Selain game petualangan atau peperangan, game asah otak seperti game catur offline juga dapat dimainkan. Di samping sebagai hiburan atau pengisi waktu luang, game catur juga dapat digunakan untuk mengasah otak dan menyusun strategi.

Jadi beragam manfaat bisa diperoleh dari game catur. Namun banyaknya pilihan game catur hingga saat ini terkadang justru menimbulkan kebingungan untuk memilihnya. Lantas apa saja game yang direkomendasikan? Simak berikut ini:

1. Crafty Chess Interface

Salah satu game catur offline di PC yang dapat dijadikan pilihan adalah Crafty Chess Interface. Meskipun disediakan untuk PC, namun game ini hanya berukuran 1,34 MB saja jadi akan lebih ringan bila dimainkan.

Ukuran yang kecil juga pastinya akan menguntungkan bagi pemain yang memiliki PC berkapasitas penyimpanan terbatas. Crafty Chess Interface juga mempunyai tampilan cukup menarik seperti adanya slider di Control panel. Selain itu, pemain juga berkesempatan bermain secara otomatis dengan sistem komputer.

2. PyChess

Berikutnya ada game catur yang tak kalah seru, yakni bernama PyChess. Game yang satu ini dapat dijalankan dengan baik di Windows, sebab telah didesain khusus untuk komputer yang memakai sistem Linux. Jadi PyChess bisa dijadikan salah satu pilihan untuk dimainkan.

Game satu ini juga telah menyediakan berbagai macam engine dengan pilihan game catur yang lebih tertarik dan menantang untuk dimainkan. Kelebihan lain dari PyChess adalah adanya fitur-fitur menarik yang disediakan, misalnya seperti undo, hint, moves, spy modes, dan efek animasi.

3. Arena

Bila ingin memainkan game catur offline dengan fitur yang lengkap, Arena bisa jadi pilihannya. Arena merupakan game catur yang dapat dimainkan secara gratis dan offline, karenanya game ini sangat direkomendasikan. Fitur yang disediakan juga lebih banyak daripada game caturnya lainnya.

Untuk memahami fitur-fitur yang disediakan, pemain dapat memanfaatkan fitur atau menu Help pada game. Selain fitur, tampilan yang dimiliki Arena juga jauh lebih menarik jika dibandingkan yang lainnya. Arena memiliki versi terakhir 3.0 yang dapat diunduh secara portabel atau utuh.

4. Chess

Game catur selanjutnya yang masuk dalam rekomendasi adalah Chess. Yaitu game interaktif yang sangat cocok dimainkan untuk menghabiskan waktu luang atau dimainkan ketika bersantai di rumah. Pemain juga bisa memilih tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan atau bermain dengan bot komputer.

Tak perlu khawatir jika melakukan kesalahan sebab game satu ini juga menyediakan fitur Undo yang mana pemain bisa mengulang langkahnya. Chess akan merekam gerakan notasi catur standar sehingga memungkinkan pemain lompat ke titik mana saja dalam permainan karena tersimpan otomatis.

5. The Chess Lv. 100

Aplikasi ini merupakan game catur offline terbaik yang wajib untuk dicoba bagi para pecinta catur. The Chess Lv. 100 ini akan menawarkan pengalaman yang berbeda dan menarik bagi para pemainnya di Windows. Bahkan pemain dapat memilih bidak yang ingin dimainkan.

Bidak disediakan dengan berbagai gaya baik klasik ataupun dengan variasi lain, bahkan ada juga bidak dengan gaya alami. Pemain bisa memainkan catur dengan level dan pengalaman berbeda, baik dengan komputer atau pemain lainnya. The Chess lebih cocok bagi pemain berpengalaman.

6. Chess V+

Tak kalah serunya dengan game catur sebelum-sebelumnya, Chess V+juga menawarkan pengalaman yang luar biasa bagi para pemain. Baik bagi pemain pemula maupun master dalam catur sekali pun. Chess V+ mempunyai peta pikiran yang amat jelas jadi mudah diikuti siapa pun.

Game ini turut menawarkan gerakan legal, petunjuk kemajuan, pengetahuan gerakan, bahkan dengan 20 tingkat kesulitan. Adapun beberapa fitur yang disediakan yaitu engine bot, dukungan bidak lain, maupun fitur undo atau redo. Jadi game ini sangat cocok untuk melatih pikiran pemain.

7. Chess 3D Checkmate and Gambit

Pengalaman unik akan didapatkan dari game ini sebab Class 3D menawarkan tampilan game catur offline secara 3D. Sehingga tampilan game menjadi sangat realistis. Pemain bisa menyiapkan strategi sembari melatih pikiran untuk memenangkan simulator catur di Chess 3D ini.

Game ini sangat lengkap, mulai dari grafik yang cantik sampai aturan catur standar sehingga bisa digunakan untuk membantu pemain pemula. Selain pengalaman bermain 3D, game ini juga mempunyai fitur seperti latar belakang bertema, aturan catur standar, serta 3D grafis berwarna-warni.

8. Pure Chess Grandmaster Edition

Bermain catur di PC dapat lebih menarik dan mudah dengan menggunakan game Pure Chess Grandmaster Edition yang satu ini. Hampir sama dengan game catur sebelumnya, cara bermain game ini juga sangat mudah dan bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pemain.

Bahkan game ini juga menyediakan tutorial bagi pemain pemula agar lebih mudah memahami jalannya game. Pure Chess Grandmaster Edition mempunyai 9 set bidak yang dapat dipilih, mulai dari klasik hingga modern. Papan atau lokasi game juga dapat dipilih.

Sangat menarik bukan? Itu dia game catur offline yang terbaik dan dapat dijadikan pilihan. Pastinya gamegame tersebut dapat dijalankan secara gratis, jadi tinggal pilih saja mana yang paling menarik. Sebab tak semua game bisa sesuai dengan ekspektasi pemain.