Pada era digital, data-data penting tidak harus selalu diserahkan secara langsung ke instansi. Hanya melalui web dan formulir online, berbagai urusan administratif terselesaikan tanpa menguras banyak energi dan waktu. Namun, apa jadinya bila foto yang diunggah tidak dapat diproses dengan alasan “telah melampaui batas ukuran”? Tenang saja. Ada banyak aplikasi untuk memperkecil ukuran foto di ponsel. Berikut beberapa rekomendasinya:

Rekomendasi Aplikasi untuk Memperkecil Ukuran Foto

1. Puma Image Compressor & Image Resizer

Ketika menggunakan aplikasi berlogo macan puma ini, secara otomatis ditampilkan latar belakang hitam yang lebih ramah bagi mata. Di aplikasi ini, pengguna dapat mengatur ukuran foto berdasarkan tingkat resolusi, skala besar-kecil atau jumlah KB yang diinginkan.

Sembari menunggu hasil kompresi, pengguna dapat menonton seekor puma imut menekan-nekan bola sebagai layar tunggu. Hasil kompresi akan dibandingkan dengan gambar aslinya agar pengguna dapat memilih mau menyimpan yang mana. Hasil foto yang telah diperkecil ukurannya siap untuk dibagi di media sosial.

2. Compress Image Chitro: KB, MB, Resolution, Quality

Aplikasi ini sederhana dan tidak rumit untuk digunakan. Pengguna dapat secara fleksibel mengatur ukuran dan kualitas hasil kompresi foto yang diinginkan. Hasil kompresi foto dapat diatur berdasarkan persentase kualitas, resolusi, serta ukuran besar-kecil dalam satuan KB dan MB.

Selain mengompres, aplikasi ini juga dapat merotasi dan memotong foto berdasarkan skala-skala tertentu seperti 4:3, 1:1, dan 9:16. Hasil foto yang sudah jadi nantinya dapat dibagi dalam bentuk png. atau zip.

3. Resize Me!

Sesuai namanya, Resize Me! merupakan aplikasi untuk memperkecil ukuran foto yang sangat mudah digunakan. Tersedia berbagai pilihan ukuran untuk hasil kompres foto, mulai dari ukuran QCIF, XGA, hingga UXGA yang super besar. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan watermark pada hasil akhir kompres foto.

Aplikasi ini sebenarnya memiliki versi premium berbayar yang menyediakan beberapa fitur tambahan. Pada versi premium, beberapa foto sekaligus dapat dikompres secara bersamaan. Walau begitu, di versi gratis pun, Resize Me! Sudah cukup efektif dan efisien dalam memperkecil ukuran foto.

Baca juga: Aplikasi Kompress Video PC

4. PicTools

PicTools adalah aplikasi multifungsi yang tidak hanya bisa memperkecil ukuran foto. Berbagai fitur seperti memotong, memperbesar, bahkan mengonversi foto menjadi format PNG, JPG, dan WEBP tersedia sekaligus dalam satu aplikasi.

Sebetulnya tersedia versi premium PicTools yang berbayar. Namun, untuk mengunduh versi premium ini, versi gratis harus diunduh terlebih dahulu. Dengan kata lain, versi gratis dan premium harus sama-sama diunduh agar versi premium dapat dipakai. Meski begitu, dalam versi gratisnya saja, aplikasi ini sudah sangat membantu dalam mengutak-atik foto sesuai kebutuhan.

5. QReduce

Ketika membuka aplikasi ini, langsung disuguhkan isi tampilan galeri beserta ukuran foto di bawah setiap foto. Dengan begini, pengguna terbantu untuk mempertimbangkan apa ukuran foto yang ingin dikompres sudah sesuai dengan yang diminta.

Aplikasi ini tersedia dalam versi lite yang memiliki tampilan lebih sederhana serta hanya dapat mengompres satu foto. Meski begitu, versi lite maupun versi orisinal bisa dibilang sebelas dua belas dari segi fungsinya. Kedua versi ini juga sama-sama mudah digunakan.

Demikianlah lima rekomendasi aplikasi untuk memperkecil ukuran foto yang dapat dicoba. Semoga dengan aplikasi-aplikasi tersebut, foto dapat dikirim sesuai dengan batas ukuran yang diminta. Selain itu, ukuran foto yang lebih kecil juga dapat melegakan ruang penyimpanan perangkat, dengan begitu dapat menampung lebih banyak file untuk nantinya.