Sebuah papan permainan jadul yang bisa dimainkan oleh banyak orang yaitu ludo, ternyata masih memiliki daya tarik tersendiri.

Bahkan kini ludo sudah memiliki permainan virtualnya sendiri di iOS maupun android dalam banyak versi seperti ludo king. Dengan demikian hal tersebut semakin memperpanjang umur permainan tersebut.

Bagi yang belum mengerti cara bermain ludo king sebaiknya jangan melewatkan pembahasan kali ini.

Ludo King

Sebelum membahas cara bermainnya, ada baiknya untuk mengetahui seluk beluk tentang aplikasi ludo king terlebih dahulu. Aplikasi game ini merupakan salah satu game penghasil uang populer di Playstore yang sudah diunduh oleh jutaan pengguna dalam beberapa tahun terakhir sejak ia dirilis. Permainan ini sangat banyak diunduh karena mudah dimainkan dan bisa dilakukan oleh banyak orang sekaligus.

Ini menjadi keseruan tersendiri saat asyik bermain bersama teman, namun tidak membawa permainan lain. Jika tidak sedang bersama teman, aplikasi ini juga menyediakan mode permainan lain seperti bermain dengan komputer atau bermain secara online dengan lawan sungguhan. 

Dari segi gameplay, permainan ini cukup asyik untuk dimainkan karena memiliki tampilan yang cukup sederhana. Saat pertama kali memainkannya juga game ini terasa sangat mudah untuk dimengerti, terlebih bagi yang sudah pernah bermain ludo sebelumnya. Game ini akan cocok untuk para pemain yang menyukai permainan papan. Untuk spesifikasi yang diperlukan berikut adalah rincian dari game ludo king:

KeteranganInformasi
DeveloperGametion
Ukuran57 MB
Jumlah Unduhan500 Juta +
Rating Playstore4.2 / 5
Sistem OperasiAndroid dan iOS

Cara Memainkan Ludo King

Setelah cukup paham dengan informasi mengenai ludo king, sekarang beralih ke informasi cara memainkannya. Untuk Cara bermain ludo king permainan ini caranya cukup simple yaitu hanya dengan mempelajari peraturannya dengan teliti.

1. Menyiapkan Permainan

Sebagai langkah pertama dalam cara bermain ludo king, sebaiknya siapkan dulu permainannya terlebih dahulu. Hal yang perlu disiapkan antara lain pemain minimal 2 orang untuk bisa memainkan game ini. Kemudian siapkan juga smartphone yang sudah terinstall permainan ludo king. 

2. Pahami Aturan Ludo

Saat semua sudah disiapkan para pemain harus mengetahui terlebih dahulu aturan bermain ludo. Meskipun dimainkan dengan smartphone yang sudah serba otomatis dalam aplikasi. namun tetap saja permainan harus dipahami. Ada beberapa aturan khusus yang membedakan ludo dengan permainan papan sejenis seperti ular tangga dan monopoli.

Dadu dalam permainan ludo hanya menggunakan satu buah saja. Para pemain akan memiliki pion yang berada dalam kandang terlebih dahulu. Umumnya permainan ludo memiliki trek yang berjumlah 52 untuk satu jalur pemain. masing-masing pemain akan diberikan sejumlah 4 pion untuk dihabiskan agar bisa menjadi pemenang.

3. Mulai Permainan

Untuk memulai permainan siapkan 4 buah pion berada dalam kandang masing-masing pemain yang dibedakan dengan warna biru, merah, kuning, dan hijau. Masing-masing warna memiliki jalur rumahnya masing-masing sebagai tujuan dari pion. Setelah memilih warna, pemain akan menentukan siapa yang jalan terlebih dahulu, bisa dengan mengikuti arah jarum jam atau dengan melakukan suit.

Untuk bisa mengeluarkan pion dari kandang, pemain harus mendapatkan dadu berangka enam. Setelah keluar kandang, pemain bisa melempar dadu lagi agar pion bisa bergerak sesuai angka yang didapat. Jika mendapatkan angka enam, pemain bisa melempar dadu lagi dan jika tidak giliran untuk pemain selanjutnya. Lakukan terus menerus dan bergiliran secara teratur.

4. Menentukan Pemenang

Pion yang sudah keluar, bisa kembali lagi ke dalam kandang apabila ada pion lawan yang mendarat di tempatnya. Untuk mengeluarkannya lagi pemain hanya perlu mendapatkan dadu enam kembali. Pemain yang jarang pionnya dikembalikan biasanya akan mudah memenangkan permainan ini. Inilah yang menjadi bumbu dalam permainan ini yang bisa memberikan keseruan tersendiri saat ada pion musuh mendekat.

JIka empat pion selesai menuju rumah atau bisa dikatakan habis, maka pemain tersebutlah yang menang. Meskipun sudah ada pemenang, setiap permainan harus terus berlanjut sampai semua habis kecuali pemain terakhir. Saat pemain terakhir belum menghabiskan pionnya maka itu yang dianggap kalah. 

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai cara bermain ludo king yang mudah untuk dilakukan. Bermain ludo king dengan teman-teman bisa menghilangkan stress sejenak. Selain bisa bermain, pemainnya juga bisa saling berinteraksi dengan pemain yang lainnya sehingga akan terjalin hubungan yang baik antara satu dengan lainnya.