Pro Evolution Soccer atau yang lebih akrab disebut sebagai PES memanglah game soccer yang banyak diminati. Bahkan, PES dinyatakan sebagai penyedia game soccer terbaik.

Game yang berasal dari industri game konsol ini setidaknya mengembangkan 20 versi game setiap tahun. Ketahui lebih lanjut game Pro Evolution Soccer dari ulasan ini.

Review Game PES

YouTube/Louay Khemiri

Dari berbagai genre dalam game, game soccer ialah salah satu genre yang memiliki jumlah peminat yang selalu bertambah, bahkan ada yang bisa mendapatkan uang dari game ini saat mengikuti tournament.

Ada pertentangan di dunia game soccer yang mengatakan bahwa penyedia game soccer terbaik ialah game Pro Evolution Soccer dan FIFA. Keduanya memiliki jumlah peminat yang banyak dan gameplay yang seru.

Namun, rupanya hasil dari perdebatan tersebut dibuktikan dengan kemenangan PES mengungguli FIFA di versinya PES 2017 dan PES 2021. Pasalnya, kedua versi ini merupakan versi terbaik dari Pro Evolution Soccer menurut para penggemarnya. Visual yang natural digabungkan dengan akselerasi yang tepat membuat pengalaman bermain terasa nyata seperti di pertandingan sungguhan.

Kelebihan PES 2017 dan 2021

Singkatnya, kelebihan kedua versi Pro Evolution Soccer yang diunggul-unggulkan ini terdapat di visual dan pergerakan permainan yang terasa realistis.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa PES memang memprioritaskan update gameplay yang realistis untuk membuat permainan terasa nyata. Berikut ringkasan beberapa poin kelebihan kedua versi PES ini:

  • Visual yang realistis. Aspek visual menjadi salah satu poin utama pemain dalam memilih permainan termasuk dalam genre game soccer. PES 2017 dan 2021 memiliki tampilan visual yang dapat memanjakan mata namun tetap nyaman dan tidak membuat pemain mudah bosan. Grafis yang terkesan lebih hidup ini tidak hanya ditunjukkan pada satu segi permainan saja.
  • Pemain responsif. Pemain dalam Pro Evolution Soccer mampu bergerak secara responsif dengan pergerakan yang sesuai dengan aksinya. Tidak jarang banyak permainan di mana pemain kesulitan untuk mengontrol karakter atau pemain dalam permainan. Tentunya ini akan melelahkan dan membuat frustasi. Permainan demikian tidak akan berlangsung lama dan akan cepat membosankan.
  • Gameplay lambat namun natural. Mengapa gameplay lambat justru dikatakan sebagai kelebihan? Sebab, gameplay lambat yang dimaksud ini ialah akselerasi yang menyamai aksi nyata saat bermain sepak bola. Khususnya, pada versi PES 2021. Versi ini dikatakan memiliki gameplay yang lebih lambat daripada versi-versi sebelumnya. Pengembang ingin menciptakan rasa bermain sama seperti bermain di lapangan sungguhan.

PES Versi PC

Jika pemain ingin memainkan game ini tanpa menggunakan game konsol, KONAMI menghadirkan versi PC dari PES dengan nama eFootball PES 2021. Tentunya, gameplay dan tampilan visual yang akan pemain dapatkan di versi PC ini tidak jauh berbeda dengan versi game konsolnya. Bahkan, versi PC ini memberikan tampilan visual HD.

Tidak hanya sampai di situ saja, seiring dengan berkembangnya industri game, PES  versi PC lebih digemari sebab kini game konsol lebih jarang pemiliknya. Berikut ulasan fitur kelebihan dari game Pro Evolution Soccer versi PC:

  • Pertandingan, stadium, dan lsensi yang lebih banyak. PES 2021 memiliki lisensi klub sepakbola ternama dunia. Di antaranya adalah Arsenal, FC Bayern, FC Barcelona, Juventus, hingga Manchester United. Tak hanya itu, PES 2021 juga terdaftar dengan lisensi eksklusif untuk UEFA Euro 2020.
  • Menggunakan soundtrack terbaru. Soundtrack atau musik pada latar belakang permainan bisa pemain atur dan sesuaikan sendiri. Terlebih lagi, suara komentator tetap aktif mengisi setiap kondisi permainan dengan lebih menarik dan akurat.
  • Tampilan grafis yang lebih hidup. PES 2021 versi PC menghadirkan teknologi sentuhan 3D untuk setiap aksi pemain bola. Ini membuat gameplay semakin menarik sehingga permainan terasa nyata. Pengalaman melakukan dribble ataupun menendang akan terasa seperti sungguhan. Pergerakan setiap pemain pun cukup responsif dan natural.

Informasi Instal PES PC

Untuk mulai memainkannya, beli dan lakukan instalasi sekarang juga di PC pembaca. Jangan lupa periksa spesifikasi minimal PC yang harus digunakan. Cek tabel di bawah ini:

DetaileFootball Pro Evolution Soccer
DeveloperKONAMI Digital Entertainment
OS MinimalWindows 8.1/10 – 64bit
Ukuran40 GB
Spesifikasi MinimalIntel Core i5-3470
RAM Minimal8 GB
Harga Edisi StandarRp 240.000

Untuk mulai memainkannya, pembaca bisa mulai membeli lisensi bermain dan menginstalnya di PC.

Tentunya game Pro Evolution Soccer 2021 versi PC masih memiliki lebih banyak fitur dan kelebihan lain yang membuatnya lebih menarik. Selamat bermain!