Sebelum membahas aplikasi untuk melacak nomor HP. Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini tidak sedikit pengguna ponsel yang mendapati nomor telepon tak dikenal masuk atau memanggil begitu saja.

Nomor telepon tak dikenal ini kebanyakan dari pihak yang ingin melakukan penipuan dengan cara mengaku dari lembaga. Kemudian menginformasikan bahwa mendapatkan hadiah, dan lain sebagainya.

Maka dari itu untuk meminimalkan adanya korban penipuan seperti kasus di atas, ini dia beberapa aplikasi untuk melacak nomor hp:

Daftar Aplikasi untuk Melacak Nomor HP

1. Truecaller

Salah satu aplikasi untuk melacak nomor hp adalah Truecaller. Aplikasi Truecaller dapat diakses oleh android maupun iOS. Fitur yang disediakan oleh Truecaller sangat menarik, yaitu terhubung ke dalam database di seluruh dunia.

Dengan begitu maka Truecaller akan dengan mudah dapat melacak nomor yang tidak dikenal. Cara menggunakannya juga cukup mudah, pengguna tidak perlu mengupload nomor telepon, jika ada nomor masuk nama dari nomor telepon akan muncul.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh Truecaller, yaitu dapat memblokir panggilan spam, penipuan dan SMS. Selain itu melalui aplikasi ini akan menunjukkan siapa yang menelepon meski nomor tidak ada di telepon.

Truecaller dapat diakses secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun, aman untuk digunakan, dan sudah dipercaya 270 juta pengguna di dunia.


2. Getcontact

Aplikasi Getcontact dapat diakses oleh android dan iOS. Ketika membuka aplikasi ini pengguna akan menemukan pemberitahuan tentang mengizinkan akses nomor yang ada di ponsel.

Database pada Getcontact bergantung pada seberapa banyak yang menggunakannya. Semakin banyak penggunanya, maka semakin banyak pula database yang ada pada aplikasi Getcontact.

Melalui aplikasi Getcontact pengguna akan dapat dengan mudah mengetahui nomor yang tidak dikenal. Aplikasi ini sudah dipercaya yang dibuktikan dengan 100 juta pengguna. Getcontact juga dapat diakses secara gratis, tetapi terbatas, sehingga jika ingin memperluas pencarian, bisa menggunakan yang premium.

Baca juga: Aplikasi Baca WA Tanpa Diketahui


3. HLR Lookup

HLR Lookup merupakan salah satu aplikasi untuk melacak nomor hp. Melalui aplikasi ini pengguna bisa mengetahui lokasi pengguna telepon lainnya. Aplikasi HLR Lookup menggunakan basis data yang mengakomodasikan jaringan seperti Telkomsel, Indosat, dan XL. Aplikasi ini juga dapat diakses secara gratis.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup dengan memasukkan nomor telepon yang ingin dilacak dari daftar nomor yang ada di telepon. Setelah itu aplikasi akan melakukan pencarian berbentuk map. Melalui aplikasi ini pengguna bisa memperkirakan siapa yang menelepon. Berkat aplikasi ini pula pencuri ponsel juga dapat dengan mudah ditemukan.


4. Mobile Number Tracker Pro

Salah satu aplikasi untuk melacak nomor hp adalah Mobile Number Tracker Pro. Aplikasi ini dapat diakses oleh android dan iOS. Jangkauan Mobile Number Tracker Pro sudah mendunia.

Mulai dari Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan Asia. Aplikasi ini juga dapat diakses secara gratis. Tampilan dalam aplikasi ini sangat sederhana, bahkan jika pengguna ingin merubah warna huruf juga bisa.

Melalui aplikasi ini pengguna dapat dengan mudah melacak nomor hp seseorang. Akses dalam aplikasi ini dapat memberikan informasi detail nomor telepon yang dilacak dengan sangat cepat. Pengguna dapat melihat telepon dari siapa, lokasi penelepon, dan operator yang digunakan oleh penelepon.


5. Whoscall

Whoscall merupakan aplikasi untuk melacak nomor hp. Aplikasi Whoscall dapat diakses baik android, maupun iPhone. Aplikasi ini juga dapat melacak nomor dari seluruh dunia. Namun sejak peluncuran di Taiwan, jangkauan aplikasi ini menjadi terbatas, yaitu hanya di Jepang, Korea Selatan, Thailand, Brazil, dan Hongkong.

Itulah lima aplikasi untuk melacak nomor hp yang bisa digunakan untuk para pengguna ponsel. Hal ini supaya dapat terhindar dari pihak-pihak yang menyalahgunakan media.

Mulai dari telemarketing, akun spam, penipuan, dan lain sebagainya. Semoga dapat membantu dan bisa menggunakan ponsel dengan bijak.