Aplikasi edit foto untuk menghilangkan objek sangat digemari untuk pengguna sosmed. Karena, saat mengambil foto, terkadang mau tidak mau banyak objek yang merusak pemandangan ikut terpotret juga. Tentu saja objek-objek tidak diinginkan tersebut akan mengganggu atau bahkan merusak keseluruhan citra foto.

Sayangkan, kalau foto menjadi tidak sempurna hanya karena noda kecil di wajah atau di latar belakang? Tenang saja. Ada beberapa aplikasi edit foto untuk menghilangkan objek agar kesalahan tersebut hilang secara mulus tanpa jejak. Berikut beberapa rekomendasinya:

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto untuk Menghilangkan Objek

1. Photo Retouch – Hapus objek foto & hapus watermark

Photo Retouch dapat menghapus objek yang tidak diinginkan di dalam foto dengan hasil mulus. Namun, objek yang telah dihapus juga dapat dikembalikan seperti semula apabila dirasa tidak cocok.

Noda-noda kecil seperti jerawat dan flek hitam dapat dihapus pula dengan alat patch. Selain itu, area permukaan yang ingin digambar dapat dikloning dengan alat brush.

Photo Retouch dapat diunduh di PlayStore bagi pengguna Android.

2. Retouch – Hapus Objek

Dengan nama yang hampir persis dengan aplikasi urutan pertama, Retouch memiliki fungsi yang bisa dibilang sebelas-dua belas dengan Photo Retouch. Namun, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menghapus dan mengganti latar belakang serta mengedit foto secara umum.

Sayangnya, jumlah foto yang dapat diproses secara gratis terbatas. Pengguna malah harus membayar versi premium agar dapat memakai aplikasi ini sepuasnya.

3. Buang Objek yang Tidak Diingini (Remove Unwanted Object)

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan asal Malaysia ini memiliki fungsi sesuai dengan namanya, yaitu membuang objek yang tidak diingini di dalam foto. Aplikasi ini sederhana dan hanya menyediakan dua alat yang bisa dipakai, yaitu brush dan lasso. Meski begitu, dengan ukuran MB yang kecil, aplikasi ini dijamin tidak memakan banyak ruang penyimpanan di dalam ponsel. Selain itu, aplikasi ini sepenuhnya gratis dan praktis.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Auto Fokus

4. PicsArt Photo Editor

Aplikasi yang dirilis pada 4 November 2011 ini memang sudah lama dikenal sebagai aplikasi edit foto multifungsi. Puluhan fitur disediakan oleh aplikasi ini, di antaranya pembuatan kolase, penggantian latar belakang, serta penghapusan objek di dalam foto. PicsArt juga memiliki wadah semacam sosial media, dimana para pengguna dapat melihat tren foto terbaru. Namun, sebanding dengan kumpulan fiturnya yang super lengkap, PicsArt memerlukan ruang penyimpanan yang cukup besar.

5. FitPix – Body & Selfie Photo Editor

Aplikasi ini sangat cocok bagi yang suka berswafoto (selfie) dan mengunggah kegiatan sehari-hari di dunia maya. Selain menghilangkan objek, FitPix juga dapat mengubah warna rambut, melancipkan dagu, bahkan melangsingkan bagian tubuh tertentu. Fitur-fitur ini ampuh dalam meningkatkan citra kecantikan diri agar tampak lebih menawan di postingan nanti. Namun, sayangnya, agar dapat mengakses semua fitur, aplikasi harus di-upgrade secara berbayar ke versi premium.

6. Snapseed

Aplikasi edit foto untuk menghilangkan objek yang satu ini dikembangkan oleh Google sendiri. Menghapus objek hanya salah satu dari 29 fitur pada Snapseed yang dapat dipakai untuk mempermak foto. Pengguna tinggal menghapus area yang tidak diinginkan dengan fitur Healing. Aplikasi dengan ikon daun di logonya ini tergolong sangat lengkap sebagai aplikasi yang sepenuhnya gratis.

Demikianlah enam rekomendasi aplikasi edit foto untuk menghilangkan objek. Dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut, kesalahan sekecil apapun dapat dihilangkan dengan mudah bagaikan sulap sehingga foto tampak mulus tanpa cela. Foto pun akhirnya menjadi lebih ringkas dan sempurna sesuai ekspektasi. Bergaya di sosial media menjadi lancar tanpa perlu mengkhawatirkan munculnya komentar tentang “noda-noda” sepele pada foto unggahan.