pass it?

Rekomendasi kedua game mengasah otak kanan dan kiri adalah Brain Out – Can You Pass It. Permainan  ini memiliki  beberapa mini game yang menantang dan mengasah otak.

Jika ingin memenangkan game ini, diperlukan kemampuan berpikir kreatif yang tinggi dan out of the box.

Semakin tinggi level yang dicapai, semakin sulit permasalahan yang harus dipecahkan. Seperti contoh individu akan diminta untuk melihat pola dari gambar yang disediakan.

Permainan ini cocok untuk individu yang memiliki kemampuan berpikir yang kreatif.

Baca juga: Game Online Perang Strategi

3. 2048

Permainan yang satu ini adalah game yang sudah populer sejak lama. Tujuan dari game ini sangatlah sederhana, yaitu untuk menambah dan mencapai kelipatan angka tertentu. Selain itu, game ini pun memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak membuat penuh memori HP.

Permainan 2048 sangat cocok untuk dimainkan  anak-anak maupun orang dewasa. Game ini mudah dimengerti, sehingga anak-anak tidak akan perlu waktu lama untuk mempelajarinya.

Selain itu, orang dewasa juga akan merasa tertantang untuk terus menambah angka sesuai kelipatan.

4. Skillz – Permainan Otak

Game yang satu ini juga terdiri dari berbagai mini game yang semakin lama semakin sulit. Berbagai game di dalamnya bertujuan untuk melatih refleks, memori, dan akurasi individu.

Salah satu contoh game yang disediakan adalah permainan memori, seperti mengingat deretan angka yang ditampilkan.

Salah satu fitur yang sangat unik dari game ini adalah fitur multiplayer. Hadirnya fitur ini memungkinkan individu untuk bermain dengan teman.

Individu dapat mengundang 2 sampai maksimal 4 orang teman untuk bermain. Hal ini tentunya akan membuat permainan semakin menarik dan menantang.

5. Brainzzz

Game lainnya yang dapat mengasah otak adalah Brainzzz, yang juga terdiri dari beberapa mini game. Permainan ini memiliki ulasan yang bagus dan juga sudah didownload banyak pengguna. Aplikasi permainan ini juga memiliki warna dan tampilan yang menarik.

Salah satu game yang terdapat pada aplikasi ini adalah one stroke. Pada game ini, individu diminta untuk menggambar suatu bentuk dengan satu tarikan. Tentunya game ini sangat menarik karena membuat individu harus berpikir kreatif.

Orangtua juga bisa mengajak anaknya untuk bermain sambil belajar bersama menggunakan game ini.

Demikianlah rekomendasi game mengasah otak kanan dan kiri yang dapat dimainkan anak dan orang dewasa. Berbagai game ini tidak hanya cocok untuk mengisi waktu luang tetapi juga untuk mengasah keterampilan. Selamat bermain dan mengisi waktu luang.