Memainkan game sejak dahulu sudah menjadi hiburan andalan di kala kebosanan melanda. Banyak sekali game jadul 90an yang berjasa dalam menghibur generasi 90an. Kini, game-game tersebut bisa dinikmati melalui ponsel pintar dengan nuansa nostalgia seperti beberapa game berikut ini:

1. Mario Bros

Siapa yang tak kenal dengan permainan Mario Bros. Permainan ini adalah permainan petualangan yang dilakukan oleh tokoh utamanya yaitu Mario. Dalam perjalanannya, Mario akan juga bertemu dengan saudaranya yaitu Luigi yang juga membantunya.

Dalam permainan ini, Mario harus menyelesaikan seluruh level petualangannya. Mengumpulkan banyak koin dan membunuh musuh juga akan menambahkan skor Mario. Koin yang didapatkan dapat digunakan untuk mendapatkan senjata. Mario bisa semakin kuat dengan senjatanya.

2. Tetris

Game Tetris bisa dikatakan sebagai game jadul 90an yang paling melegenda. Tampilan gamenya memang sangat sederhana. Namun game ini tak pernah gagal untuk mengajak pemain bermain lagi dan lagi. Ditambah lagi, game ini bisa dijadikan pengasah otak pemain karena harus menyusun strategi tepat.

Dalam permainan ini pemain akan disajikan layar utama. Kemudian balok dengan berbagai bentuk akan turun. Tugas pemain adalah untuk menatanya hingga bisa menjadi satu baris lengkap. Keberhasilan pemain adalah ketika berhasil menghabiskan semua balok yang ada di layar.

3. Pacman

Seperti tipikal game jadul pada umumnya, Pacman juga memiliki grafis yang tidak terlalu bagus. Bahkan bisa dikatakan tampilannya sangat sederhana. Tanpa efek visual 3d atau apapun itu. Namun dari segi kemampuan menghiburnya, Pacman bisa diadu. Sekali memainkannya, pemain dijamin ketagihan.

Tokoh utama permainan ini adalah Pacman yang berbentuk lingkaran. Pacman akan berpetualang dalam labirin. Tugas pemain adalah menghabiskan semua makanan atau koin yang ada. Tentunya ada rintangan yang mungkin dihadapi oleh Pacman yaitu musuh-musuhnya.

4. Street Fighter

Bagi penggemar permainan fighter, pasti rekomendasi game jadul yang satu ini akan sangat cocok. Ya, tentu saja Street Fighter tak boleh dilewatkan dari daftar game jadul 90an. Dahulu game ini menjadi primadona para pemain game. Sekarang, game ini pastinya tak akan gagal membawa nuansa nostalgia.

Game perlawanan ini akan menyajikan dua hero yang berada di sisi perlawanan. Keduanya menggunakan karakter andalannya yang dilengkapi dengan senjata khasnya. Tugas pemain sudah tentu harus mengalahkan musuh hingga K.O. Jika bermain bersama teman, pemain bahkan bisa memilih mode game dual player.

5. Mortal Kombat

Masih dengan game bertema pertarungan, Mortal Kombat juga bisa dijadikan salah satu game yang bisa dipilih. Serupa dengan Street Fighter, tapi tentunya tak sama. Keduanya menyajikan tampilan dua petarung yang harus mengalahkan satu sama lain. Pemilihan karakter bisa dilakukan bersama dengan senjatanya.

Dari segi grafis pun tak jauh berbeda. Keduanya hanya mengandalkan gambar bergerak yang super sederhana. Tujuan utama pemain dalam permainan ini sudah tentu mengalahkan musuhnya. Musuh yang dilawan bisa saja sistem permainan untuk single player atau rekan main untuk dual player.

6. Balloon Fight

Jika dilihat dari namanya, Balloon Fight terdengar sangat lucu. Belum lagi ditambah dengan tampilan karakternya yang sangat imut. Namun siapa sangka jika game ini benar-benar bisa memacu adrenalin pemainnya. Ada misi dan tantangan seru yang menanti untuk dimainkan oleh para generasi 90an.

Disini pemain akan bertugas untuk mengarahkan karakter menyelesaikan level. Karakter utama akan terbang dan berjalan menggunakan balon. Pemain tentunya juga harus mengkondisikan bagaimana agar balon yang digunakan tetap utuh dan selamat dari gangguan.

7. Excitebike

Rekomendasi berikutnya adalah rekomendasi untuk para pemain game balapan. Sebelum muncul berbagai game balapan yang ada sekarang, Excitebike tentu menjadi yang pertama dikenal. Game balapan dengan visual sangat sederhana ini menjadi pilihan banyak generasi 90an saat bermain. Kendaraan yang digunakan pun sangat sederhana, yaitu sepeda.

Sajian gamenya adalah berupa lomba sepeda yang dilakukan di lintasan balap. Pemain akan menghadapi beberapa pembalap sepeda lainnya dalam Excitebike. Pemain harus mengayuh sepedanya secepat mungkin dan melewati rintangan untuk memenangkan pertandingan.

8. Kirby’s Adventure

Yang terakhir dan tak boleh dilewatkan adalah Kirby’s Adventure. Game ini adalah game petualangan yang dilakukan oleh tokoh utamanya, yaitu Kirby. Kirby sendiri adalah makhluk yang lucu dan menggemaskan. Tampilan dunia yang digunakan dalam game ini juga terlihat sangat fiktif.

Namun petualangan yang dilakukan makhluk lucu ini sudah pasti sangat seru. Kirby akan menemui banyak rintangan dan musuh dalam perjalanannya. Pemain tentu harus membawa Kirby untuk menyelesaikan misinya dengan selamat. Karenanya, game ini tentu terasa sangat menyenangkan.

Jadi, dari 7 game jadul 90an diatas, mana yang paling menarik? Yang jelas, semuanya tentu bisa membawa pengalaman bermain game sambil bernostalgia. Apalagi game-game tersebut sudah hadir dalam versi aplikasi di ponsel pintar. Penggemar game-game tersebut bisa langsung mendapatkannya di ponsel.