Para pengguna perangkat dengan sistem operasi iPhone dan Android selalu dimanjakan oleh Gameloft yang terus merilis game terbaik. Kali ini Heroes of Order Chaos yang bergenre MOBA telah diluncurkan oleh penyedia game paling keren tersebut.

MOBA memungkinkan pemain untuk membuat tim atau bergabung ke tim yang telah ada kemudian bertarung bersama. Keseruan permainan ini tentu sudah terbayang dan semakin membuat penasaran, maka simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Heroes of Order Chaos

Permainan karya Gameloft yang dikeluarkan pada tahun 2012 ini bernama Heroes of Order Chaos. Sebenarnya permainan satu ini inspirasinya berasal dari World of Warcraft yang telah ada satu tahun sebelumnya.

Kedua game tersebut memiliki seting dunia yang persis sama, perbedaanya hanya pada gameplay aja. Pada game pendahulunya tuntutan permainan hanya pada membangun grup sedangkan pada pembaharunya berfokus ke strategi.

Battle mode di permainan ini terbilang cukup umum yaitu 5 vs 5, dan juga 3 vs 3. Secara garis besar permainan ini akan mudah dipahami dengan gambaran berikut: 

  • Para pemain dapat memainkan misi solo tanpa bergantung dengan sambungan data.
  • Dengan sistem MOBA, misi permainan adalah membentuk tim untuk menciptakan klan kuat untuk memenangkan perang melawan musuh.
  • Pada awal permainan, pemain mendapat 30 pahlawan yang bisa dipilih sesuai keinginan dimana sepanjang lintasan permainan, pemain bisa memakai beberapa pahlawan tersebut. 
  • Ketika pemain telah memperoleh pengalaman, maka karakter yang dimiliki keterampilannya akan meningkat dan kekuatan destruktif.
  • Pemain akan menemukan kelompok lain yang nantinya harus dihadapi dalam pertempuran yang epik, sebelum pertarungan dilakukan penting bagi pemain untuk mengukur kemampuan musuh.
  • Di permainan ini total terdapat dua jenis peta yaitu 3v3 dan 5v5, maka agar dapat menjadi dominan di kerajaan Haradon strategi tim harus dibentuk dengan memahami jenis peta tersebut.

Jika pemain berhasil memahami peta permainan, kelompok yang dimiliki bisa menjadi klan yang ahli bertarung. Bekerjasama dalam pertarungan akan mudah untuk menguasai dan menghancurkan seluruh negara musuh.

Grafis dan Suara

Dalam memainkan permainan, kualitas tampilan Heroes of Order Chaos tentu memberikan pengaruh yang besar kepada pemain. Grafis yang berantakan akan sangat mengganggu dan sebagus apapun permainannya pemain tidak akan berminat memainkannya.

Untungnya secara grafis, Order Chaos bisa dikatakan memiliki kualitas visual yang ada di level rata-rata game lainnya. Mesin grafis berkualitas seperti NOVA 3 maupun Unreal Engine 3 memang tidak digunakan, tetapi efek animasinya tetaplah keren.

Pengalaman memainkan game ini akan lebih sempurna jika perangkat yang digunakan mempunyai Retina Display. Sound di permainan ini tidak ditemukan keluhan apapun karena soundnya benar-benar sempurna: 

  • Sound yang dihadirkan menawarkan banyak efek yang sesuai dengan tampilan setiap jalan cerita.
  • Setiap efek suaranya terintegrasi sempurna sehingga membuat permainan terasa semakin nyata.
  • Para pemain akan suka dengan efek suara di bagian pertempuran karena memberikan suasana menegangkan tetapi penuh dengan semangat.

Sebetulnya dalam hal memainkan sebuah game, tidak hanya tentang bagaimana beraksi dalam pertarungan. Pemain bisa juga menikmati tampilan dari permainan yang disuguhkan sebagai tambahan hiburan selain pertarungan yang dijalankan.

Satu cara yang dilakukan untuk menikmati permainan adalah dengan menerapkan pengaturan Fun Mode. Pemain bisa menonton game yang berlangsung sekaligus untuk mempelajari strategi dan saling berkomentar. 

Ada juga mode pertarungan penuh kustomisasi maupun hal lainnya yang menarik untuk dijalankan. Tentunya semakin tinggi tingkat level yang dicapai oleh pemain keseruannya juga akan semakin terasa. 

Karakter Dalam Permainan

Saat memainkan Game ini, pemain pasti akan menyadari bahwa permainan ini mirip Mobile Legends tetapi dapat dimainkan offline. Gadgeter dapat bebas memilih 57 karakter jagoan unik yang akan sangat mampu diandalkan dalam permainan.

Setiap jagoan tersebut telah disematkan skill yang bervariasi sehingga menuntut pemain untuk bisa memilih jagoan yang tepat. Skil yang dimiliki antara lain dari ahli pertarungan di jarak dekat sampai dengan penyihir super sakti.

Seperti di permainan lainnya, untuk menguasai game para pemain harus memahami setiap karakter. Sebagai gambaran, pemain bisa mengenali beberapa karakter di daftar berikut: 

  • Hero mage yang tugasnya memberikan damage ke hero lawan antara lain yaitu Acridix the Plagued Fang, Equellia, Goroshia, dan sebagainya.
  • Hero fighter yang mempunyai kemampuan defensif maupun ofensif merupakan hero yang hebat, karakternya yaitu Agdirousi, Acard, Dailiana, Debronee, dan Frostzel.
  • Hero Support memiliki damage yang besar di early game ini contoh karakternya yaitu Anioah, Ant Guard, Gold Fur, Carlie Q, dan Helmm Slagfist.
  • Guardian Heroes yang bertugas sebagai penjaga ini juga ada di game dengan karakter bernama Balondis, Jombraa, dan lain-lain.

Itulah sedikit ulasan tentang Heroes of Order Chaos, sebuah game yang dapat dimainkan di perangkat telepon pintar secara offline. Awalnya game tersebut memungkinkan untuk dimainkan di Windows tetapi aksesnya telah ditutup.