Meski tidak begitu paham, namun rata-rata semua orang mengenal permainan yang mampu mengasah otak, salah satunya yaitu catur. Game Catur memang salah satu game yang populer, bahkan ada ajang perlombaannya.

Sebab itu, permainan catur ini sudah memiliki versi digital yang dapat dimainkan secara online maupun offline. Sebab itu tulisan kali ini mengambil tema tentang aplikasi game catur offline PC. Berikut ini ulasannya yang dapat dijalankan referensi:

Rekomendasi 7 Aplikasi Game Catur Offline PC

1. Pure Chess Grandmaster Edition

Yang pertama mengenai game catur offline pada PC adalah Pure Chess Grandmaster Edition. Jika pengguna sering melalui situs steam saat bermain game maka game catur yang satu ini merupakan permainan catur yang paling populer dalam situs tersebut.

Untuk yang masih awam dengan permainan catur, Pure Chess Grandmaster Edition ini juga menyediakan tutorialnya agar pemain semakin mahir.

Pure Chess Grandmaster Edition ini menyediakan sekitar 9 set bidak catur dari yang memiliki tampilan klasik sampai dengan tampilan yang modern. Para pemainnya pun dapat memilih papan/lokasi untuk bermain. Platform yang disarankan Microsoft Windows.

2. Crafty Chess Interface

Memiliki ukuran yang cukup kecil yakni hanya sebesar 1.34 MB saja. Dapat dimainkan saat offline pada PC dan tentunya aplikasi game ini bisa didapatkan secara gratis.

Pemain akan bermain dengan lawan otomatis yang dijalankan oleh komputer. Ditawarkan oleh Valters & Co dan dikembangkan oleh Dr. Robert M. Hyatt.

3. Chess Ultra

Banyak yang menilai jika Chess Ultra ini menjadi game catur yang sangat bagus dengan tampilan 4 dimensinya. Menjadi salah satu pilihan game mengasah otak, karena di dalamnya terdapat tingkat kesulitan sampai pada tingkat 10.

Pastinya semakin tinggi, tingkat kesulitannya pun pasti akan lebih menantang. Namun chess ultra ini harus terlebih dulu dibeli dengan harga 84.000 jika sedang tidak ada promo.

4. Battle Chess : Game Of King

Game catur Battle Chess : Game of King ini bisa dimainkan juga secara offline di PC. Memiliki beberapa metode yang dapat diterapkan sesuai keinginan diantaranya multiplayer battleground dan lainnya.

Jika Battle Chess : Game of King ini dimainkan saat online maka dapat digunakan bermain dengan melawan seseorang secara online.

5. Haundrix Chess

Untuk bermain catur saat ini memang tidak harus terlebih dahulu membeli papan catur. Sebab sudah banyak juga permainan catur yang dapat diunduh pada PC salah satunya adalah Haundrix Chess ini.

Dapat diunduh pada PC berbasis Windows secara gratis, dengan membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 24.83mb.

6. Fritz 5.32

Game catur offline PC yang kedua adalah Fritz 5.32 ini. Fritz 5.32 ini juga dapat diunduh secara gratis pada PC. Yang disayangkan dari game catur yang satu ini adalah tidak menangani mesin UCL. Ada juga yang memberikan ulasan bahwa game ini tidak bisa berjalan dengan baik pada Windows.

7. PyChess

Yang terakhir adalah game catur dengan nama PyChess. Dikembangkan oleh the PyChess project pada bulan September tahun 2006 silam untuk GNU dan tentunya perangkat lunak ini gratis.

Pychess ini hanya dapat dimainkan pada PC yang memiliki sistem operasi Linux dan sayangnya belum tersedia versi windows.

Itu tadi ulasan untuk beberapa aplikasi game catur offline PC yang bisa dimainkan, dari yang gratis dan ada juga yang harus membelinya terlebih dahulu. Pilih permainan catur yang menurut pengguna cocok, sebab tidak semua permainan bisa sesuai dengan ekspektasi.

Namun sebagus apapun game catur akan lebih menyenangkan jika memainkan catur yang manual, meski pada akhirnya sama-sama bertujuan mengasah otak.