WiFi Id dan Indihome merupakan dua produk keluaran dari perusahaan Telkom. Dua produk tersebut memang dikhususkan untuk memberikan sebuah layanan internet. Namun, WiFi ID serta Indihome memiliki beberapa perbedaan. Di sini akan dibahas dengan detail perbedaan WiFi ID dan Indihome.

Meskipun bisa sama-sama digunakan untuk melakukan penjelajahan di internet. Tetapi, keduanya memiliki beberapa perbedaan di berbagai sisi. Dari perbedaan tersebut bisa dijadikan sebuah patokan akan menggunakan layanan internet yang mana. Masing-masing produk tentunya memiliki kelebihan tersendiri.

Di bawah ini akan dijelaskan dengan detail mengenai perbedaan dari dua layanan internet tersebut. Mari, ikuti saja ulasan lengkapnya!

1. Segi Layanan

Untuk perbedaan yang pertama adalah dari segi layanan dari kedua produk tersebut. Pada layanan WiFi ID, layanan atau jenis produk yang ditawarkan hanya sebuah layanan internet saja. Jadi, jika menggunakan WiFi ID hanya bisa menggunakan internet melalui satu perangkat saja.

Sedangkan, untuk layanan Indihome layanan internetnya bisa digunakan pada berbagai perangkat. Baik itu, ponsel, laptop, bahkan televisi pun bisa menggunakannya. Jadi, jangkauan dari Indihome bisa dikatakan lebih luas. Selain itu, bisa digunakan oleh banyak perangkat juga.

2. Segi Biaya

Perbedaan yang kedua adalah dari segi biaya dua produk layanan internet tersebut. Apabila menggunakan WiFi ID maka biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau. Karena, si pengguna cukup mengeluarkan biaya mulai dari 5 ribu saja. Namun, hanya bisa digunakan satu hari saja.

Lalu, jika menggunakan Indihome maka bisa dikatakan biayanya lebih mahal. Biasanya biaya yang dikeluarkan sesuai dengan paket yang diambil oleh pengguna Indihome. Berkisar dari 100 ribu ke atas. Namun, layanan internetnya bisa digunakan sepuasnya selama satu bulan penuh.

3. Segi Pemakaian

Pada perbedaan WiFi ID dan Indihome yang selanjutnya adalah dari segi pemakaian. Biasanya WiFi ID merupakan layanan internet yang bisa digunakan oleh banyak orang. Cangkupan wilayahnya juga lebih luas dan berada di tempat umum. Jadi, semua orang bisa menggunakan layanan internetnya.

Berbeda dengan Indihome yang hanya bisa digunakan secara personal saja. Hanya orang yang mengetahui kata Sandi dari WiFi tersebut saja yang bisa menggunakannya. Cangkupannya juga hanya di sekitar saja dan jaraknya tidak jauh. Jadi, hanya orang tertentu saja yang dapat menggunakannya.

4. Segi Pemasangan

Ada juga perbedaan dari segi pemasangan modem yang biasa digunakan untuk menyalurkan jaringan internetnya. Jika menggunakan WiFi Id maka si pengguna tak perlu melakukan pemasangan perangkat. Karena, sudah mendapat jaringan secara langsung dari perusahaan Telkomnya.

Sedangkan, apabila menggunakan Indihome maka harus melakukan pemasangan modem atau perangkat. Karena, dari modem tersebutlah akan terdapat sebuah jaringan internet. Biasanya menggunakan sebuah router yang akan tersambung dengan sebuah kabel dari Indihome.

5. Segi Pembelian

Perbedaan yang berikutnya yaitu dilihat dari segi pembelian jaringan internetnya. Biasanya jika membeli paket internet WiFi ID, pengguna bisa membelinya dengan menggunakan sebuah pulsa. Dari pulsa tersebut nanti akan didaftarkan ke akun WiFi ID, lalu pengguna akan memperoleh sebuah ID dan juga kata Sandinya.

Apabila menggunakan Indihome maka pengguna bisa berlangganan selama satu bulan. Biasanya pengguna dapat melakukan pembelian paket sesuai. Lalu bisa membayarkannya di akhir bulan. Jadi, tak perlu membelinya setiap hari.

6. Segi Kecepatan

Terdapat juga perbedaan dari segi kecepatan dari kedua layanan internet tersebut. Kecepatan yang diberikan oleh WiFi ID hanya sekitar 10 mbps saja, tetapi hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja. Jadi, tentunya lebih cepat jika hanya digunakan pada satu perangkat saja.

Namun, untuk kecepatan dari Indihome bisa bervariasi. Pengguna bisa memilih kecepatan dari layanan internet yang digunakannya. Namun, biasanya banyak yang memilih kecepatan 20 mbps. Dari kecepatan tersebut bisa digunakan oleh banyak perangkat, jika banyak perangkat yang menggunakannya biasanya kecepatannya akan melambat.

7. Segi Jumlah SSID

Untuk yang selanjutnya yaitu ada perbedaan dari jumlah SSID yang digunakannya. Pada WiFi ID memiliki jumlah SSID yang banyak. Karena, memang bisa digunakan oleh orang banyak di tempat umum. Setiap orang nantinya akan memperoleh ID serta kata Sandi yang berbeda-beda.

Nah, untuk Indihome hanya mempunyai satu SSID saja. Artinya, jika ingin menghubungkan perangkat ke jaringan Indihome bisa menggunakan satu SSID saja. Meskipun bisa digunakan di banyak perangkat, tetapi hanya menggunakan satu kata Sandi saja. Jadi, bisa dikatakan lebih efisien.

Itulah perbedaan WiFi ID dan Indihome dari berbagai sisi. Jadi, sekarang sudah jelas bukan perbedaan dari kedua produk dari Telkom tersebut.

Dari perbedaan tersebut dapat menjadi sebuah penentu akan menggunakan layanan internet yang mana. Kedua layanan tersebut tentunya mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri. Namun, yang pasti sama-sama bisa digunakan untuk menjelajahi internet.