Jawa Barat dikenal sebagai provinsi yang didominasi oleh masyarakat dari suku sunda yang mendiami wilayah tersebut. Jika membahas suku sunda, adat kebudayaan mereka cukup kental terutama urusan pakaian adat. Berikut ada beberapa pakaian adat sunda yang sering ditemukan: 

1. Kebaya Sunda

Baju kebaya mungkin di telinga sebagian orang adalah baju adat yang populer. Kebaya memiliki banyak jenis termasuk kebaya khas sunda yang punya keunikannya tersendiri seperti pada pola warna yang cerah semacam putih, merah, dan ungu muda.

Keunikan lain pada kebaya sunda adalah warna dari kebaya yang mencolok bukan membuat terlihat norak namun memberi kesan anggun tersendiri. Jika diperhatikan lebih detail lagi kebaya adat sunda ini juga mirip dengan kebaya asal suku jawa. 

Untuk membedakan keduanya ada ciri khas yang terlihat berbeda. Ciri khas tersebut terdapat pada bentuk leher dan kerah yang digunakan cukup berbeda.

Kebaya biasanya menggunakan paduan aksesoris yang khas di adat sunda. Umumnya kebaya sunda didampingi dengan sebuah kain jarik yang motifnya cukup khas asal jawa barat. Selain itu digunakan juga beberapa aksesoris tambahan lain semacam gelang, cincin dan lainnya.

2. Baju pangsi

Setelah sebelumnya ada pakaian adat sunda untuk wanita, sekarang ada juga pakaian untuk pria sunda. Para lelaki sunda menggunakan pakaian bernama pangsi sebagai baju adat asal sunda yang paling sering digunakan.

Baju jenis ini cukup dikenal apalagi sering ditemukan pada tokoh sunda seperti kabayan dan cepot. Pakaian ini cukup didominasi oleh warna hitam baik untuk atasan dan di bagian celana.

Atasannya menggunakan kemeja dengan kerah yang tegak dan memiliki nama salontreng. Selain itu celananya menggunakan celana panjang hitam yang tidak terlalu ketat dengan panjang yang sedikit diatas mata kaki.

Keunikan dari baju ini adalah bentuk yang cukup bagus dengan bahan kain yang berkualitas. Untuk dalamannya sendiri pria biasanya menggunakan kaus putih untuk kemeja yang terbuka dengan tambahan sarung yang diikat di bagian pinggang sebagai pilihan yang menarik.

3. Bedahan

Baju bedahan ini umumnya digunakan oleh kaum menengah ke atas seperti pedagang dan saudagar. Keunikan pada baju adat ini terletak pada aksesoris yang digunakan biasanya berupa manik-manik.

Umumnya pengguna baju ini didampingi dengan wanita yang memakai kebaya sebagai atasannya. Untuk bawahannya sendiri yang digunakan adalah batik berupa kain yang coraknya sangat khas dengan jawa barat,

Aksesoris dari pakaian ini biasanya digunakan alas kaki berupa terompah dari kayu dengan ikat pinggang. Aksesoris lainnya juga tak lupa ikat kepala buat laki-laki dan arloji rantai emas yang menggantung di bagian saku.

4. Baju Menak

Selanjutnya untuk pakaian adat sunda adalah baju menak yang jika dilihat sekilas mirip dengan baju asal jawa tengah. Baju ini umumnya digunakan oleh para bangsawan dan orang terpandang, sehingga dulu jarang orang memakainya.

Pakaian ini tampil cukup glamor dan mewah di masanya karena dilengkapi dengan bahan-bahan terbaik. Sebut saja beberapa menak mewah menggunakan benang emas sebagai penambah nilai estetika dengan bahan beludru.

Warna dasarnya yang hitam membuat tampilannya terkesan mewah dan elegan. Dilengkapi bawahan celana panjang hitam yang membuat penggunanya terlihat berwibawa saat menggunakannya.

5. Beskap

Bagi yang pernah mengunjungi pernikahan adat sunda, pasti pernah menemui baju ini. Memang benar biasanya baju ini digunakan di acara-acara tertentu saja yang tentunya lebih formal seperti pernikahan atau pertemuan pejabat di Jawa Barat.

Beskap biasanya punya warna yang gelap arena umumnya digunakan menjadi seragam pria. Bahan dari beskap ini biasanya tebal dan kerahnya cukup tinggi membuat orang yang menggunakannya terlihat gagah. Bagian depan dan belakang berbeda tidak simetris.

Tujuan dari perbedaan panjang depan dan belakang ini agar memudahkan orang yang menggunakannya dalam menyimpan keris di belakang. Terkadang ada juga yang membuat baju ini dengan kancing yang menyamping.

Untuk lebih lengkap, baju ini dilengkapi juga dengan kain jarik yang menutupi bagian atas celana. Tidak ketinggalan alas kakinya harus tertutup dan juga boleh membawa aksesoris semacam keris dibagian belakang.

6. Baju Pengantin Sunda

Terakhir ada pakaian adat sunda yang sering digunakan mempelai dalam acara pernikahan Baju pengantin sunda kini sudah cukup mengalami banyak perubahan dan menjadi lebih modern seiring perkembangan zaman dan ilmu desain.

Tampilan dari pakaian ini kini sangat cantik dan elegan disandingkan dengan aksesoris yang mewah. Pakaian pengantin ini mendapatkan inspirasi dari pakaian kerajaan sunda di masa lalu sehingga unsur adatnya masih terasa.

Biasanya yang sangat terlihat cantik adalah pakaian untuk mempelai wanita yang anggun dan elegan. Pria juga tak kalah keren pakaiannya dan membuatnya gagah berani membuat pasangan akan terlihat mencolok pada hari pernikahannya.

Nah itulah beberapa jenis pakaian adat sunda yang perlu diketahui. Sebagai warga Indonesia apalagi berasal dari suku sunda, sudah sepatutnya bangga dengan baju adat tersebut karena mempunyai nilai yang berharga.