Sebelum smartphone seterkenal hari ini, dulu para gamers menyalurkan hobi bermain game melalui laptop. Game laptop jaman dulu sebagian besar memiliki kualitas grafis yang biasa saja, namun berhasil membuat masa kecil berkesan sampai hari ini. 

Rekomendasi Game Laptop Jaman Dulu yang Masih Seru Dimainkan

Di bawah ini, terdapat 5 game laptop jadul yang masih recommended untuk dimainkan di era ini:

1. Feeding Frenzy

Sumber gambar: youtube.com/ToughGamingGuy

Game yang rilis awal tahun 2011 ini merupakan sebuah game video akuatik bergaya arcade yang dikembangkan oleh Sprout Games (sekarang PopCap Games). Dalam game Feeding Frenzy ini, pemain akan bermain sebagai seekor ikan kecil dan memangsa ikan-ikan lain untuk bisa tumbuh besar.

Sistem yang diterapkan dalam game ini lebih kurang seperti game cacing yang sempat menduduki popularitas beberapa bulan belakangan. Pemain dapat memilih jenis ikan yang akan digunakan sebagai lakon dalam permainan dan masing-masing jenis ikan memiliki ability sendiri.

2. Diner Dash

Sumber gambar: themarysue.com

Pecinta game masak-masakan dan kuliner pasti tahu game jadul yang satu ini, Diner Dash. Dulu, game memasak yang sekaligus game mengelola restoran ini adalah game yang sangat digemari karena seru dan memiliki ukuran yang sangat ringan untuk sebuah PC.

Dalam Diner Dash, pemain akan bermain sebagai Flo yang memiliki tugas mengurus sebuah restoran. Flo mengurus segala keperluan yang ada di restoran, seperti menawarkan pesanan, mengantarkan pesanan, dan menjadi kasir di restoran tersebut. Dalam permainan ini, Flo dituntut untuk menjadi orang yang teliti dan telaten dalam melayani pelanggan.

3. The Sims

Sumber gambar: Gamebrott

Game laptop jaman dulu selanjutnya merupakan game bertajuk The Sims, video yang memungkinkan para pemainnya untuk merasakan nikmatnya aktivitas dalam kehidupan sosial. Game yang dikembangkan oleh Maxis ini, berhasil membuat para pemainnya betah berlama-lama di depan komputer untuk menjalankan simulasi kehidupan.

Ketika bermain dalam game ini, pemain akan diberi kesempatan untuk mengontrol aktivitas seseorang yang bernama Sims. Pemain juga memiliki kemungkinan untuk memelihara hewan peliharaan seperti kucing dan anjing serta memberi makan kedua hewan tersebut.

4. Mad Caps

Sumber gambar: myabandonware.com

Game jaman dulu berikutnya merupakan game besutan game house yang berhasil menyita waktu para gamers ketika sedang booming di eranya. Mad games adalah game bertajuk puzzle yang mengharuskan pemainnya menata tutup botol dengan jenis dan warna yang sama.

Pemain juga ditugaskan untuk membuka sebuah teka-teki kata misterius yang mana setiap huruf dalam kata tersebut dapat ditemukan pada tutup botol. Para pemain pasti akan merasa diburu waktu karena akan dituntut untuk memecahkan teka-teki dalam waktu yang sangat singkat.

5. Zuma Deluxe

Sumber gambar: filehorse.com

Semua penggemar game PC pasti tahu dengan game legendaris yang trend di era 2000-an, bahkan sampai saat ini. Apa lagi kalau bukan Zuma Deluxe, sebuah game yang mengharuskan para pemainnya mencocokkan warna bola yang keluar dari mulut seekor katak.

Bola warna-warni dalam game ini akan terus berjalan sampai bola dan waktu yang disediakan habis. Game ini memang terlihat sangat sederhana, namun kesederhanaan yang ditawarkan justeru malah berhasil menyita waktu para pemainnya. Zuma Deluxe akan membuat para gamers penasaran dengan level-level permainan yang akan dihadapi selanjutnya.

Itulah 5 game laptop jaman dulu yang pernah menemani hari-hari gamers era 2000-an dan masih rekomen dimainkan di sampai saat ini. Beberapa game lama di atas telah meningkatkan kualitas grafis dan fitur yang ada di dalamnya, jadi para pemain tidak perlu khawatir akan kualitas grafisnya.

Baca Juga: 5 Game PC Hitman Terbaik yang Wajib Kamu Coba