Mencari game catur terbaik yang dapat anda mainkan di ponsel atau PC? Artikel kali ini akan memberikan rekomendasi terbaik untuk anda.

Catur merupakan salah satu permainan yang menuntut para pemainnya untuk menggunakan kecerdasan dan keterampilan dalam memainkannya. Di jaman yang serba maju dan canggih ini, mungkin papan catur sudah jarang ditemui. Kenapa sebab, para pemain catur bisa memainkannya melalui ponsel/ PC. 

Rekomendasi Game Catur Terbaik 

Sumber gambar: Chess.com

Berikut 6 rekomendasi game catur terbaik menurut versi kami setelah melakukan riset di beberapa situs game.

1. Catur Master

Dalam permainan catur master, pemain dapat berpartisipasi pada turnamen-turnamen yang diselenggarakan untuk mendapatkan hadiah yang bisa digunakan untuk membeli papan catur baru. Tidak hanya itu, hadiah yang didapatkan juga bisa digunakan untuk membeli bidak catur dan menyediakan berbagai tingkat kesulitan yang sangat menantang.

Catur master menyediakan mode permainan multiplayer yang untuk memainkannya bisa dengan cara online maupun offline. Jadi sangat cocok untuk yang ingin bermain catur bersama lawan. Namun, jika pemain tidak memiliki lawan, pemain Catur Master dapat bermain melawan komputer.

2. Offline Chess – Hardest Chess

Game catur yang kedua ini merupakan game offline yang dirancang dan dikembangkan oleh Hihuc.com. Untuk dapat memainkannya, pemain tidak perlu daftar atau log in, melainkan pemain bisa langsung memainkannya dan memilih level yang tersedia (level 1-10).

Berbeda dari game catur sebelumnya yang bisa dimainkan dengan teman, namun karena offline, Hardest Chess hanya bisa dimainkan perseorangan dengan cara melawan robot. Ukuran game ini cukup ringan, yaitu 20 MB, tetapi tampilan yang disediakan sangat bagus dan tidak membosankan.

3. Chess Royale

Chess Royale merupakan salah satu game catur terbaik yang sudah banyak diunduh oleh lebih dari lima juta pemain dan bisa dimainkan dengan mode online atau offline. Para pemainnya bisa mengatur papan catur yang akan digunakan untuk bermain. Fitur tersebut bisa dibeli dengan cara menukar poin yang didapatkan dari tantangan di dalam game.

Game ini juga menyediakan mode multiplayer, di mana agar bisa bermain bersama lawan pengguna game ini harus mengaktifkan mode online. Namun apabila pemain hanya ingin bermain dengan robot dalam Chess Royale, cukup dengan mengaktifkan mode offline.

4. Chess Master 3D

Chess Master 3D merupakan game catur offline besutan Free PDA yang memiliki kapasitas memori penyimpanan sebesar 21 MB. Walaupun terkesan kecil fitur yang ditawarkan dalam game ini cukup menarik, grafisnya juga memiliki kualitas yang oke dan menggunakan efek 3D. Pemain dalam game ini bisa mengatur posisinya sendiri.

5. Real Chess 3D Free

Game catur berukuran sebesar 40 MB ini dirancang dan dikembangkan oleh Eivaa Games dan bisa dimainkan secara offline, serta dibekali dengan grafis 3D. Dalam Real Chess 3D Free, pemain bisa mengubah suasana ketika permainan sedang berlangsung.

Pemain juga bisa memilih level permainan, yakni mulai dari level paling mudah sampai level paling susah (ada 4 level ). Selain offline, pemain dalam game ini juga bisa memainkannya dengan cara online dan memainkannya bersama lawan yang bukan robot dari permainan.

6. Chess Free

Game catur yang keenam ini adalah salah satu game catur yang lebih dulu muncul dan paling lama jika dibanding dengan game catur lain. Game besutan Al Factory ini sudah didownload dan dimainkan oleh lebih dari 50 juta pecinta game catur. Chess free menjadi sangat populer di kalangan para pecinta game karena sistemnya yang sangat simpel, sehingga sangat mudah dimainkan untuk pemula.

Demikianlah ulasan terkait game catur terbaik yang bisa dimainkan melalui ponsel atau PC baik dengan cara offline maupun online. Game ini banyak tersedia untuk ponsel Android maupun iOS dan dapat didownload melalui Play Store ataupun App store.

Baca Juga: 6 Game Online Warnet yang Masih Hits Hingga Saat Ini