Cara mengatasi HP lag saat main game Mobile Legend merupakan informasi yang penting bagi para pecinta game Android ini. Pastinya sangat menjengkelkan ketika muncul kendala lagging ketika sedang asyik bermain game. Berdasarkan pengalaman para pemainnya, cara mengatasi lag semacam ini tidak terlalu sulit.

Namun, perlu diketahui dulu penyebab lag tersebut. Penyebab yang sudah umum diketahui adalah ketidakstabilan pada jaringan internet. Berikut diberikan cara mengatasi masalah ini, sehingga nantinya game Mobile Legend tetap dapat dimainkan tanpa khawatir akan terjadi lag.

1. Pastikan untuk Selalu Meng-Update Mobile Legend

Cara mengatasi HP lag saat main game Mobile Legend yang pertama adalah dengan rajin melakukan update aplikasi Mobile Legend. Alasannya karena game ini rutin pula melakukan update.

Jika tanpa sengaja terlambat melakukan pembaharuan, sangat besar kemungkinan Mobile Legend akan lagging berulang kali. Tunggu Resource selesai mengunduh jika update selesai dilakukan. Kemungkinan lagging pun tetap bisa muncul kalau game langsung dipergunakan sebelum Resource selesai diunduh.

2. Unduh Aplikasi Game Booster

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Game Booster. Aplikasi ini digunakan terutama jika masih terkendala dengan pengaktifan mode performa. Jika ingin mencoba, unduhlah aplikasi Game Booster milik Cheetah Mobile Play yang bernama CM GameBooster.

Aplikasi CM Gamebooster menjadi aplikasinya dapat membantu performa ponsel untuk tetap bermain tanpa lagging. Berat aplikasi ini hanya sekitar 1.4MB. Keuntungan lain dari menggunakan aplikasi ini adalah meningkatnya kinerja RAM hingga tiga puluh persen.

3. Gunakan Jaringan Internet 4G atau WiFi

Cara mengatasi HP lag saat main game Mobile Legend yang satu ini cocok diterapkan ketika koneksi internet kurang memadai. Oleh karena itu, sebelum bermain pastikan terlebih dahulu bahwa koneksi internet cukup kencang.

Untuk memperkuat koneksi internet, gunakan jaringan 4G atau WiFi. Hal ini perlu diperhatikan karena Mobile Legend memang memerlukan jaringan internet yang stabil untuk memainkannya. Kestabilan jaringan memungkinakan Mobile Legend dapat dimainkan dengan tenang tanpa lagging.

4. Non-Aktifkan Aplikasi Lain yang Sedang Aktif

Agar permainan Mobile Legend berlangsung lancar, pastikan aplikasi lain sedang tidak diaktifkan. Dengan kata lain, aplikasi yang sedang aktif hanya Mobile Legend. Jika aplikasi lain aktif, kemungkinan besar HP tidak akan sanggup memproses semua aplikasi yang aktif.

Imbas dari ketidak kuatan menampung semua aplikasi adalah terjadi lag pada Mobile Legend yang sedang dimainkan. Aplikasi media sosial pun sebenarnya cukup memberatkan kinerja ponsel. Jadi, sebelum bermain, disarankan untuk menghentikan dahulu aplikasi lainnya.

5. Tidak Bermain ketika Sedang Charging

Cara mengatasi HP lag saat main game Mobile Legend yang juga perlu diketahui adalah dengan memastikan bahwa daya baterai pada ponsel memadai. Sangat tidak disarankan bermain sambil melakukan pengisian baterai atau charging. Ketika melakukan charging akan muncul hawa panas.

Hawa panas tersebut dapat membuat ponsel lagging dan cepat rusak. Selain itu, pastikan juga bahwa kabel dan perangkat charging lainnya original. Perangkat palsu bisa membuat ponsel lekas rusak dan lag ketika dipakai bermain game Mobile Legend.

6. Turunkan Kualitas Grafis Mobile Legend

Lagging Mobile Legend juga bisa diatasi jika kualitas grafis pada Mobile Legend diturunkan. Khususnya ketika yang digunakan adalah ponsel biasa dengan koneksi internet yang tidak terlalu kencang. Kualitas grafis bisa dipilih Mid atau Low.

Klik opsi “Basic Info” dilanjutkan “Option”. Lalu, berikan checklist pada pilihan Mid atau pilihan Low. Ketika jaringan internet stabil, bisa dipilih grafis High. Jadi, pastikan performa ponsel dan jaringan yang digunakan.

7. Aktifkan Performance Mode pada Ponsel

Cara mengatasi HP lag saat main game Mobile Legend bisa diatasi dengan mencoba mengaktifkan Performance Mode. Pengaktifan Performance Mode bisa membuat kinerja ponsel lebih kencang. Ponsel biasanya menggunakan Normal Mode untuk performanya.

Mode untuk mengendalikan performa terdapat di bagian “Setting”. Jika berhasil masuk masuk ke “Setting”, cari saja “Power Management”, dilanjutkan dengan melakukan klik “Power Saver”. Selanjutnya, pilih mode performa. Setelah selesai, kinerja ponsel menjadi lebih kencang dari sebelumnya.

8. Restart Game

Jika masalah lag terus terjadi, gunakan cara yang dianggap ampuh ini. Cara yang dimaksud adalah dengan melakukan restart pada ponsel. Restart dilakukan guna meringankan kinerja ponsel. Ketika dipergunakan untuk bermain game, ponsel pasti bekerja sangat keras.

Setelah itu, tunggu beberapa menit jika ingin bermain kembali. Pada intinya, jangan paksakan ponsel bekerja terlalu lama. Sama seperti manusia, ponsel pun bisa lelah dan mengakibatkan lagging pada kinerjanya. Biarkan mesin-mesin dan program-programnya beristirahat sesaat.

Dari berbagai cara mengatasi HP lag saat main game Mobile Legend yang diinformasikan diatas, disimpulkan bahwa cara mengatasinya sangat mudah. Jadi, tidak perlu panik atau khawatir ketika terjadi kendala pada saat main Mobile Legend. Asalkan teliti dan mengetahui penyebabnya, penyelesaian masalah pun akan mudah dilakukan.