Aplikasi kompress video PC sering kali dibutuhkan. Karena ukuran video yang besar terkadang menjadi sebuah kendala pengguna suatu perangkat, misalnya saja pengguna pc. Video dengan ukuran yang besar dapat memakan ruang penyimpanan pada pc tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi kompress video pc bagi pengguna pc buat menurunkan ukuran video itu. Dengan begitu, pc mempunyai banyak ruang penyimpanan.

Hal tersebut juga menjadi sebuah kendala bagi content creator youtube. Selain aplikasi edit filter video dan lainnya, kompres video juga diperlukan untuk kebutuhan konten. khususnya apabila ingin mengunggah video dari perangkat pc. Sebab, ukuran video yang besar membuat proses pengunggahan membutuhkan waktu yang lama. Buat mencegah hal tersebut terjadi, maka content creator perlu membutuhkan aplikasi kompress video pc, berikut beberapa aplikasi yang direkomendasikan:

Rekomendasi Aplikasi Kompress Video PC

1. HandBrake

Urutan pertama ialah handbrake, yang dapat dipakai baik dari Linux, Mac OS sampai Windows. Melalui aplikasi tersebut, kompress dapat dilakukan sampai 80% dari ukuran asli serta kualitas video juga audio yang dihasilkan tetap bagus. Aplikasi ini dilengkapi berbagai pilihan kompress pada output settings sehingga pengguna dapat menentukan hasil kompress sesuai keinginan.

Dalam aplikasi juga dilengkapi encoder serta FPS sehingga pengguna dapat mengatur jenis encoder yakni x264/x265, serta FPS sesuai kebutuhan. Pengguna pula dapat melakukan seleksi terhadap video miliknya berdasarkan chapter maupun title sebab adanya pengaturan compress untuk perangkat yang berbeda. Serta dilengkapi pula CFR maupun VFR buat video yang akan dikompress.

2. Windows Movie Maker

Aplikasi selanjutnya yakni windows movie maker. Aplikasi Windows movie maker ialah aplikasi yang dikembangkan Microsoft buat kompress video bagi pengguna windows. Ukuran aplikasinya tergolong kecil sehingga membuat ruang penyimpanan pada perangkat relatif tidak terganggu.

Selain itu, tampilan visual aplikasi tersebut simple sehingga memudahkan penggunanya, serta fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi cukup lengkap. Maka dari itu, bagi content creator pemula aplikasi ini sangatlah cocok buat dicoba. Pada aplikasi ini, pengguna disediakan rekomendasi pengaturan buat kompress video supaya kualitas video miliknya tetap bagus.

Baca juga: Aplikasi Photo Booth Untuk Laptop Windows 10

3. Format Factory

Aplikasi lainnya berikutnya ialah format factory. Dalam aplikasi tersebut dilengkapi pengaturan pengkompresan spesifik diantaranya yakni resolusi, FPS, serta ukuran layar. Melalui aplikasi tersebut pula, pengguna dapat mengubah format suatu file menjadi video, image, maupun audio. Bahkan, pengguna pula dapat melakukan backup terhadap video itu.

Tidak lain tujuan backup tersebut supaya pengguna tercegah dari hal yang mungkin akan terjadi seperti video yang hilang. Di samping itu, pengguna juga dapat mengirimkan hasil video ke mobile miliknya melalui pilihan mobile yang telah tersedia pada aplikasi tersebut. Serta, pengguna pula dapat mengirimkan video itu ke platform miliknya, contohnya whatsapp.

4. Wondershare Uniconverter

Wondershare uniconverter ialah aplikasi yang tidak hanya dapat melakukan kompres terhadap video tetapi juga dapat melakukan pengeditan terhadap video tersebut. Pengguna aplikasi dapat melakukan editing seperti penambahan suatu file musik serta audio pada video tersebut. Dengan begitu akan membuat hasil video terlihat sempurna.

Selain itu, wondershare uniconverter dapat pula melakukan perekaman video yang berasal dari kamera IP juga webcam pengguna. Aplikasi ini dilengkapi fitur burning sehingga pengguna dapat pula melakukan burning terhadap CD ataupun DVD melalui aplikasi ini.

5. Advanced Video Compressor

Aplikasi terakhir yakni advanced video compressor. Sama seperti aplikasi sebelumnya, melalui aplikasi ini pengguna dapat melakukan pengaturan terhadap ukuran frame, audio, bitrate serta resolusi. Hasil dari pengaturan tersebut tidak mengurangi kualitas dari video milik pengguna.

Di samping itu pula, pengguna aplikasi dapat melakukan kompress video ke jenis format kompress lain. Sebab, aplikasi tersebut didukung dengan berbagai jenis format kompress lainnya. Diantaranya yakni MP4, FLV, MOV maupun AVI. Dengan begitu, pengguna dapat memilih berbagai jenis format kompres tersebut sesuai kebutuhannya.

Demikianlah informasi tentang aplikasi kompress video pc. Semoga informasi rekomendasi aplikasi di atas membantu content creator khususnya dalam menangani permasalahan terkait ukuran video tersebut.