Meskipun game teka teki silang (TTS) sudah cukup lama meramaikan dunia permainan namun nyatanya kecanggihan teknologi tidak memudarkannya. Malahan sekarang banyak developer game yang berlomba-lomba untuk melakukan pengembangan dalam versi aplikasi.

Dimana aplikasi ini akan semakin mempermudah siapapun yang ingin mengakses permainan TTS dengan segudang fitur dan interface menarik. Di bawah ini sudah diringkaskan beberapa pilihan game TTS yang dapat dimainkan.

1. Words of Wonders

Dirilis sekitar 4 tahun lalu oleh Fugo Games selaku pengembang membuat permainan Words of Wonders mampu mengambil hati berbagai kalangan. Hal tersebut dibuktikan dengan rating pada platform unduhan 4.7 dan jumlah penginstal 100 juta lebih.

WOW (nama singkatannya) mengusung konsep yang sedikit berbeda dari permainan TTS pada umumnya yaitu kemampuan keterampilan kata. Di samping itu, pemain nanti juga secara visualisasi akan diajak jalan-jalan membuka kota-kota rahasia di dunia.

Gameplay yang harus diikuti melalui serangkaian huruf membentuk satu kata lalu dilengkapi hingga semua ruang kosong terisi. Bukan sembarangan kata yang diberikan tetapi membutuhkan konsentrasi yang lumayan tinggi.

2. Wordalot: Picture Crosswords

MAG Interactive merilis permainan TTS pada tahun 2016 dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam penyelesaian game. Salah satu spesifikasi dari Wordalot adalah ukuran game yang lebih kurang sebesar 100 MB.

Gameplay mengusung konsep teka-teki silang yang dikombinasikan melalui gambar (instruksi). Terdapat seribu level yang perlu dirampungkan dengan kesulitan masing-masing namun tetap sederhana memainkannya.

Bagi yang tengah mencari alternatif pembelajaran Bahasa Inggris mungkin Wordalot dapat dicoba. Sekalian ajak teman atau saudara bermain terlebih yang juga hobi dan sedang ingin menambah kosakata. 

3. TTS Pintar

Apabila sebelumnya game teka teki silang menggunakan Bahasa Inggris saja, maka TTS Pintar menghadirkan Bahasa Indonesia. Aplikasi ini merupakan besutan MeluApp yang dikeluarkan pertengahan tahun 2018 dengan ukuran sekitar 5.2 MB.

Untuk gameplay yang ditawarkan terbilang sangat mudah diselesaikan, sementara tampilan antarmuka didukung tambahan warna. Dimana tidak akan membuat para pemain merasa bosan saat menjawab semua pertanyaan yang diberikan.

Seandainya terdapat kesulitan dalam menjawab pertanyaan, jangan khawatir karena tersedia hint yang bertanda lampu. Meskipun demikian bukan berarti bantuan itu menjadikan diri tidak mau mencoba menjawab lebih lagi. 

4. WIB: TTS Cak Lontong

Dari nama game saja sudah sangat familiar terlebih yang suka menonton tayangan WIB di salah satu siaran TV lokal tanah air. Banyaknya yang menonton acara WIB ternyata membuat Gambir Game Studio mengeluarkan produk berbasis permainan.

TTS Cak Lontong menampilkan pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban yang tidak biasa seperti teka-teki silang lain. Maksudnya belum tentu jawaban yang dianggap benar adalah pilihan tepat sesuai pertanyaan yang disajikan dalam permainan teka-teki silang.

Untuk itu, dibutuhkan kemampuan yang berbeda sehingga kesempatan menyelesaikan TTS atau memenangkan game terbuka lebar. Bagi yang penasaran bisa langsung menuju platform unduhan tetapi pastikan kapasitas ruang mencukupi.

5. CodyCross: Crossword Puzzles

Gameplay yang ditawarkan terbilang tak kalah menarik dan cukup sederhana untuk semua lini usia. Disini petunjuk awal yang diberikan akan membantu penyelesaian setiap kolom kosong huruf sehingga game bisa mencapai finish.

Developer bernama Fanatee, Inc tidak hanya memanjakan pemain dalam kemudahan gameplay, namun ada pula mode petualangan. Dimana pemain dapat memilih mode tersebut guna pengalaman yang berbeda.

Untuk mengunduhnya, ruang penyimpanan perangkat bisa dikosongkan sekitar 100 MB. Selanjutnya kunjungi situs atau platform penyedia aplikasi agar dapat segera mendownload.

6. Teka Teki Silang Game

Bagi yang tertarik dengan game teka teki silang versi offline, permainan berikut dapat dipilih kemudian dimainkan. Tidak perlu khawatir akan kualitas TTS yang diberikan karena di dalamnya terdapat dua ribu  tantangan.

Nantinya semakin tinggi level teka-teki silang maka kesulitan jawaban dari pertanyaan semakin berat. Namun inilah yang membuat kemampuan berpikir menjadi lebih terasah lagi.

Sekedar informasi tambahan, Teka Teki Silang Game dibesut oleh WePlay Word Games yang dirilis awal tahun 2018. Untuk ukuran aplikasi berkisar 37 MB sebagai keperluan ruang penyimpanan, yang tidak terlalu besar.

7. Crosswords with Friends

Siapa yang ingin bermain teka-teki silang bersama rekan sejawat atau sahabat sekaligus menguji keahlian asah pikiran? Crosswords with Friends tampaknya patut dicoba yang merupakan aplikasi game TTS milik Zynga.

Penyajian gameplay pun tidak sulit diselesaikan, yang mana jawaban dari pertanyaan akan disaingkan dengan teman. Oleh karena itu, pastikan menjawab pertanyaan secara cepat namun tetap memperhatikan ketepatan.

Disarankan untuk bermain teka-teki silang di saat-saat sedang waktu luang atau waktu liburan saja. Tujuannya agar tidak mengganggu tugas atau pekerjaan harian terlebih yang mendekati deadline.

Demikian ringkasan beberapa rekomendasi game teka teki silang yang bisa dijadikan sebagai daftar pilihan dan pelengkap di waktu istirahat tiba. Seperti yang sudah disampaikan, apabila dirasa kurang seru bermain game sendiri jangan lupa mengajak teman atau saudara sekaligus membantu memecahkan pertanyaan.