Siapa yang tidak mengenal Suku Betawi, sebuah suku yang mendiami Kota Jakarta. Suku tersebut memiliki berbagai kebudayaan, termasuk rumah adat Betawi. Tentunya rumah adat tersebut memiliki sejarah dan filosofi tersendiri.

Masyarakat luas ternyata masih awam dengan beberapa rumah adat yang ada di Betawi. Sebagian besar hanya mengenal satu rumah adat saja. Namun, ternyata di Betawi ada beberapa rumah adat yang hingga kini masih ada yang menggunakan rumah adat tersebut.

Di bawah ini akan dijelaskan dengan lebih mendalam mengenai rumah adat yang ada di Betawi. Jika penasaran maka lihat saja ulasan detailnya di bawah ini:

Sejarah Rumah Adat

Sebelum mengenal berbagai jenis rumah adat Betawi, sepertinya perlu juga untuk mengetahui sejarah dari rumah adat yang ada di Betawi. Karena, masih banyak yang belum mengetahui pasti mengenai sejarah dari rumah-rumah adat tersebut.

Untuk Betawi sendiri merupakan sebuah suku yang tinggal di Kota Jakarta. Sebagian besar warganya tak hanya dari Jakarta saja. Tetapi, juga dari Jawa, Sunda, bahkan ada yang dari luar Jawa. Sehingga, terbentuklah Suku Betawi.

Rumah adat di Betawi sendiri merupakan sebuah hasil dari akulturasi budaya. Menggunakan perpaduan dari budaya lokal dan juga budaya dari luar. Untuk yang lokal terinspirasi dari budaya Jawa serta Sunda.

Sedangkan, untuk yang dari luar terinspirasi dari Eropa, Arab, dan juga China. Sehingga, menghasilkan sebuah rumah adat yang akhirnya menjadi ciri khas dari Betawi. Ciri khas yang paling terlihat, yaitu dari segi jendela dan juga pintunya.

Selain itu, ciri yang sangat kha situ dapat dilihat dari teras rumahnya. Untuk teras rumahnya sebagian besar sangat luas. Biasanya teras tersebut, digunakan untuk menerima tamu atau bisa juga untuk berkumpul dengan keluarga.

Uniknya, untuk kursi yang digunakan masih menggunakan bahan bambu. Nah, untuk lantainya sendiri merupakan dari gejongan. Hal tersebut menunjukkan penghormatan untuk tamu yang datang ke rumah adat tersebut.

Ada juga rumah adat di Betawi yang masih menggunakan sumur. Bahkan, ada juga yang membuat makam di samping rumah. Hal tersebut merupakan sebuah tradisi dari masyarakat Betawi. Namun, untuk sekarang ini sudah jarang yang membuat makam di samping rumah.

Jenis-Jenis Rumah Adat

Untuk rumah adat Betawi sebenarnya tak hanya satu saja, melainkan ada 4 rumah adat yang wajib untuk diketahui. Di bawah ini akan dijabarkan lebih lanjut tentang jenis-jenis rumah adat yang ada di Betawi. Mari, simak penjabarannya di bawah ini:

1. Rumah Panggung

Untuk jenis yang pertama yaitu ada Rumah Panggung, sebuah rumah adat yang memang bentuknya sebuah panggung. Biasanya rumah ini berada di Kawasan pesisir pantai. Sehingga, memang menyesuaikan kondisi lingkungannya yang berupa pesisir.

Bahan baku dari rumah ini sebagian besar menggunakan kayu. Jadi, memang sangat kokoh dan terlihat sangat tradisional. Terdapat juga berbagai ornamen yang menandakan bahwa rumah tersebut merupakan dari Betawi.

2. Rumah Kebaya

Ada juga sebuah rumah adat yang bernama Rumah Kebaya. Dinamai Rumah Kebaya, karena atap yang digunakan mirip dengan sebuah kebaya. Lipatan-lipatan atapnya memang mirip sekali dengan baju adat jenis kebaya.

Biasanya rumah ini mempunyai dua bagian, yaitu yang untuk umum dan untuk pribadi. Sehingga, dua bagian tersebut terpisah dan mempunyai fungsi tersendiri. Tetapi, sayangnya rumah ini tidak begitu populer dibandingkan rumah adat lainnya.

3. Rumah Joglo

Betawi juga mempunyai rumah ada yang bernama Rumah Joglo. Apabila dilihat sekilas maka rumah ini mirip sekali dengan Rumah Kebaya. Namun, jika dilihat dengan lebih teliti lagi maka keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Jika atap Rumah Kebaya mirip dengan kebaya, maka lain halnya dengan Rumah Joglo yang atapnya mirip dengan perahu yang terbalik. Bentuknya juga memanjang dan mirip dengan bujur sangkar. Selain itu, memiliki tiga bagian ruang utama juga.

4. Rumah Gudang

Jenis yang terakhir yaitu ada Rumah Gudang, sebuah rumah adat yang biasanya dibuat di daerah yang masih pedalaman. Sebagian besar masyarakat asli Betawi, masih menggunakan rumah adat ini sebagai tempat tinggalnya.

Bentuk dari rumah ini panjang menyerupai persegi panjang. Untuk atap rumahnya sendiri mirip dengan sebuah pelana. Selain itu, terdapat berbagai ornamen yang menjadi ciri khas dari bangunan ini. Memiliki dua ruangan utama yang mempunyai peran tersendiri.

Itulah informasi mengenai rumah adat Betawi yang wajib untuk diketahui. Meskipun, rumah adat tersebut sekarang sudah jarang yang membuatnya. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui informasi mengenai kebudayaan dari Betawi tersebut.

Tentunya setiap rumah adat memiliki ciri khas yang menandakan dari daerah tertentu. Begitu juga rumah adat yang ada di Betawi ini. Memiliki berbagai bentuk serta ornamen yang menjadi tanda bahwa rumah tersebut berasal dari Betawi.