Siswa SD sedang berada pada masa dimana game membawa banyak kesenangan dan menarik perhatian. Tidak perlu risau, sekarang banyak game edukatif anak SD yang dapat diakses dengan mudah melalui smartphone. Jadi, penggunaan ponsel pintar bisa memberikan nilai tambah tersendiri untuk anak.

Masa SD merupakan saat paling gemilang. Namun, di tengah aktivitas sekolah tentu anak juga membutuhkan refreshing sehingga otak menjadi lebih tenang dan terhibur. Untuk itulah berikut ini direkomendasikan game yang cocok untuk anak SD, tidak hanya seru namun juga edukatif:

1. Educational Games Memory

Kemampuan mengingat sangat bermanfaat bagi anak untuk menyerap ilmu yang diperlukannya dalam kehidupan. Bukan rahasia jika saat ini semakin banyak kawula muda yang mudah lupa.

Untuk itu, kemampuan mengingat perlu dilatih sejak dini, contohnya dengan game ini. Game edukasi ini mengajak anak untuk mengerjakan soal-soal yang dikemas dengan tampilan menarik. Konsep permainannya beragam sehingga tidak membosankan.

Ada permainan mengingat benda, menemukan perbedaan di gambar, mencari pola yang tepat, dan sebagainya. apps berukuran 22 MB ini memiliki tiga level mulai dari mudah, sedang, sampai hard yang dapat disesuaikan kemampuan anak.

2. Lingokids Play and Learn

Rekomendasi Game edukatif anak SD adalah Lingokids. Game yang termasuk kategori “Teacher approved” ini menyediakan beragam permainan yang cocok untuk anak usia TK hingga SD. Tersedia hingga 1000 aktivitas menarik yang dapat mengasah kemampuan otak anak.

Mulai dari matematika, membaca, hingga ilmu psikologi seperti sifat saling menghargai. Semua dikemas dengan tampilan yang menarik dan kreatif, sehingga anak bisa menikmati aktivitas belajar sambil bermain. Lingokids dapat didownload dengan ukuran 62 MB.

3. Game Anak Cerdas

Game ini dikembangkan oleh Acer Indonesia, dan dirilis pada 2014 lalu. Permainannya memiliki beragam subjek pelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kelasnya. Apps ini juga dibekali fitur berupa Parental Control. Berbekal fitur tersebut, orang tua bisa memantau perkembangan anak saat memainkan game tersebut.

Selain itu juga terdapat Zona Anak, yang fungsinya mencegah anak untuk mengakses halaman atau aplikasi yang belum tepat untuk usianya. Selain itu juga terdapat Izin Unduh, di sini anak perlu mengetikkan kata sandi milik orang tuanya sebelum dapat mengunduh aplikasi.

Berbekal aplikasi ini, orang tua dapat memantau aktivitas anaknya dan merekomendasikan hal menarik yang sesuai usia anak. Tidak perlu lagi mengkhawatirkan anak mengakses situs atau aplikasi yang tidak sesuai.

4. Body Parts Adventure

Jika jenuh dengan game bertema matematik, cobalah Body Parts Adventure. Game edukatif anak SD ini mengambil tema sains yang penting untuk diketahui anak SD. Dalam game ini, anak akan diajak untuk mengenal dan mempelajari bagian-bagian tubuh beserta fungsinya.

Tentunya aktivitas belajar dikemas menjadi permainan yang seru. Anak akan diajak menghadapi petualangan berupa misi-misi menantang. Pemain diharuskan untuk mengenal serta mengetahui apa fungsi bagian tubuh. Meski terkesan sederhana, game ini tidak membosankan dan syarat pengetahuan yang bermanfaat.

5. Math Games Math for Kids

Berikutnya ada Math Games, aplikasi besutan RV AppStudios yang berfokus pada permainan di bidang matematika. Dalam apps berukuran 24 MB ini tersedia banyak soal matematika yang dikemas dengan konsep game. Mulai dari yang sederhana seperti pembagian hingga yang lebih rumit misalnya akar.

Siswa SD dapat memainkan game ini menyesuaikan pelajaran di sekolah serta kemampuannya. Beberapa contoh permainannya seperti desimal, perkalian, pecahan, aljabar, dan lain sebagainya. Anak dapat meningkatkan level permainannya secara bertahap, hingga tanpa terasa semakin terbiasa dengan perhitungannya.

6. Cerdas Cermat SD

Game edukatif anak SD besutan Solite Kids ini dirancang dengan soal-soal yang biasanya dipakai untuk latihan menghadapi UAS maupun UNAS. Dengan tampilan antarmukanya yang sederhana namun menarik, anak bisa mendapatkan nuansa yang berbeda saat belajar.

Game berukuran 27 MB ini memiliki fitur berupa Try Out hingga pembahasan soal. Dengan begitu, anak bisa mencocokkan dan mendalami lebih jauh terkait soal yang dikerjakannya. Selain itu juga terdapat sertifikat serta rapor ujian yang menunjukkan laporan pencapaian selama bermain game.

Dengan begitu, anak akan terbiasa menghadapi laporan evaluasi dan tidak menjadikannya tekanan, melainkan kesempatan untuk belajar. Selain untuk siswa SD, game ini juga hadir untuk siswa SMP hingga SMA.

7. Train Conductor World

Jenuh dengan game edukatif anak SD yang itu-itu saja? Game besutan The Voxel Agents ini bisa menjadi alternatif. Pasalnya, anak akan diajak untuk mencoba menjadi seorang masinis. Pekerjaan ini dilakukan dengan membawa kereta berisi penumpang ke tujuannya.

Dengan ukuran 78 MB, anak bisa mengunduh dan memainkannya di perangkat. Visual menarik, keberagaman jenis kereta, serta level yang terus meningkat dijamin tidak membuat jenuh.

Itulah beberapa pilihan game edukatif anak SD yang dapat melatih otak dengan cara menyenangkan. Game bisa menjadi solusi saat orang tua kerap kali khawatir akan penggunaan ponsel pada anak. Smartphone sebenarnya bisa dimanfaatkan secara bijak, contohnya memberikan aktivitas yang menarik sekaligus edukatif berupa game.