Perlu diakui mengajarkan nilai-nilai agama Islam cukup sulit pada anak-anak. Karena anak-anak biasanya tidak menganggap hal tersebut sebagai hal yang menyenangkan. Namun, melalui game anak sholeh hal tersebut bisa diubah dan anak-anak menjadi semakin berminat untuk belajar Agama Islam.

Ada banyak game dengan konsep islami yang bisa dimanfaatkan oleh orang tua. Game-game ini mengajarkan dasar-dasar agama Islam pada anak-anak dengan cara yang seru dan menyenangkan. Hal ini bisa menjadi awal pengenalan yang bagus bagi anak. Berikut adalah game yang direkomendasikan:

1. Marbel Doa Islam

Mengajarkan agama Islam pada anak-anak bisa dimulai dengan pengenalan doa sehari-hari pada anak-anak. Marbel Doa Islam menjadi pilihan game anak sholeh yang tepat untuk mengembangkan kemampuan menghafal doa islam pada anak.

Sesuai dengan nama gamenya, game ini menyediakan berbagai materi mengenai doa islam. Mulai dari doa sehari-hari, doa yang dilakukan dalam shalat, sampai doa dzikir yang dibaca setelah melaksanakan shalat wajib.

Doa-doa tersebut ditampilkan dalam visual yang menarik. Lengkap dengan huruf arab, terjemahan, dan cara membaca dalam huruf latin. Membuat anak semakin semangat untuk mengenal materi doa dalam islam.

2. Islamic Girl Puzzle Toddlers

Sesuai dengan nama gamenya, Islamic Girl Puzzle Toddlers adalah game yang mengusung konsep permainan puzzle. Puzzle yang disediakan memiliki gambar yang berhubungan dengan materi agama islam.

Namun, tenang saja game ini memiliki tingkatan yang mudah, sangat ideal untuk balita yang baru belajar. Selain itu, gambar-gambarnya sangat lucu dan menggemaskan sangat cocok untuk dimainkan oleh anak perempuan.

3. Game Tajwid Petualangan

Tajwid merupakan materi membaca Al Quran yang sangat sulit untuk diajarkan pada anak-anak. Karena kadang anak-anak menemui kesulitan untuk memahami sesuatu yang bersifat teknis seperti tajwid. Namun, ada cara yang lebih menyenangkan untuk mengajarkan mater ini.

Dengan memanfaatkan Game Tajwid Petualangan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Sesuai dengan nama gamenya, game ini mengemas materi tajwid dalam game petualangan yangs eru. Para pemain harus mengumpulkan petunjuk dan menyelesaikan misinya.

Contoh bacaan tajwid yang sudah diselesaikan misinya bisa menjadi koleksi yang menarik. Dengan cara ini, anak akan lebih familiar dengan materi tajwid dan menganggap belajar tajwid adalah hal yang menyenangkan.

4. Muslims Millionaire

Game satu ini mengadaptasi game kuis televisi berhadiah uang yang populer. Konsepnya pun sama, para pemain akan menjawab serangkaian pertanyaan dan akan mendapatkan level uang untuk setiap pertanyaan yang berhasil dijawab.

Perbedaannya hanya pada materi yang ditanyakan pada kuisi ini. Pada game Muslims Millionaire tentu saja pertanyaan yang diajukan berhubungan dengan islam dan materi agama. Jadi, para pemain bisa bermain sambil menambah ilmu pengetahuannya soal agama.

Para orang tua bisa memainkan game ini dengan kehidupan nyata. Di mana saat anak mencapai level uang tertentu. Para orang tua bisa memberikan uang asli pada si anak.  

5. TTS Islami

Bagi anak yang memiliki hobi mengisi TTS atau menjawab teka-teki, TTS Islami adalah pilihan game yang sangat tepat. Sesuai dengan namanya, game ini memang berupa teka-teki silang namun dengan tema dan pertanyaan seputar agama Islam dan materi untuk beribadah.

Walaupun visual gamenya memang diperuntukkan anak-anak. Namun, tidak ada masalah untuk orang dewasa atau remaja untuk bermain game ini juga. Para pemain bisa menyesuaikan tingkat kesulitan pertanyaan sesuai dengan umur dari para pemain.

Wawasan mengenai Islam dan agama sangat dibutuhkan untuk memenangkan game ini. Para orang tua dan anak bisa bekerja sama untuk belajar dan memecahkan teka-teki. Sangat ideal untuk mendekatkan antara anak dan orang tua dengan game yang interaktif.

6. Soleh Super Jump

Game anak soleh satu ini tidak hanya menguji dan menambah wawasan anak saja. Namun juga, melatih ketangkasan dan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah. Game Soleh Super Jump mengadaptasi plot game seperti Mario Bros.

Dalam game para pemain akan berperan sebagai karakter bernama Soleh. Soleh harus melewati berbagai rintangan dan bahkan monster untuk menyelesaikan misinya. Ada banyak pertanyaan dan kuis juga yang harus dijawab.

7. Marble Muslim Kids

Game satu ini memiliki konten yang sangat beragam di dalamnya, semua konten dibuat dengan tujuan edukasi untuk anak-anak. Mulai dari konten untuk belajar wudhu, shalat, berbuat kebaikan, sampai dengan sejarah dan kisah para nabi.

Game ini bisa menjadi layanan lengkap bagi anak untuk belajar mengenai Agama Islam. Lengkap dengan visual yang cerah dan berwarna dijamin bahwa anak akan semakin tertarik untuk belajar dengan menggunakan game ini.

Itulah berbagai rekomendasi game anak sholeh yang bisa menjadi pilihan. Tingkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai Agama Islam dengan cara yang lebih menyenangkan pada anak-anak.