Jumlah permainan produksi Gameloft memang sangat banyak, hal ini mungkin membuat orang-orang bingung memilih mana yang akan dimainkan. Sebagai rekomendasi bisa dicoba Kingdoms & Lords yang memiliki tema kerajaan.

Setiap game selalu memiliki ciri khas sendiri meskipun tema yang disajikan sama dengan game lainnya. Maka untuk mengetahui lebih jauh mengenai permainan ini, simak ulasan berikut: 

Mengenal Kingdoms & Lords

Dari nama yang disematkan, tentu pemain tahu jika permainan Kingdoms & Lords ini berhubungan dengan kerajaan. Aspek utama yang akan digunakan nantinya adalah membangun kerajaan agar menjadi yang terbesar. 

Pemain mungkin akan beranggapan jika game ini membosankan karena tema nya yang terlalu sering dipakai di permainan. Padahal, di dalamnya masih ada banyak aspek lain yang akan seru untuk dimainkan: 

  • Selain membangun kerajaan, pemain juga dapat berperang dengan beberapa kerajaan lainnya juga. 
  • Selayaknya di dunia nyata, aliansi juga dimungkinkan untuk dibuat untuk menambah kekuatan.
  • Ketika berhasil mengalahkan suatu kerajaan, resource milik kerajaan lain akan menjadi milik pemain.

Sampai sini mungkin sudah terbayang bagaimana seru dan menyenangkannya permainan ini. Maka, sebagai pengenalan yang lebih jauh pemain akan memperoleh gambaran yang lebih detail lagi.

Jadi, di dalam game ini akan ditemukan 6 buah tipe bangunan dengan fungsi yang berbeda-beda. Nantinya pemain akan memanfaatkan setiap bangunan sesuai dengan fungsinya, antara lain:

  • Bangunan bernama Housing memiliki fungsi untuk dipakai sebagai tempat tinggal.
  • Production, bangunan khusus untuk seluruh kebutuhan produksi yaitu dari pondok kayu hingga dengan texti.
  • Military, yang sesuai dengan namanya adalah sebagai bangunan untuk membangun pasukan.
  • Kingdom, adalah nama tempat yang fungsinya adalah sebagai tempat pemerintahan.
  • Special Building, merupakan tempat yang awalnya begitu terbatas lalu dengan expansi akan berkembang menjadi jauh lebih besar lagi.

Satu hal paling seru yang dimiliki game ini yaitu adanya sistem fighting yang turn based selayaknya rpg. Pemain dapat memilih akan menggunakan pasukan yang mana dan kemudian mengaturnya dengan strategi.

Contohnya posisi yang bisa diatur adalah para knight diletakkan pada bagian terdepan sedangkan para archer diletakkan paling belakang. Masing-masing akan mendapatkan kesempatan untuk menentukan lawan yang ingin diserang. 

Penentuan posisi dan penempatan ini tidak sesederhana itu, pemain tidak bisa asal memposisikan karakter begitu saja. Setiap musuh mempunyai kompatibilitas terhadap tipe musuh jadi, pemain harus mencari kombinasi yang paling tepat.

Genre Permainan

Diciptakan dengan genre strategi yang cukup kental, produk Gameloft ini cocok untuk pecinta game strategi. Game ini memiliki gaya permainan simulasi yang akan membuat pemain ingin terus memainkannya.

Pemain harus membangun tempat untuk tinggal yang lengkap dengan beberapa fasilitas pendukung untuk terus berkembang. Permainan simulasi ini menuntut pemainnya untuk membangun dan memperbesar kerajaan dan menguasai wilayah.

Genre permainan semacam ini memang cukup mudah ditemukan karena banyaknya jumlah peminat game jenis ini. Dibandingkan dengan game lainnya yang sejenis, pemain mungkin akan sangat tertarik karena beberapa hal berikut ini: 

  • Terdapat 2 buah resource yang perlu menjadi perhatian yaitu diamonds dan energy.
  • Diamonds merupakan mata uang yang ada di Kingdom tersebut sedangkan energy merupakan hal yang diperlukan untuk bisa melakukan banyak kegiatan dalam game.
  • Dengan energy, maka bangunan, perang, memanen pertanian, dan hal lainnya menjadi dapat dilakukan. 
  • Kedua resource tersebut disediakan dengan jumlah sedikit dan sangat terbatas sehingga sangat menantang pemain untuk menyusun strategi yang terbaik. 
  • Bagi pemain yang ingin perkembangan berjalan lebih cepat untungnya diberikan kesempatan untuk melakukan pembelian energi.

Cerita Dalam Kingdom and Lords

Kingdom & Lords diciptakan lengkap dengan cerita yang harus diikuti alurnya oleh para pemain. Dikisahkan bahwa terdapat sebuah desa kecil yang sederhana penuh kedamaian dan tentram. 

Kemudian, kerajaan tempat desa berada suatu hari turut campur dalam peperangan. Keterlibatan kerajaan tersebut membuat desa menjadi terancam dengan kemungkinan adanya serbuan dari prajurit yang kejam. 

Hal ini kemudian semakin diperumit dengan kemunculan kembali Dark King, yang merupakan penguasa jahat penuh ambisi. Desa yang tidak pernah bersiap untuk perang ini membutuhkan bantuan para pemain sebagai poros penggerak desa antara lain untuk:

  • Membangun rumah dengan jumlah banyak, peternakan, perkebunan dan lain-lain. 
  • Membangun basis yang akan digunakan untuk mendirikan kerajaan.
  • Membentuk pasukan yang akan menjaga keamanan dan untuk berperang.
  • Melatih pasukan di tempat khusus hingga menjadi pasukan terkuat dan terhebat.

Pemain tentu tahu bahwa semakin banyak jumlah pasukan yang dapat diciptakan kekuatan yang dimiliki akan lebih besar. Dalam permainan ini terdapat fitur yang berfungsi untuk upgrade bangunan serta  prajurit yang sudah ada. 

Game ini menggunakan sistem hari agar terasa semakin nyata dalam setiap progres membangun kerajaan. Ketika pemain cukup lama dalam bermain game ini suasana game akan menjadi malam.

Itulah ulasan mengenai Kingdoms & Lords yang merupakan game simulasi keren yang menawarkan pengalaman paling seru. Pemain yang merasa jago dalam menaklukan game simulasi semacam ini tentu harus memainkannya.