Selama ini mungkin karakter Spongebob sudah terkenal berkat film kartun yang disukai mulai dari anak-anak hingga yang beranjak dewasa. Namun, sudah tahukah kini ada Spongebob Squarepants: The Cosmic Shake yang merupakan versi game platformer terbaru.

Bagi yang tidak suka permainan yang rumit, mungkin permainan yang menghibur ini akan cocok, meskipun mungkin misinya panjang. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa saja petualangan yang diarungi Spongebob di Cosmic Shake, simak berikut ini:  

Sekilas Tentang Permainan

Secara tema mungkin game ini terkesan seperti permainan untuk anak-anak karena mengangkat tema kartun ikonik. Padahal permainan ini tidak sepenuhnya mudah dan memang ditujukan untuk anak hingga orang dewasa yang awam.

Permainan dengan konsep 3D ini tersedia untuk perangkat komputer, Xbox One, PlayStation 4, maupun Nintendo Switch. Pastikan untuk didukung dengan layar yang bagus agar semakin mendukung tampilan grafis berkualitas yang telah disediakan game ini.

Tidak seperti versi sebelumnya yang bisa berganti sebagai karakter lain, pada versi The Cosmic Shake hanya bisa bermain sebagai Spongebob. Meskipun demikian akan ada beberapa fitur dan keunggulan lain yang ditawarkan dalam permainan ini.

Latar Belakang Petualangan

Petualangan The Cosmic Shake bermula dari pertemuan Spongebob dan Patrick dengan Madam Cassandra, sang putri duyung peramal. Ia memberikan sabun gelembung dengan kekuatan ajaib untuk bisa mengabulkan berbagai harapan yang diajukan oleh pemohon.

Spongebob terlalu bersemangat memanfaatkan alat ajaib tersebut dan tanpa disadari mulai menimbulkan kekacauan di Bikini Bottom. Alhasil, timbul lubang kosmik yang menghisap penduduk ke dimensi lain, sedangkan Patrick tetap menemani dengan wujudnya berubah jadi balon.

Selanjutnya, misi utama yang perlu diselesaikan oleh Spongebob adalah bagaimana cara memperbaiki keadaan Bikini Bottom yang sudah dikacaukan. Serta mencari cara mengembalikan seluruh penduduk yang hilang dan menyelamatkan para sahabatnya yang juga terkena dampak.

Fitur Unik Permainan

Spongebob Squarepants: The Cosmic Shake bukan sekadar permainan hiburan yang berfokus pada visual dan alur permainan saja. Ada beberapa fitur yang membuatnya semakin menarik untuk dimainkan, simak beberapa poin di bawah ini:

  • Gameplay. Pada permainan ini, Spongebob bisa berlari atau melompat bila terdapat rintangan, sesekali juga meluncur. Selain itu, untuk mode pertarungan akan dibekali dengan senjata jaring dan bisa melakukan gerakan perlawanan untuk menyelamatkan diri dari monster.
  • Multidimensi. Akibat dari kekacauan, nantinya akan muncul portal yang bisa menghubungkan ke tujuh macam tempat yang berbeda dimensi. Seperti zaman purba, era koboi, Rock Bottom, hingga di Hollywood yang menjadi tempat favorit Squidward.
  • Collectibles Item. Selain menelusuri berbagai tempat untuk mengikuti arah tujuan, Spongebob juga harus mengumpulkan item tertentu. Mulai dari koin emas atau gelembung berwarna merah muda yang tersebar acak di seluruh dimensi.
  • Kostum. Spongebob dapat menyesuaikan kostum yang dikenakan agar bisa membaur dengan lingkungan dan penduduk di masing-masing dimensi. Beberapa kostum bisa dibeli atau diperoleh dari special quest, ada kostum koboi, petarung, pelaut hingga pakaian di era purba.
  • Subtitle. Bagi pemain yang mungkin memiliki kendala dalam memahami bahasa asing, permainan ini sudah dilengkapi dengan subtitle yang beragam. Bahkan juga tidak ketinggalan menyediakan dubbing berbahasa Indonesia yang membuat permainan ini mudah dipahami semua kalangan. 

Keunggulan Permainan

Di balik berbagai fitur menarik dari Spongebob Squarepants: The Cosmic Shake, ada pula keunggulan lainnya. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang membuat permainan ini layak untuk dicoba bagi yang suka tema petualangan sederhana, di antaranya:

  • Cutscene. Seperti kebanyakan permainan modern yang menyisipkan cutscene untuk membuat pemain semakin mudah dalam memahami misi. Termasuk bagi anak-anak yang mungkin masih memiliki keterbatasan dalam memahami situasi, tetapi paham dengan misi utama dengan bantuan cutscene.
  • Humor. Tetap memberikan kesan percakapan yang lucu dan menghibur, jadi tidak jauh berbeda dari versi film kartunnya. Hal ini bisa membuat pemain tidak mudah bosan untuk menyimak setiap percakapan yang terjadi antar karakter dalam permainan.
  • Kualitas Grafis. Sebagai permainan keluaran baru, tentunya sudah didukung dengan visual yang berkualitas tinggi dan cukup memanjakan mata. Sehingga akan lebih baik bila dipasang pada perangkat PC yang spesifikasi layarnya juga bagus.
  • Bebas Navigasi. Tidak seperti permainan anak lain yang sudah ada jalur tertentu sehingga terkesan monoton, permainan ini bebas navigasi. Memiliki konsep open world yang mendukung pemain bisa melakukan navigasi secara bebas untuk berkeliling area dan melakukan gerakan.
  • Mini-Games. Keunggulan lainnya yang diusung oleh permainan ini adalah adanya mini games di beberapa momen yang tidak kalah menarik. Hal ini dapat memberikan sedikit penyegaran di tengah alur permainan yang cenderung repetitif sehingga tidak akan membuat jenuh.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Spongebob Squarepants: The Cosmic Shake menarik untuk dimainkan berbagai kalangan. Selebihnya, mudah diakses melalui berbagai perangkat game yang memang mendukung pengalaman bermain yang semakin menyenangkan.