Kondisi pandemi mengharuskan berbagai kegiatan dapat dilakukan dari rumah. Termasuk kegiatan belajar mengajar. Untuk menunjang kegiatan tersebut, sarana yang paling efektif adalah dengan video. Dalam membuat video pembelajaran tentu dibutuhkan aplikasi untuk merekam layar laptop.  Gunakan salah satu dari tujuh aplikasi untuk merekam layar laptop ini, gratis kok:

Aplikasi untuk Merekam Layar Laptop Gratis

1. OBS Studio

OBS singkatan dari Open Broadcaster Software, merupakan aplikasi perekam layar laptop dan streaming. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan bisa langsung membagikan rekaman layarnya. Aplikasi ini benar-benar gratis tanpa watermark atau batas waktu apapun. Rekaman langsung dapat dibagikan ke Mixer, Twitch, DailyMotion, Youtube dan sebagainya.

OBS Studio memiliki beberapa fitur menarik, seperti efek mask, color correction, crop, green screen, noise reduction dan sebagainya. Merekam layar dengan aplikasi ini dapat memilih area tertentu saja atau seluruh bagian layar. Aplikasi ini juga memiliki tombol pintas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

2. TinyTake

Aplikasi yang satu ini dapat merekam layar laptop dan bisa didapatkan secara gratis. TinyTake juga merupakan aplikasi yang ringan jadi tidak perlu khawatir akan menambah beban laptop saat menginstalnya. Aplikasi ini sangat direkomendasikan, karena selain murah dan ringan, TinyTake juga sangat mudah digunakan.

TinyTake memiliki fitur asik untuk merekam. Fitur tersebut adalah membuat anotasi dengan menambahkan grafik dari penyimpanan lokal laptop. Dilihat dari spesifikasinya, aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang kebutuhan merekamnya masih sederhana.

3. TuneFab Screen Recorder

Aplikasi untuk merekam layar laptop gratis yang selanjutnya adalah TuneFab Screen Recorder. Saking gratisnya aplikasi ini dapat merekam tanpa adanya tambahan watermark. Layar laptop yang direkam akan tersimpan dengan format video seperti MP4 atau WMV.

TuneFab Screen Recorder dapat merekam sampai dengan 60 fps (frame per second). Aplikasi ini juga merekam suara, kursor serta anotasi layar.  TuneFab Screen Recorder memiliki fungsi merekam suara saja, yang dapat digunakan untuk merekam radio, audio dan juga musik.

4. Active Presenter

Berbeda dari aplikasi perekam layar laptop lainnya, aplikasi ini selain mampu merekam juga bisa untuk mengedit video. Jangan khawatir, aplikasi Active Presenter bisa didapatkan secara gratis. Istimewanya lagi, walaupun gratis, layar yang direkam tidak ada watermarknya.

Active Presenter memiliki berbagai fitur. Mulai dari mengubah kecepatan, mengatur volume, memotong, memangkas, hingga menambahkan teks. Tentu saja semua bisa digunakan gratis pada aplikasi ini.

Baca juga: Aplikasi Photo Booth Untuk Laptop Windows 10

5. Free Cam

Free Cam merupakan aplikasi perekam layar yang memiliki fungsi selain merekam layar. Selain berfungsi untuk merekam layar laptop, Free Cam dapat digunakan untuk membuat presentasi E-Learning atau video pembelajaran tertentu. Tentunya aplikasi ini bisa didapat dengan gratis dan tanpa watermark di hasil rekamannya.

FreeCam memiliki fitur yang dapat mengunci rekaman pada aplikasi tertentu. Merekam menggunakan FreeCam bisa memilih bagian layar tertentu saja atau seluruh bagian layar. Aplikasi ini memiliki editor dan audio bawaan yang mampu membantu menghasilkan video yang lebih profesional.

6. CamStudio

CamStudio merupakan aplikasi perekam layar laptop yang sangat sederhana sehingga cocok untuk pemula. Kesederhanaannya menjadikan aplikasi ini ringan. Format yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah AVI yang kemudian dikonversi ke SWF.

Fitur yang dimiliki CamStudio sangat minim, sehingga kurang cocok untuk seorang profesional. Keunggulan aplikasi ini dapat memilih kualitas setelah merekam layar. Bagi pemula yang kebutuhannya adalah file berukuran kecil, aplikasi ini sangat cocok dipilih.

7. PowerPoint

PowerPoint merupakan salah satu aplikasi buatan Microsoft. Aplikasi ini diciptakan khususnya untuk membuat dokumen presentasi. Tapi, belakangan ini banyak pengguna yang memanfaatkan fitur PowerPoint untuk hal lain, seperti desain sampai dengan merekam layar laptop.

Merekam layar laptop di PowerPoint sangat mudah dilakukan, tinggal menuju tab insert dan pilih screen recording. Merekamnya bisa dengan memilih sebagian area atau layar keseluruhan. Fitur screen recording ini sudah bisa digunakan pada Microsoft Office versi 2013 ke atas.

Itulah tujuh aplikasi untuk merekam layar laptop yang bisa didapatkan secara gratis. Silakan pilih satu saja yang paling cocok dengan kebutuhan, agar dapat digunakan secara optimal tanpa membebani kinerja laptop. Semoga semakin produktif.