Sekuel permainan RPG unik akhirnya dirilis oleh Square Enix tepat di tahun ini. Nama permainan ini adalah Octopath Traveler II yang tentu membuat pecinta game penasaran dengan kualitasnya.

Semua pasti penasaran apakah sekuel ini dapat menyaingi kualitas yang disuguhkan di game pertamanya. Tidak semua game terbaru bisa lebih baik dari sebelumnya, untuk mengetahuinya simak ulasannya berikut ini.

Gameplay yang Diusung

Apabila membahas soal eksplorasi, Octopath Traveler II ini tidak hanya menghadirkan wilayah daratan saja, tetapi juga sungai dan lautan. Ketika akan eksplorasi perairan, karakter dengan otomatis akan memakai sebuah perahu tanpa harus membelinya.

Namun, jika akan berpindah dari pulau lainnya pemain perlu menggunakan fitur berbayar yang ada di pelabuhan. Fitur yang dipakai adalah kapal yang hanya dipakai saat pertama pindah ke dalam pulau tertentu.

Permainan ini masih memakai sistem encounters random pada eksplorasinya dan belum tersedia pilihan untuk menonaktifkannya. Perubahan utama di permainan seri kedua ini adalah adanya fitur siang dan juga malam yang bisa dijabarkan sebagai berikut.

  • Fitur ini merupakan latar waktu dimana pada seri pertama hanya tersedia satu latar saja.
  • Sistem waktu ini berdampak juga pada kehidupan dalam permainan tersebut misalnya, di waktu malam jumlah orang yang terlihat lebih sedikit.
  • Kemampuan setiap karakter juga terpengaruh dengan adanya fitur ini dimana skill yang sebelumnya hanya 1 sekarang menjadi 2 sesuai dengan sistem waktu yang ada.

Pengaruh fitur ini misalnya pada karakter Hikari, saat siang karakter ini biasa melakukan tantangan duel dengan orang-orang sekitar. Kemudian saat malam, Hikari akan beraksi mencari informasi dengan menyuap para penduduk.

Karakter dan Jalan Cerita yang Fresh

Game satu ini masih memakai sistem lama yang menyediakan 8 karakter berbeda untuk dipilih. Setiap karakter yang dihadirkan mempunyai jalan cerita sendiri, ada yang kisahnya cukup simpel dan ada pula yang rumit karena bercabang.

Hal menarik yang ada di permainan ini adalah adanya mekanisme bernama Crossed Paths. Nantinya dari beberapa kombinasi karakter yang dipilih akan muncul cerita baru dari dua karakter tersebut, berikut beberapa karakter yang ada :

  • Hikari merupakan seorang Warrior.
  • Agnea karakter Dancer.
  • Partitio seorang Merchant.
  • Osvald adalah sang Scholar.
  • Throné dengan karakter Thief.
  • Temenos merupakan karakter Cleric.
  • Ochette sang Hunter.
  • Castti merupakan Apothecary.

Combat di game ini perbedaannya tidak begitu terasa, yang ada hanyalah mekanisme terbaru Latent Power yang ada di setiap karakter. Contohnya pada Partitio yang mempunyai kemampuan bernama Latent Power yang berguna untuk memaksimalkan BP dengan instan.

Pemain bisa memilih Hikari di awal permainan, karakter ini mempunyai jalan cerita yang sedikit gelap. Hikari merupakan pangeran muda yang berasal dari clan dengan ambisius tinggi pada peperangan. 

Ayah dan kakaknya terus berperang demi bisa menguasai berbagai wilayah sebanyak-banyaknya, Hikari dikudeta oleh kakaknya karena Hikari mementingkan perdamaian. Petualangannya adalah untuk memperoleh sekutu dan balas dendam, berikut lebih jauh mengenai Hikari :

  • Mempunyai Latent Power yang akan mengeluarkan sisi Hikari dan sekaligus membuka akses ke Special Skill.
  • Mengkombinasikan karakter ini dengan Partitio dapat menjadi pilihan terbaik untuk memaksimal kemampuan serangan dengan cepat.

Karakter dalam Octopath Traveler II ini tidak semuanya memiliki cerita hidup yang suram dan gelap. Misalnya Agnea yang merupakan seorang penari dengan kehidupan yang mengharukan bisa menjadi alternatif karakter untuk dimainkan. 

Visual dan Musik yang Lebih Hidup

Petualangan yang penuh keseruan pasti kurang terasa jika visual dan juga musiknya tidak cukup bagus. Tampilan yang tidak halus, pemakaian warna yang kurang pas akan mengurangi keseruan permainan.

Untungnya kualitas tampilan grafis dengan HD-2HD di permainan ini benar-benar memanjakan para pemainnya. Pada seri lanjutan ini terlihat adanya improvisasi yang tampilan yang begitu terasa, antara lain :

  • Di beberapa tempat misalnya daerah perkotaan yang dibuat lebih hidup menggunakan lighting serta efek partikel membuat efek sprite work gemerlap dan tampak keren.
  • Detail pemandangan yang dihadirkan terlihat cukup serius sehingga tampak nyata.
  • Penggunaan cahaya di setiap waktunya sangat cerdas sehingga sukses menghadirkan suasana yang tepat.

Adanya mekanisme pagi dan juga malam tidak sekedar tampilan saja, background musik di dalamnya juga disesuaikan. Musik yang akan terdengar saat pagi hari cenderung memberikan nuansa yang terasa penuh dengan semangat.

Kemudian ketika waktu malam musiknya lebih lembut dan menenangkan namun bisa juga justru mendebarkan. Backsound di waktu ini disesuaikan dengan lokasi tempat karakter berada dan juga sejalan dengan situasinya juga.

Yasunori Nishiki memang selalu menangani musik dengan begitu hebat dan menakjubkan. Setiap musik yang terdengar terasa begitu pas untuk adegan yang muncul pada layar.

Demikian ulasan mengenai Octopath Traveler II, sebuah permainan seru yang menarik untuk dicoba. Seri kedua ini memang tidak begitu berbeda, perubahannya hanya pada penambahan sebuah fitur kecil dan cerita yang berbeda.