Game yang masih dimainkan hingga saat ini, tetap menjadi idaman bagi sebagian pecinta game bergenre rhythm salah satunya game AyoDance. Lantas bagaimana jika ingin download game AyoDance? 

Saat ini, game dengan genre rhythm cukup berkembang di kalangan komunitas gamer Indonesia. Game rhythm tersebut, ada yang berbentuk mesin dingdong (arcade), maupun game yang dimainkan dengan konsol.

Meski sudah banyak game-game baru dengan genre tersebut, salah satu game rhythm lama yaitu Audition AyoDance masih layak dimainkan. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa uraian berikut:

Mengenal Game AyoDance

Audition AyoDance merupakan game musik (rhythm) online yang diluncurkan oleh Megaxus pada tahun 2007. Game ini originalnya adalah Audition Online, yang dirilis tahun 2004 di Korea Selatan, sebelum di lokalisasi di Indonesia.

Seperti yang dikenal, AyoDance adalah game free-to-play. Namun seperti game free-to-play lainnya, ada item dan costume in-game yang mengharuskan pemainnya untuk top-up, agar dapat membelinya.

Sesuai dengan genrenya, AyoDance dimainkan dengan cara menekan tombol keyboard sesuai dengan alunan lagu yang diputar saat game berlangsung. Dengan konsep online, maka pemain dapat bermain bersama dalam satu ruangan (room).

Hingga saat ini, AyoDance masih memiliki komunitas yang cukup banyak. Pihak publisher game yaitu Megaxus, masih memberikan berbagai event dan turnamen yang dapat diikuti. Game ini bahkan sudah dapat dimainkan secara mobile.

Spesifikasi yang Dibutuhkan Untuk Mendownload Game

Untuk download game AyoDance, ada spesifikasi yang perlu diperhatikan agar game dapat berjalan dengan lancar. Untuk game rhythm, hal seperti lag tentunya wajib dihindari untuk mendapatkan skor sempurna. Berikut spesifikasi AyoDance dari masing-masing perangkat:

1. Spesifikasi Audition AyoDance

Untungnya, spesifikasi yang diberikan untuk dapat memainkan di komputer dan laptop terbilang sangat bersahabat. Sebagai game yang dikembangkan pada tahun 2004 (sebelum masuk ke Indonesia), AyoDance cocok dimainkan untuk perangkat low-end. Berikut spesifikasi yang direkomendasikan:

  • Operasi sistem yang digunakan minimal Windows 7 atau mac OS 11.0 ke atas.
  • CPU yang digunakan minimal Pentium IV 2.0 GHz. Pengguna AMD juga dapat menggunakan Athlon XP series. Untuk performa yang lebih stabil, disarankan memakai Intel Core i3-6006U 2.0 GHz generasi ke enam, atau AMD A4 series.
  • GPU/VGA pada perangkat minimal NVIDIA GeForce MX400 atau ATI Radeon 8500LE. Untuk performa yang lebih baik, disarankan untuk memakai NVIDIA GeForce FX5700, atau ATI Radeon 9200.
  • RAM yang digunakan minimal 2GB, namun direkomendasikan 4GB.
  • Kapasitas pada perangkat yaitu 13-15GB.
  • Perangkat memiliki DirectX 9.0 ke atas. Untuk mengeceknya, ketik “dxdiag” di opsi Search.

2. Spesifikasi AyoDance Mobile

Untuk versi mobile, AyoDance akan membutuhkan performa yang lebih signifikan. Hal ini karena hampir setiap asset pada game adalah 3D, sehingga membutuhkan smartphone untuk bekerja lebih keras. Berikut spesifikasi yang dibutuhkan:

  • Smartphone memiliki operasi sistem Android 5.0, atau iOS 11.
  • RAM smartphone minimal 1GB, namun direkomendasikan 2GB.
  • Memori yang dibutuhkan untuk instalasi adalah 2.5GB, namun akan ada tambahan 400MB dari patch.
  • Processor yang dibutuhkan minimal Quad Core.

Cara Download Game AyoDance Melalui PC dan Smartphone

Jika perangkat yang dimiliki sesuai dengan spesifikasi di atas, maka game dapat dimainkan. Download game AyoDance pada seluruh perangkat yang tersedia cukup mudah untuk dipelajari. Bahkan, situs resmi pun sudah menjelaskan bagaimana cara untuk mengunduh dan menjalankan game tersebut.

1. Mengunduh Audition AyoDance pada Komputer dan Laptop

Untuk memainkan AyoDance pada Komputer dan laptop, Megaxus telah menyediakan client dalam bentuk ZIP yang harus di ekstrak dulu. Berikut langkah-langkah untuk mengunduh hingga menjalankan game AyoDance:

  • Sebelum mengunduh, pastikan untuk melakukan registrasi akun Megaxus terlebih dahulu pada tombol Login di halaman ayodance.megaxus.com.  
  • Setelah sudah, silahkan untuk mengunjungi opsi Download > Client dari situs AyoDance.
  • Pada halaman download client, scroll dan pilih versi client yang ingin diunduh. Full client, artinya game dan semua lagu pada AyoDance akan diunduh. Sedangkan Lite client, artinya hanya game saja yang diunduh.
  • Apabila download file client sudah selesai, buka file tersebut dengan program seperti WinZip, WinRAR, atau 7Zip. Ekstrak seluruh file didalamnya.
  • Selanjutnya, jalankan program exe, dan ikuti instruksi instalasi yang diberikan. Tentukan juga tempat penyimpanan game yang diinginkan.
  • Setelah instalasi selesai, shortcut AyoDance akan muncul di desktop. Jalankan game dengan mengklik shortcut tersebut, lalu login dengan akun Megaxus.

2. Mengunduh AyoDance Mobile Pada Smartphone

Seperti mengunduh aplikasi pada smartphone, download game AyoDance Mobile jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan versi komputer/laptop. Begini langkah-langkah download dan instalasinya:

  • Pada Play/Apple Store, ketikkan AyoDance Mobile pada mesin pencarian.
  • Klik Download, dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Apabila ada prompt mengenai WiFI, tinggal klik Download lalu tunggu.
  • Setelah instalasi selesai, jalankan game AyoDance Mobile. Akan ada patch download yang berjalan otomatis hingga selesai.

Demikian penjelasan dari informasi dan cara download game AyoDance dengan lengkap. Baik secara komputer/laptop atau mobile, AyoDance tetap menyajikan pengalaman game yang seru.

Memainkan game rhythm, sudah menjadi tren yang wajib diikuti bagi kalangan gamer. Maka dari itu, AyoDance memang cocok untuk pemain game rhythm baru, ataupun pemain lama yang ingin bermain kembali.