Game RPG atau role playing game adalah permainan yang sangat populer untuk dimainkan di PC. Hal ini karena game RPG mengandalkan grafis yang baik sehingga membutuhkan layar besar agar terasa nyaman.

Oleh karena itu, game RPG pada umumnya membutuhkan memori yang besar. Akan tetapi, tetap ada beberapa game RPG ringan yang bisa dimainkan di PC dengan spesifikasi medium.

Berikut rekomendasi game RPG ringan PC yang dapat menjadi pilihan:

5 Game RPG Ringan PC Terbaik

1. Final Fantasy VII

Para pemain setiap game RPG pasti familiar dengan game Final Fantasy. Game ini awalnya dapat dimainkan di Playstation atau PS, namun dibuat versi PC nya pada tahun 2020.

Final Fantasy VII menjadi salah satu alternatif bagi penggiat game RPG apabila ingin bernostalgia memainkan game yang sudah lama beredar.

Final Fantasy merupakan game yang populer di berbagai negara seperti Indonesia. Apabila ingin memainkan game ini, tidak dibutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi.

Final Fantasy VII hanya membutuhkan PC dengan minimal 1 GB RAM dan 3 GB memori.

2. Dark Souls 2

Rekomendasi game RPG ringan PC lainnya adalah Dark Souls 2. Pada game ini, individu bermain sebagai karakter undead yang mencari penyembuhan. Sesuai dengan namanya, role playing game ini terasa gelap dan menegangkan.

Permainan ini cocok untuk individu yang menyukai film-film horor atau menakutkan.

Dark Souls 2 tidak membutuhkan spesifikasi PC yang canggih. Game ini hanya membutuhkan sebanyak 2 GB RAM. Selain itu, permainan ini juga bisa  dimainkan pada Windows versi lama, seperti Windows Vista.

Game RPG ini tentunya sangat cocok bagi individu yang tidak memiliki PC yang canggih tetapi tetap ingin bermain dengan lancar.

Baca juga: Aplikasi & Game Penghasil Uang/Pulsa Terbaik

3. The Witcher 2: Assassins of King

Role playing game yang satu ini rilis pada tahun 2011 dan merupakan sekuel dari The Witcher. Game ini memiliki jalan cerita yang menarik dan juga menegangkan. Individu akan bermain sebagai Geralt yang memiliki kemampuan khusus untuk memburu monster. Permainan ini tentunya akan membuat individu ketagihan.

Seperti game sebelumnya, The Witcher 2: Assassins of King tidak membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi. Permainan ini hanya membutuhkan prosesor Intel Core 2 dan dapat dimainkan pada Windows Vista. Spesifikasi yang rendah ini membuat game RPG ini menjadi favorit berbagai gamer di Indonesia.

4. Titan Quest

Role playing game satu ini juga merupakan salah satu game favorit untuk dimainkan pada PC dengan spesifikasi rendah. Permainan ini dirilis pada tahun 2006 dan masih sering dimainkan sampai sekarang. Gaya permainan yang digunakan adalah hack and slash, dimana individu harus membunuh semua musuh yang dihadapi.

Apabila ingin memainkan permainan ini, individu hanya membutuhkan PC dengan spesifikasi prosesor Pentium. Titan Quest juga hanya membutuhkan RAM 512 MB. Grafik yang dihasilkan pada permainan ini tidak terlalu baik, tetapi masih cukup menarik untuk dimainkan di PC.

5. Fallout 3

Rekomendasi permainan RPG berikutnya adalah Fallout 3. Permainan ini dikeluarkan oleh developer game Bethesda yang terkenal untuk game Fallout dan The Elder Scroll. Pada Fallout 3, individu di bawa ke dalam dunia pasca perang nuklir.

Akibat perang ini banyak sekali makhluk aneh dan menakutkan karena terkontaminasi cairan nuklir.

Permainan RPG ini dapat dimainkan pada PC dengan prosesor Pentium. Selain itu, game ini hanya membutuhkan RAM sekitar 2 GB. Spesifikasi yang ringan ini membuat game Fallout 3 masih menjadi permainan RPG andalan.

Demikian rekomendasi game RPG ringan PC terbaik dengan spesifikasi rendah. Permainan ini tentunya cocok untuk individu yang ingin bermain game tetapi memiliki PC dengan spesifikasi yang kurang.

Meskipun memiliki spesifikasi rendah, game RPG ini tetap asyik dan menarik untuk dimainkan. Selamat mencoba dan selamat bermain.