Bagi pengguna provider XL, membagikan atau mentransfer kuota internet adalah proses yang biasa. Namun terkadang, pengguna tidak bisa transfer kuota XL dan prosesnya selalu gagal bahkan setelah dicoba berkali-kali. Jika hal ini terjadi, maka ada beberapa alasan yang mendasari permasalahan ini.

Jika ingin permasalahan ini selesai, maka harus paham dulu apa saja penyebabnya dan bagaimana metode penyelesaiannya. Setidaknya ada lima penyebab utama yang harus dipahami pengguna. Penasaran dengan semua daftar dan penjabarannya? Untuk mengetahuinya, simak detail pembahasan berikut:

1. Salah Menggunakan Format

Saat pengguna XL akan mentransfer kuota, maka diperlukan format yang tepat untuk menyelesaikan prosesnya. Untuk melakukan transfer ini, maka format yang akan difungsikan adalah *123*444#. Kombinasi ini tentunya harus dimasukkan dengan benar dan struktural agar hasilnya juga tepat.

Namun terkadang, ada saja pengguna yang salah memasukkan kombinasi format tersebut. Imbasnya adalah proses transfer yang tidak berhasil dan tidak berjalan sesuai dengan harapan. Permasalahan seperti ini sering terjadi karena pengguna kurang teliti dalam melakukan prosesnya.

Oleh sebab itu, solusi yang tepat untuk rincian permasalahan ini adalah dengan memasukkan format dengan benar. Ketelitian akan sangat dibutuhkan dalam proses yang satu ini. Cek secara berkala format yang dimasukkan dan lanjutkan proses transfer kuotanya sampai berhasil.

2. Nomor Tujuan Salah

Penyebab tidak bisa transfer kuota XL kedua adalah karena nomor tujuan yang salah. Sama seperti permasalahan pertama, rincian permasalahan yang satu ini juga tergolong sangat sepele. Meski demikian, banyak pengguna yang melakukan kesalahan yang sama sehingga membuat pengguna kebingungan.

Jadi sebelum beranjak lebih jauh, saat proses transfer gagal langsung saja cek apakah nomor yang dimasukkan benar atau tidak. Jika salah satu poin angka saja, maka prosesnya tidak akan pernah berhasil. Setiap angka harus tepat dan tidak ada kesalahan sama sekali.

Untuk hal ini, aspek ketelitian dari pengguna juga sangat dibutuhkan. Oleh karenanya, pengguna harus memperhatikan detail ini dengan baik dan jangan sampai salah. Karena permasalahannya tidak terlalu besar, maka solusinya juga bisa diselesaikan dengan pengecekan saja dan tidak perlu solusi yang kompleks.

3. Nomor Tujuan Tidak dalam Masa Aktif atau Belum Divalidasi

Permasalahan ketiga yang sering kali terjadi adalah karena nomor yang dijadikan tujuan transfer sudah habis masa aktifnya. Mungkin sebagian pengguna jarang melakukan pengecekan sampai tidak tahu jika masa aktifnya sudah habis. Jika habis, maka kuota tidak akan bisa ditransfer.

Selain karena habis masa aktifnya, permasalahan lain adalah karena nomor tujuan belum diverifikasi. Harusnya, nomor XL yang dijadikan tujuan harus sudah diverifikasi oleh NIK dan nomor KK. Dengan demikian, nomor akan terdaftar secara resmi.

Jika ingin permasalahan ini selesai, maka langsung saja validasi nomor tujuan secara resmi. Sedangkan jika masa aktifnya habis, maka segera lakukan pembelian pulsa. Dengan demikian masa aktifnya akan kembali dan bertambah. Dengan demikian, proses transfer bisa diterapkan.

4. Kuota Tidak Mencukupi

Tidak bisa transfer kuota XL juga disebabkan oleh kuota yang tidak cukup. Saat akan mentransfer kuota, setiap pengguna bisa memasukkan berapa nominal transfer kuota yang akan dilakukan. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk melakukan nominal transfer sesuai keinginan.

Namun jika nyatanya kuota yang dimiliki lebih sedikit dari jumlah yang dimasukkan, maka proses transfer tidak akan bisa dilakukan atau diselesaikan. Hal ini sudah menjadi permasalahn yang juga sering terjadi hingga membuat pengguna bingung meski sebenarnya permasalahan ini sepele.

Untuk menyelesaikan permasalahannya sebenarnya mudah. Pengguna hanya harus melakukan pengecekan jumlah kuota sejak awal sebelum proses transfer dilakukan. Kemudian lakukan transfer dengan nilai di bawah kuota yang sedang dimiliki saat ini.

5. Jumlah Transfer Tidak Sesuai Aturan

Aspek terakhir yang menjadi penyebab tidak bisa menyelesaikan proses transfer adalah karena jumlah transfernya tidak sesuai dengan aturan. Sebenarnya, XL sudah menetapkan berapa kisaran transfer minimal yang bisa dilakukan. Setiap pengguna tentunya harus mematuhi aturan yang satu ini.

Jika proses transfer dilakukan dengan memasukkan jumlah yang lebih besar dari ketentuan, maka prosesnya tidak akan bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan prosesnya sudah melanggar ketentuan dari XL. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyesuaikan jumlahnya dengan aturan.

Apabila belum tahu berapa nilai yang disetujui oleh XL, maka cari tahu di situs resmi XL untuk segala informasinya. Jika sudah tahu berapa nilai minimalnya, maka proses transfer bisa disesuaikan dengan nilai yang sudah ditentukan. Dengan demikian, prosesnya bisa segera dilakukan sampai selesai.

Daftar penjelasan tentang penyebab kenapa tidak bisa transfer kuota XL di atas tentunya bisa langsung dipahami dengan baik. setiap detail penjelasan di atas tentunya akan sangat berguna untuk dipahami. Dengan demikian, semua prosesnya bisa segera diselesaikan.