Permasalahan sepatu bau memang bisa terjadi pada siapa saja. Jika masalah ini sedang dialami, maka harus tahu bagaimana cara mengatasi sepatu bau sampai selesai. Apabila semua caranya sudah diketahui, maka sepatu akan terhindar dari bau.

Oleh karenanya, pada artikel ini akan diinformasikan setidaknya tujuh cara yang bisa dijalankan. Setiap cara akan dipaparkan satu per satu secara menyeluruh. Detailnya akan dipaparkan sebagai berikut:

1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara pertama yang pas untuk dijalankan adalah dengan menjemur sepatu di bawah matahari. Untuk menghilangkan bau dengan dicuci, maka waktu pengeringannya akan jauh lebih lama. Sedangkan jika tidak terkena panas, maka bau akan semakin menyengat.

Oleh karenanya, langsung menjemur sepatu di bawah sinar matahari akan pas untuk dijadikan pilihan. Pastikan sepatu benar-benar terkena matahari secara langsung agar bau-bau yang menempel bisa terangkat dengan sempurna.

Hanya dengan satu hari saja, bau sepatu akan hilang dengan cara ini. Sedangkan jika panas mataharinya ekstra tinggi, maka bisa dipastikan sepatunya akan hilang dari bau-bau hanya dengan waktu setengah hari.

2. Pakai Spray Penghilang Bau

Mengatasi sepatu bau juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan spray penghilang bau. Penggunaan bahan ini akan sangat pas jika tidak sempat mencuci atau menjemurnya. Hanya dengan disemprot, maka bau akan langsung hilang.

Cara penggunaan paling efektif adalah saat malam hari. Semprotkan saja cairannya ke seluruh sepatu baik dalam maupun luar. Setelah itu, biarkan semalaman agar saat pagi baunya sudah wangi serta tidak mengganggu.

Saat ini sudah banyak penjual yang menyediakan spray penghilang bau ini. Bahkan pembeliannya bisa dilakukan secara online dengan harga yang murah. Isinya juga banyak sehingga bisa dipakai untuk beberapa kali penggunaan.

3. Pakai Kertas Koran

Memanfaatkan kertas koran juga bisa dilakukan saat ingin menghilangkan bau pada sepatu. Jadi sebenarnya, koran bekas bisa menyerap bau yang tidak sedap dari alat apapun termasuk sepatu yang sering dipakai.

Untuk memakainya, pastikan dulu sepatu dalam kondisi yang kering. Kemudian siapkan koran dalam ukuran besar agar muat untuk satu pasang sepatu. Setelah itu, bungkus sepatu dengan koran dan biarkan di tempat yang dingin.

Saat dibiarkan dalam kondisi tersebut semalaman, maka keesokan harinya sepatu akan kembali tidak berbau apapun seperti belum dipakai. Cara ini terbukti ampuh dan efektif sehingga banyak yang memanfaatkannya secara langsung.

4. Semprotkan Air Cuka

Jika di dapur ada cuka, maka langsung saja manfaatkan untuk menghilangkan bau. Cuka terbukti bisa melawan bakteri di sepatu serta menetralkan baunya. Proses penggunaannya juga mudah dan tidak merepotkan.

Langsung saja campurkan cuka putih dengan air dengan perbandingan 1 : 1. Kemudian masukkan ke botol yang memiliki lubang spray. Lalu semprotkan secara menyeluruh ke bagian sepatu bahkan ke bagian terdalamnya.

Untuk melihat hasilnya, tunggu sepatu sampai kering. Setelah kering, sepatu tidak akan berbau sehingga saat dipakai bisa meningkatkan kepercayaan diri. Biasanya, cara ini efektif dipakai untuk sepatu lari.

5. Manfaatkan Kopi

Cara lain untuk mengatasi sepatu bau adalah dengan kopi. Untuk menggunakan kopi ini, pastikan dulu sepatu sudah dalam kondisi kering. Setelah itu, masukkan bubuk kopi ke dalam tisu sebagai pembungkusnya agar tidak tumpah.

Lalu bungkusan kopi tersebut masukkan ke dalam sepatu. Pastikan masuk ke dalamnya agar bisa menyerap bau secara menyeluruh. Dengan cara ini, maka saat pagi sepatu akan memiliki bau yang netral seperti belum dipakai.

Kopi sendiri sangat mudah ditemukan serta harganya tidak mahal. Jadi bisa dipastikan cara ini akan sangat mudah untuk dimanfaatkan serta tidak akan membebani. Oleh karenanya, langsung manfaatkan cara ini untuk menghilangkan bau.

6. Taburkan Garam

Metode keenam yang bisa dijalankan adalah dengan menaburkan garam ke sepatu. Namun pastikan untuk membungkusnya dulu ke dalam kantung penyaring kopi. Lalu ikat kantungnya dengan kuat dan buat menjadi dua kantung.

Setelah kantungnya jadi, maka masukkan masing-masing kantung ke sepatu. Biarkan kantung tersebut ada di dalam sepatu selama semalaman. Biasanya, saat pagi bau sepatu akan kembali normal atau tidak berbau busuk.

Nantinya, sepatu yang diberi garam ini akan lebih kering karena kelembabannya sudah diserap. Karena sudah tidak terlalu lembab, maka bisa dipastikan baunya akan hilang. Proses ini juga termasuk mudah dan tidak akan merepotkan.

7. Jaga Kebersihan Kaki

Meski cara-cara tersebut sudah dilakukan, namun jika kebersihan kaki tidak terjaga maka bau sepatunya tetap buruk. Bisa jadi sumber masalah bau pada sepatu dikarenakan kaki memiliki kondisi yang buruk.

Oleh karenanya, pastikan kaki selalu dijaga agar tidak bau sampai berdampak pada sepatu. Saat kaki berkeringat, maka jangan langsung memakai sepatu. Lakukan juga proses eksfoliasi kaki agar kulit mati di kaki bisa terangkat.

Demikianlah cara mengatasi sepatu bau yang bisa diikuti. Jalankan dulu satu cara sesuai keinginan. Apabila tidak berhasil, maka coba cara lain sampai menemukan solusi paling tepat untuk menghilangkan bau di sepatu.