Seri permainan GTA atau Grand Theft Auto ini menjadi tema permainan dengan cerita yang menarik sampai sekarang. Bahkan di salah satu game nya yaitu Grand Theft Auto: Episodes From liberty city ini menuai banyak respon positif. 

Game ini memiliki banyak misi menarik untuk mewujudkan tujuan sang tokoh utama menjadi yang terkuat. Pada awalnya permainan ini dibuat untuk platform console dan juga PC saja. 

Namun karena belakangan ponsel android semakin canggih membuat mereka bisa memainkan game berat juga, alhasil rocstar games turut membawa game ini ke play store agar bisa dimainkan di Smartphone.

Sekilas tentang GTA : Episodes From Liberty City

Permainan ini awalnya diangkat dari alur permainan dan juga cerita dari GTA IV. Bedanya game ini menghadirkan kisah baru dari 2 karakter yang muncul dalam game tersebut.

Nama karakter dalam permainan ini merupakan Jhonny K dan juga Loiz Lopez yang sebelumnya sudah ada di seri GTA sebelumnya. Adanya ekspansi ini membangun kesempatan baru bagi pemain untuk membuat paradigma yang berbeda dari GTA IV.

Kelebihan GTA: Episodes From Liberty City

Buat yang belum pernah memainkannya, ada beberapa hal yang jadi alasan kenapa game ini wajib dimainkan. Inilah review mengenai kelebihan pada game Grand Theft Auto: Episodes From liberty city  yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Mirip dengan GTA III

Seperti permainan ini contohnya, Grand Theft Auto : Liberty City Stories memiliki kemiripan dengan beberapa game GTA rilisan sebelumnya. Hal yang paling mudah terlihat adalah jika permainan ini memiliki kualitas grafis yang mirip dengan GTA III di mata kebanyakan orang.

Hal ini dibenarkan oleh Rockstar games karena mereka memang menyebut jika GTA LCS ini memakai engine yang sama dengan GTA III. Oleh karena itu cita rasa tampilan ala GTA III masih melekat disini walau ada sedikit sentuhan dari GTA : San Andreas.

2. Grafis Jernih

Walau memakai engine yang sudah lama, namun tampilan visual yang bisa dihadirkan masih terbilang jernih. Meski begitu pemain masih akan menemui sedikit kejanggalan di sana-sini namun ini tidak terlalu mengganggu pemain karena pace dari permainan ini yang cepat sehingga bisa disamarkan sedikit.

Gangguan tersebut tidak akan terasa walau menggunakan pengaturan tampilan yang tinggi dengan detail yang tinggi sekalipun. Jadi sangat disarankan untuk menyesuaikan resolusi permainan dengan kemampuan monitor atau layar yang digunakan agar pengalamannya lebih maksimal.

3. Ringan

Permainan ini yang awalnya dibuat untuk playstation 2 memang memiliki kualitas grafis yang cukup bagus dan tidak terkesan seperti game jadul. Namun bukan berarti permainan ini menjadi berat untuk dimainkan. Hal ini bertujuan agar GTA LCS ini bisa dimainkan di banyak platform.

Untuk smartphone hal serupa berlaku karena kini banyak smartphone bahkan dari kelas menengah sudah punya tenaga yang cukup menjalankan permainan ini. Meski begitu total FPS yang didapatkan tidak bisa setinggi yang diberikan oleh console maupun perangkat PC.

4. Pewarnaan yang Baik

Permainan ini mengusung pemandangan alam landscape kota liberty city yang ada dalam permainan GTA III. Pada permainan ini diberikan pewarnaan yang baik hampir disetiap sudut kota karena tidak terkesan gelap dan juga tidak terlalu cerah.

5. Lebih Realistis

Banyak detail baru yang dihadirkan dalam permainan ini seperti ditambahkannya sedikit kilauan glossy di body kendaraan. Ada juga reflek cahaya di sana-sini membuat permainan memiliki pemandangan yang lebih nyata dari sebelumnya.

Kekurangan GTA: Episodes From Liberty City

Namanya permainan buatan manusia tidak ada yang sempurna, semuanya tak luput dari yang namanya kekurangan. Ada beberapa hal yang cukup dirasa menjadi kekurangan dari permainan GTA yang satu ini.

1. Hilangnya Fitur Berenang

Berbicara soal peningkatan,  dibalik itu ada satu kekurangan yang dirasa sangat mengganggu yakni hilangnya fitur berenang pada game ini. Berbeda dengan GTA SA yang bisa membuat karakternya berenang di lautan.

Pada permainan ini hal tersebut dihilangkan dan pemain lebih fokus main di dalam kota saja. Jadi pemain tidak bisa seperti dulu berenang di air dan menaiki kendaraan air. Banyak pemain yang merasa kehilangan akan fitur ini dan lebih memilih game GTA versi lainnya.

2. Misi yang Sedikit

Kota yang luasnya terbatas membuat misi yang ada disini tidak sebanyak misi pada permainan GTA lainnya. Sehingga membuat pemain merasakan jika permainan ini cepat untuk ditamatkan.

Jika sebelumnya pemain pernah memainkan game semacam GTA V atau GTA San Andreas, hal itu akan terasa sekali. Fitur yang tersedia juga tak selengkap dua game legendaris tersebut.

3. Kota yang Tidak Luas

Untuk menjelajah beberapa kota di GTA San Andreas pemain memerlukan beberapa hari untuk memainkannya sampai puas. namun pada GTA yang satu ini ceritanya lain karena mudah untuk ditelusuri tidak sampai waktu yang lama.

Itulah sedikit review tentang grafis permainan Grand theft auto: Episodes From Liberty City. Dari segi tampilan memang tidak banyak keluhan karena ini merupakan permainan yang rilis sudah lama. Jadi untuk kualitasnya memang tidak sebagus game jaman sekarang, namun ini sudah bagus.