Whatsapp atau WA merupakan aplikasi percakapan populer dan banyak diminati karena memiliki berbagai fitur namun tetap mudah digunakan. WA juga bisa dioperasikan melalui laptop atau PC Windows 7 untuk memudahkan penggunaan. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Aplikasi WA PC Windows 7 yang mudah dilakukan:

Langkah-Langkah Menggunakan Aplikasi WA PC Windows 7

1. Unduh Paket Instalasi Aplikasi WA PC

Langkah pertama tentu saja pengguna harus mengunduh paket instalan aplikasi WA PC. Untuk aplikasi WA PC Windows 7, pengguna sudah bisa menggunakan versi terbaru dari paket instalan aplikasi yang disediakan. Artinya, pengguna bisa menikmati fitur lengkap dari WA PC.

Paket instalan aplikasi resmi bisa didapatkan di www.whatsapp.com. Pada halaman utama, pengguna langsung disuguhkan beberapa opsi yang salah satunya adalah WA PC. Hanya perlu memilih opsi tersebut dan menekan tombol unduh, maka paket instalan aplikasi WA PC akan langsung terunduh.

Jika PC yang digunakan ternyata tidak support atau pengguna menginginkan versi terdahulu dari aplikasi WA PC, pengguna bisa melakukan pengunduhan dari website penyedia paket instalan aplikasi. Namun pengguna harus berhati-hati dengan paket instalan yang tidak resmi karena bisa jadi membawa virus.

Baca juga: Aplikasi Untuk Membuat Stiker WhatsApp

2. Install Aplikasi WA PC

Setelah mendapatkan paket instalan WA PC, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi paket instalan aplikasi. Paket instalan yang sudah diunduh dapat ditemukan di My PC pada folder download. Atau jika pengguna mengatur tempat penyimpanan custom, pengguna bisa mencarinya disana.

Proses instalasi aplikasi ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Pengguna cukup membuka paket instalan aplikasi, klik kanan dan pilih opsi install. Proses instalasi akan segera dimulai setelah pengguna menyetujui beberapa hal yang diminta.

Pada proses ini, pengguna disajikan syarat dan kebijakan aplikasi WA PC. Pastikan untuk membaca syarat dan kebijakan yang diberikan dengan seksama. Jika sudah membaca dan memahami semua kebijakan yang diberikan, pengguna bisa menyatakan persetujuannya.

3. Login Dengan Akun yang Sudah Ada

Setelah aplikasi terpasang, pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi WA PC. Biasanya aplikasi yang sudah diinstal akan langsung muncul sebagai pintasan di desktop. Jika pintasan tidak ditemukan, pengguna bisa mencari pada Local Disk (C:) dalam folder program files. Buatlah pintasan untuk mempermudah akses.

Setelah aplikasi dipastikan terpasang, pengguna bisa membuka aplikasi. Setelahnya pengguna bisa melakukan login dengan akun yang sudah dimiliki. Jika pengguna belum memiliki akun, pengguna bisa membuatnya dulu melalui ponsel.

Saat melakukan proses login, pastikan PC yang digunakan terhubung ke internet. Tidak hanya itu, ponsel pengguna yang biasa digunakan untuk WA yang sudah terdaftar juga harus terhubung ke Internet. Pastikan juga ponsel ada di sekitar PC sehingga Whatsapp bisa digunakan untuk login pada PC.

4. Lakukan Beberapa Pengaturan Pada Aplikasi WA PC

Langkah yang terakhir adalah lakukan pengaturan tambahan ada aplikasi WA PC. Setelah melakukan login, pengguna sebenarnya akan langsung bisa menggunakan aplikasi WA PC untuk melakukan chat. Namun ada beberapa pengaturan tambahan yang sebaiknya diatur.

Salah satu pengaturan tambahan yang perlu diatur adalah membuka akses mikrofon dan kamera. Hal ini bertujuan agar pengguna bisa mengirimkan pesan suara dan gambar melalui WA PC. Selain itu pengguna juga perlu membuka akses pada file dalam komputer.

Selain itu, pengguna bisa mengaktifkan izin untuk aplikasi WA PC agar bisa mengirim notifikasi. Setelah izin diaktifkan, Whatsapp akan memunculkan notifikasi untuk setiap pesan yang masuk. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui jika ada pesan yang masuk.

Mudah bukan untuk mengikuti langkah-langkah menggunakan aplikasi WA PC Windows 7 diatas? Dengan beberapa langkah yang mudah diikuti, pengguna bisa menikmati penggunaan WA dengan maksimal. Penggunaan WA PC memudahkan pengguna yang melakukan pekerjaan lewat PC seperti bertukar file dan lain sebagainya.