Kain bahan babyterry merupakan kain yang terbuat dari cotton atau serat kapas. Selain digunakan untuk bahan dasar pembuatan handuk, kain ini juga banyak dipakai untuk produk pakaian seperti jaket, sweater, blazer, dan jersey.

Jika dulu kain jenis ini hanya dipakai untuk pakaian bayi guna melindungi kulitnya yang sensitif, kini orang dewasa pun banyak yang memakainya. Babyterry sangat mudah ditemui karena banyak dijual di pasar, tetapi harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya. 

Keunggulan Kain Bahan Babyterry

Babyterry sangat nyaman digunakan untuk segala usia karena kelembutannya. Banyak keunggulan yang akan pengguna dapatkan, jika menggunakan pakaian dengan bahan ini antara lain: 

1. Bertekstur Halus, Ringan dan Berdaya Serap Tinggi

Tidak semua jenis kain dapat memberikan kenyamanan. Jika pengguna mendambakan manfaat di atas, maka kain bahan Babyterry adalah pilihan yang sangat tepat. 

Entah ingin memakainya dalam bentuk pakaian apa pun. Itu sebabnya para orang tua banyak yang memilih pakaian dengan bahan babyterry untuk bayi. Hal ini karena mengutamakan tekstur halus dan ringan yang dapat memberikan kenyamanan untuk kulit.

Babyterry juga memiliki rongga-rongga kecil serta bulatan-bulatan kecil pada bagian dalam. Selain itu, bahan dasarnya yang berasal dari serat kapas menjadikan kain ini mempunyai daya serap yang sangat baik.

Namun, tidak semua daya serapnya sama, perbedaan kadar serat kapas yang digunakan sangat mempengaruhi. Bahkan dari beberapa produsen ada yang hanya menggunakan sebesar 80% saja, sisanya menggunakan polyester.

2. Bersifat Menghangatkan Namun Tidak Membuat Tubuh Berkeringat

Keunggulan babyterry dalam hal menghangatkan tak usah diragukan lagi. Di bagian dalam kain ini mengandung bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menekan suhu tubuh. Tak heran jika babyterry banyak digunakan di daerah dengan suhu rendah seperti negara-negara dengan empat musim.

Meski cocok digunakan di musim dingin karena ketebalannya, hal itu tak lantas membuat kain ini dapat menimbulkan keringat di tubuh. Babyterry juga cocok digunakan saat musim panas karena kemampuannya dalam menyerap keringat jika dilihat bahan, tekstur, serta seratnya yang berongga.

3. Banyak Pilihan Warna

Salah satu hal yang dapat menarik para konsumen adalah warna pada produk. Kain babyterry hadir dalam bentuk pakaian dengan banyak warna, banyak keunggulan, dan banyak jenis pakaian pula, sehingga membuat orang bagaimana tertarik mengenakannya?

Apalagi pakaian dengan bahan ini sekarang tampil dengan berbagai desain modis dan bertebaran di berbagai pusat perbelanjaan. Maka tentunya pengguna tidak akan rugi mengeluarkan uang untuk sebuah pakaian dengan model terbaik serta cocok digunakan di berbagai situasi.

Kekurangan Kain Bahan Babyterry 

Selain banyak keunggulan, babyterry ternyata juga menyimpan kekurangan. Ulasan berikut mungkin dapat menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli pakaian dengan bahan ini. 

1. Kurang Tahan Lama dan Mudah Melar

Babyterry memiliki serat yang kurang rapat dan bertekstur ringan. Faktor tersebut membuat kain kurang tahan lama jika dipakai terus menerus.

Sangat dibutuhkan kehati-hatian jika tidak ingin cepat rusak. Apalagi jika mencucinya dengan mesin cuci. Sebaiknya cuci saja pakai tangan dan jangan dijemur dibawah pancaran sinar matahari secara langsung.

Selain itu untuk menjaganya agar tetap awet, gunakanlah suhu rendah saat melakukan penyetrikaan. Jika ingin menggunakannya sesering mungkin pengguna bisa mengoleksinya lebih banyak lagi.

Selain kurang tahan lama, kain ini juga mudah melar dikarenakan terlalu banyak rongga-rongga kecil yang ada di dalamnya. Hal tersebut, tentunya sangat mengganggu penampilan. 

Meskipun tidak semua pakaian dengan kain bahan babyterry mempunyai sifat tersebut, tetapi sebagai konsumen pengguna patut memperimbangkannya. Mulai dari memilih jenis pakaian dan bahan yang digunakan. Kekurangan ini biasanya dimiliki pakaian jenis sweater yang cenderung lebih tipis dibandingkan jaket atau blazer.

2. Kualitas di Bawah Bahan Cotton Fleece

Mungkin jika dilihat sekilas, kedua jenis kain ini tampak mirip. Namun jika diperhatikan dengan detail, maka cotton fleece lebih mirip seperti kain wol.

Penggunaannya pun sama, kebanyakan cotton fleece juga dipakai untuk pembuatan sweater dan jaket. Jika ingin kualitas yang lebih bagus, maka pilihlah bahan dari cotton fleece, sebab Babyterry cenderung lebih tipis dibandingkan dengan cotton fleece.

3. Harganya Lebih Mahal

Mengapa harga babyterry bisa lebih mahal dibandingkan jenis kain lainnya? Mungkin ini menjadi pertanyaan bagi sejumlah konsumen, mengingat kain jenis ini banyak tersedia di pasaran. Tingginya harga babyterry disebabkan bahan bakunya yang merupakan kapas asli. 

Namun tergantung kadar yang digunakan, jika babyterry polyester mempunyai harga lebih tinggi, maka babyterry katun cenderung berharga lebih terjangkau. Babyterry katun juga lebih nyaman dan lembut untuk digunakan dibandingkan dengan campuran polyester. 

Demikian keunggulan dan kekurangan kain bahan babyterry. Meski masih terdapat kekurangan, tapi peminat pakaian dengan bahan ini tetap tinggi seiring dengan kemajuan teknologi dan lahirnya beragam kreativitas produsen.