Mengedit video adalah salah satu kegiatan yang sangat digemari pada zaman sekarang. Salah satu hal penting dalam mengedit video adalah aplikasi yang digunakan. Terdapat banyak sekali aplikasi mengedit video terutama untuk laptop berbasis Windows. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Simak artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi aplikasi edit video windows:

6 Aplikasi Edit Video Windows yang Mudah Digunakan

1. Windows Video Editor

Salah satu cara mudah untuk mengedit video di windows adalah menggunakan Windows Video Editor. Aplikasi ini merupakan aplikasi edit video windows bawaan yang tersedia di semua laptop. Tidak diperlukan pembayaran dalam bentuk apapun untuk mulai menggunakan aplikasi ini dalam mengedit video.

Aplikasi Windows Video Editor dapat digunakan untuk mengedit video dengan sederhana. Terdapat beberapa fitur seperti trimming video, menambahkan teks, dan juga efek transisi yang menarik. Video editor ini cocok untuk individu yang baru memulai latihan mengedit video dengan memanfaatkan fitur-fitur dasar.

2. Filmora Video Editor

Aplikasi berikutnya bukanlah aplikasi yang baru. Filmora Video Editor sudah sangat terkenal di antara editor video karena memiliki fitur yang menarik. Video editor ini juga memiliki aplikasi di smartphone dengan nama yang sama. Filmora dapat diunduh secara gratis dan terdapat juga versi berbayar dengan fitur yang sangat lengkap.

Video editor ini memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan seperti efek transisi dan juga color correction atau grading. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengubah warna yang ada pada video sehingga terlihat lebih menarik. Efek transisi yang diberikan juga beragam sehingga bisa disesuaikan dengan tema video.

3. Pinnacle Studio

Dalam mengedit video, bisa juga memanfaatkan aplikasi Pinnacle Studio. Aplikasi mengedit video memang rata-rata berbayar untuk mendapatkan fitur yang maksimal. Tetapi, aplikasi Pinnacle Studio memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan aplikasi lainnya. Fitur yang ditawarkan juga tidak terlalu sederhana dan tidak kalah menarik.

Selain fitur standar seperti cutting atau trimming video, Pinnacle Studio juga bisa dimanfaatkan untuk mengedit suara dari video tersebut. Tidak hanya itu, terdapat juga sound effects yang bisa dimasukkan ke dalam video untuk membuatnya lebih menarik. Meskipun memiliki banyak fitur, Pinnacle Studio juga masih mudah untuk dimengerti oleh orang awam.

Baca juga: Aplikasi untuk Merekam Layar Laptop Gratis

4. Lightworks

Lightworks merupakan salah satu aplikasi mengedit video yang sangat populer. Aplikasi ini memiliki jutaan pengguna dan merupakan salah satu video editor terbaik. Terdapat banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh Lightworks tetapi memang tidak semuanya gratis. Terdapat beberapa versi seperti Lightworks Pro, untuk menikmati semua fitur dengan lengkap.

Salah satu keunggulan Lightworks adalah user interface atau tampilan aplikasi yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Lightworks juga mendukung banyak sekali format video. Aplikasi ini memang lebih cocok digunakan oleh editor profesional yang ingin menghasilkan video dengan kualitas baik.

5. OpenShot

Aplikasi yang satu ini adalah salah satu video editor yang sangat sederhana. Dalam penggunaannya, OpenShot lebih direkomendasikan untuk mengedit video yang pendek dan simpel. Tidak terlalu banyak fitur yang ditawarkan, tetapi aplikasi ini cukup ringan dan semua fiturnya disediakan secara gratis.

Salah satu fitur menarik dari OpenShot adalah background music yang dapat dimanfaatkan oleh editor. Selain itu, tampilannya juga sangat sederhana sehingga mudah digunakan orang awam. OpenShot dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mengedit video tugas sekolah yang hanya membutuhkan fitur sederhana.

Demikian rekomendasi aplikasi edit video windows yang mudah digunakan. Beberapa diantaranya memiliki opsi untuk upgrade ke versi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap. Dalam memilih aplikasi, pastikan sesuai kebutuhan dan spesifikasi dari laptop masing-masing. Hal ini untuk mencegah proses editing yang terlalu berat dan lama.